Pelatihan Kewirausahaan bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian

12 Februari 2018

Agripreneur Challenges 2018 Fakultas Pertanian Unand 

 

Rangkaian acara Agripreneur Challenges 2018 berlanjut ke kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang bertempat di Ruang Seminar Dosen Lantai III pada Sabtu 10 Februari 2018. Pelatihan ini kembali melibatkan lembaga Social Service Center Faperta Unand sebagai panitia, dan mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Andalas sebagai peserta Pelatihan Kewirausahaan.

Pemateri pertama, Sovia Lorent, enterpreneur sekaligus motivator dan progamer NLP (Neuro Linguistik Program) yang sangat menginspirasi. Mahasiswa diajak untuk mengenali passion­-nya sendiri dan diberi arahan untuk menetapkan resolusi-resolusi yang hendak dicapai. Lebih dari itu, mahasiswa dibangun kesadarannya untuk berwirausaha. Pelajaran berharga yang bisa dipetik yaitu kita tidak hidup untuk penilaian orang lain, lakukan, dan terus berusaha sehingga menjadi orang yang berhasil. Bahwa menjadi gagal bukan sesuatu yang harus disesali, karena setelah gagal dan bangkit lagi, keberhasilan itu akan terasa begitu indah.

Selanjutnya, materi Bussiness Plan diberikan oleh  Dr. Eka Candra Lina, SP. MSi. (Dosen Program Studi Agroteknologi) dan Hasnah, SP. DipAgec. , M.Ec., Ph.D. (Dosen Program Studi Agribisnis) yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

Mengundang juga tiga Dosen Agribisnis, Rika Hariance, S.P., M.Si., Dwi Evaliza, Ir. M.S., dan Lora Triana, S.P., M.M. Mahasiswa yang hadir pada pelatihan tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok besar dan masing-masing dipandu oleh satu orang dosen. Selanjutnya mereka dibimbing untuk menemukan ide bisnis di bidang pertanian dan cara membuat proposal bussiness plan yang baik.

Rangkaian kegiatan Agripreneur Challenges 2018 ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran berwirausaha khususnya di bidang pertanian dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa. Karena, sangat disayangkan apabila para penyandang status mahasiswa tetapi masih apatis dan selfish, tidak memikirkan kemajuan dirinya dan negara ini.

 

 

SSC - LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 33 times