FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS mengadakan WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL PKM 2018 “Strategi Jitu Penyusunan Proposal PKM menuju PIMNAS 2018”

07 September 2017

Workshop Penulisan Proposal PKM 2018 yang dilaksanakan di Gedung E Kampus Universitas Andalas, kamis siang 7 September 2017 dibuka oleh Wakil Dekan I Dr.Ir. Irawati, MRur.Sc. Tampak yang hadir sebagai peserta Dosen dan Mahasiswa per angkatan dari lima Prodi pada Fakultas Pertanian. Wakil Dekan I berharap workshop ini sebagai pencerah bagi mahasiswa untuk memulai membuka wawasan berpikir dan berkreasi untuk menciptakan dan memberikan sesuatu yang bernilai bagi kehidupan diri dan lingkungan. Setelah kegiatan ini akan dibuka semacam Klinik Proposal PKM sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkonsultasi dan bimbingan.

Narasumber Prof.Dr. Dahelmi dan Dendi Adi Saputra, MT dengan moderator Prof.Dr.Ir. Yulnafatmawita, MSc memulai sesi pertama dengan bahasan kiat-kiat menyusun proposal PKM. Prof.Dr.Dahelmi menyampaikan kiat-kiat lolos PKM yaitu proposal yang diajukan sebaiknya melibatkan mahasiswa lintas prodi, diikuti harus dua angkatan, banyak halaman hanya sepuluh, tata cara pembuatan harus sesuai aturan, penelitian bersifat aplikatif dan apa yang akan dicapai. Sedangkan Tips PKM menurut Dahelmi adalah PKM bertujuan untuk tugas akhir, adanya motivasi dari mahasiswa dan pembimbing, adanya dukungan dana dari Fakultas dan Universitas serta penelitian yang bersifat aplikatif.

Dendi Adi Saputra, MT mengatakan sebaiknya proposal PKM mengangkat isue-isue tertentu atau kekinian. Untuk Fakultas Pertanian isue yang hangat pada tahun ini masih soal Ketahanan Pangan. Jadi menurut Dendi kiat mencari judul untuk proposal PKM yaitu topik kekinian, lihat peta kekuatan, cari ide kreatif dan pelajari serta pahami PKM 5 bidang. Intinya dalam mencari judul carilah sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya, imbuh Dendi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 70 times