Owner Moena Fresh Beri Motivasi Mahasiswa Unand

28 November 2017

Padang (Unand) - Ir. I Made Donny W membuka Dialog motivasi dengan kalimat motivasinya “Kerja keras, tekun & semangat” untuk berubah merupakan senjata ampuh dalam meraih sebuah impian menjadi kenyataan. Sebuah prinsip hidup yang dipegang teguh oleh Made Doni yang merupakan alumni Program Studi  Agribisnis IPB (1985).

Dialog motivasi yang diselengarakan pada Senin, (27/11) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas ini merupakan serangkaian acara dari Dies Natalis Fakultas Pertanian (Faperta) ke-63.

Dalam Kegiatan membahas mengenai wirausaha buah (holtikultura) Indonesia yang dipandu oleh Ir. I Made Donny,  owner Moena fresh, Pengusaha buah di Bali, Indonesia.

Hortikultura dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya) memfokuskan pada budidaya tanaman kebun salah satunya adalah tanaman buah (pomologi/frutikultur) (sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Hortikultura)

I Made Donny mengatakan bahwa Ia termotivasi untuk berbisnis di bidang buah-buahan karena buah-buahan di Bali, selain untuk dikonsumsi juga merupakan kelengkapan dalam tradisi upacara, sehingga kebutuhannya akan terus meningkat.

Pembicara banyak melakukan sharing mengenai kunci sukses dalam membangun usaha, salah satunya ada Networking. 

Sosok yang pernah satu sekolah dengan Presiden Amerika ke-44, Barack Obama, menunjukkan rentetan foto-foto dirinya bersama teman-temannya dari SD sampai ke jenjang perkuliahan.

I Made Donny mengakui dengan adanya pertamanannya semasa SD, SMP, SMA dan juga semasa kuliah di IPB yang terus menerus ia bina persaudaraannya dengan menjaga tali silahturahmi, membantu beliau untuk mengembangkan usaha yang ia geluti.

Seorang I Made Donny  yang dianggap tidak mampu menyelesaikan studynya oleh di IPB, dengan penuh kegigihan & ketabahan hati serta sikap fighting spirit yang tinggi mampu meluluhkan hati para dosen dengan mengajak kunjungan ke kebun Melon.

Kebun melon I Made Donny mulai dirintis pada tahun 1982 dengan menanami lahan seluas satu hektar dan modal awal Rp. 4 juta. Sukses dengan penjualan Rp. 8 Juta, usaha melon dikembangkan dengan menambah lahan seluas tiga hektar dan terus berkembang.

Pada tahun 1989 PT. Moena Farms yang didirikan oleh I Made Donny sudah dapat melakukan ekspor ke Singapura, Hongkong, Begia serta Belanda .

Inovasi yang dibuat oleh PT. Moena Farms dengan membuka Moena Fresh yaitu toko buah keluarga. Saat ini Moena Fresh telah memiliki belasan cabang di Bali.

Dalam kegiatan ini I Made Donny memberikan belasan bucket buah-buahan segar yang berasal dari PT. Moena Farms kepada para civitas akademik yang aktif bertanya. Ia juga memberikan rangkaian tips untuk memilih buah-buahan yang sudah masak dan masih segar.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cendramata oleh Faperta Unand dan sesi foto bersama.

 

Humas dan Protokol Unand

Read 183 times