Rangkaian Dies Natalis ke 63 Fakultas Pertanian Universitas Andalas, AGMP mengadakan Talkshow – Peran Pemuda dan Petani dalam Risiko di Bidang Pertanian

24 November 2017

Talkshow Peran Pemuda dan Petani dalam Risko di Bidang Pertanian merupakan salah satu acara yang termasuk dalam rangkaian Alek Gadang Masyarakat Pertanian (AGMP), yang dihadiri oleh LSM, Akademisi di Bidang Hama Tanaman Pangan, Petani dan Mahasiswa.

Talkshow ini berkaitan dengan salah satu program kerja BEM KM Faperta yang diangkat oleh Dinas Sosial sebagai wadah untuk mempertemukan Petani, Akademisi, LSM dan Mahasiswa terkait dengan Ketahanan Pangan yang merupakan topik penting yang harus disadari oleh Mahasiswa sebagai Agent of Change.

Talkshow ini terdiri dari dua materi yaitu ancaman hama terhadap ketahanan pangan dan asuransi pertanian.

Talkshow ini diangkatkan karena keresahan dan fakta di lapangan tentang banyaknya petani mengeluh akibat “bencana” yang diterima pertanaman budidaya mereka. Ketahanan pangan dilihat dari segi aman dari hama (opt), aman dari kerusakan, aman dari gagal panen dan aman dari pestisida.

Asuransi pertanian merupakan solusi untuk meminimalisir resiko dan dampak yang ditimbulkan dari ancaman dibidang pertanian, seperti ancaman gagal panen yang disebabkan bencana alam, hama (opt), yang disesuaikan dengan kriteria asuransi yang ditawarkan.

Petani dan mahasiswa diharapkan peka terkait ketahanan pangan, yang merupakan salah satu tiang untuk kokohnya suatu negara. Asuransi pertanian merupakan program yang dibuat Pemerintah terkait hal tersebut, sehingga dapat menjamin kelangsungan usaha tani.

Pemateri dalam talkshow ini adalah Ibu Dr. My Syahrawati, SP, MSi selaku Akademisi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jemari Sakato oleh Bapak Niko Rinaldi, S.IP yang pastinya dimoderatori oleh dosen kece yang selalu membangun jaringan dan aksi nyata yaitu Bapak Ferdhinal Asful, SP, MSi.

Dalam rangkaian acara ini juga disediakan fasilitas donor darah dengan tujuan mengajak Maperta khususnya agar awam dalam hal mendonorkan darah.

 

Kabinet Karya - Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 133 times