Faperta Unand Rayakan Dies Natalis ke 63

27 November 2017

Padang (Unand) – Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Andalas merayakan hari lahirnya yang ke 63 (Dies Natalis) dengan menggelar sidang terbuka senat dan pimpinan pada Senin (27/11) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dekan Faperta Universitas Andalas Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi mengatakan Faperta Unand secara formal berdiri pada tanggal 30 November 1954 yang diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Drs. Muhammad Hatta yang dinamakan dengan perguruan tinggi pertanian di Payakumbuh Sumatera Barat.

“Dengan berbagai romantika perjalanan yang telah dilewati selama 63 tahun oleh Faperta Unand dari masa ke masa,”sebutnya.

Saat ini Faperta Unand medidik mahasiswa sebanyak 2.331 mahasiswa yang tersebar di enam program studi yaitu Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah, Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya, Proteksi Tanaman dan Penyuluhan Pertanian.

Disebutkannya 48% dari seluruh mahasiswa Faperta Unand meraih beasiswa untuk membantu kelancaran dalam menempuh pendidikannya seperti beasiswa Bidikmisi, PPA dan beasiswa lainnya dari 14 badan/yayasan pemberi beasiswa.

“Faperta Unand memiliki 26 Guru Besar dan Dosen dengan kualifikasi Doktor sebanyak 77 orang yang terus akan meningkat pada tahun mendatang,”ujarnya.

Diungkapkannya faperta unand terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan dibidang akademik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Dalam momentum peringatan Dies Natalis ini ia mengajak segenap civitas akademika untuk mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan sekaligus meningkatkan rasa optimisme dan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik bagi fakultas ini. 

Disamping itu, ia berpesan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa ini kedepannya agar terus mengasah ketrampilan serta menajamkan jiwa petarung supaya menjadi yang terbaik.

Ia menekankan persaingan global semakin ketat sehingga semua harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk memeliki daya saing pada level nasional, regional maupun di level internasional.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Republik Indonesia Dr. Ir, Agung Hendriadi, M. Eng menyampaikan orasi ilmiahnya.

Disamping itu, Faperta Unand juga memberikan kenang-kenangan kepada tenaga kependidikan dan dosen yang telah memasuki masa purna bakti serta penghargaan kepada mahasiswa dengan kategori best student, best activis, best HIMA, best UKMF dan best entrepreneur student.

 

Humas dan Protokol Unand

Read 266 times