Lulusan Predikat Terbaik Wisuda 1 Tahun 2018 FAPERTA Unand Dewi Novita Sari

14 Maret 2018

Namanya Dewi Novita Sari, panggilan akrabnya Awi seorang mahasiswa program studi Agribinis, Fakultas Pertanian UNAND. Lahir di Batang Silasiah pada 6 Juni 1994. Merupakan anak ke 2 dari pasangan Erman dan Zulvia. Dewi memiliki satu orang kakak perempuan bernama Yetti Novia.

Dewi menempuh pendidikan SDN 10 Batang Silasiah (2001-2007), dilanjutkan ke pendidikan islam di MTsN Kubang Putiah (2007-2010), dan kembali melanjutkan ke pendidikan umum di SMAN 1 Sungai Pua (2010-2013). Pada tahun 2013 diterima sebagai mahasiswa program studi Agribisnis jalur SBMPTN dengan program beasiswa bidikmisi dan meraih gelar sarjana pada 28 Desember 2017.

Perjuangan yang tidak mudah untuk memasuki jenjang perguruan tinggi membuat Dewi termotivasi untuk tidak menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, apalagi sebagai seorang mahasiswa yang kuliah dengan program beasiswa. Prestasi akademik dan non akademik harus menjadi target utama. Bagi seorang Dewi, prestasi akademik adalah hal yang penting karena baginya ketika IP kita bagus maka saat itulah kita membuktikan baik pada orang tua ataupun pihak kampus bahwa kita bersungguh-sungguh menjalani perkuliahan. Dari transkip nilai, nilai terendah yang pernah diraihnya adalah B. dan IPK yang dibawanya hingga gelar sarjana adalah 3,64. IP  3,64 juga menjadikan Dewi sebagai “Lulusan Terbaik” program studi Agribisnis FP UNAND pada wisuda 1 tahun 2018 lalu.

Untuk prestasi non akademik, Dewi mencoba memasuki dunia organisasi sejak di tahun pertama berkuliah. Tahun pertama dia mencoba mengenal dunia organisasi melalui himpunan mahasiswa agribisnis (HIMAGRI) berbarengan dengan lembaga dakwah Fakultas yaitu FORSTUDI FP UNAND. Tahun kedua Dewi mulai menjabat sebagai Sekretaris Daerah BEM KM FP UNAND 2015/2016, pada tahun ke 3 Dewi menjabat sebagai Sekretaris Umum/Wakil Ketua II DPM KM FP UNAND 2016/2017, dan di tahun ke 4 Dewi naik ke tingkat UNAND dan menjabat sebagai Sekretaris Menteri Sosial Politik BEM KM UNAND 2017.                                                

Kepadatan organisasi juga tidak menghalangi aktivitas lain seperti menjadi mentor agama islam dan juga mengembangkan hobbi menulisnya. Dewi pernah mengikuti perlombaan menulis puisi dan meraih juara 3 lomba puisi. Selain itu tulisannya juga dimuat di buku Faperta BEM KM FP UNAND 2015. Hingga sekarang Dewi melanjutkan hobi menulis melalui akun blog miliknya.

Bagi dewi, kuliah dengan organisasi bukanlah sesuatu yang berlawanan. Aktif kuliah bukan alasan untuk tidak aktif organisasi, pun sebaliknya organisasi juga bukan penyebab dari gagal atau kacaunya kuliah. Keduanya adalah simbiosis mutualisme yang akan saling mendukung satu sama lain. Hal ini terbukti, Dewi meraih dua gelar sekaligus pada wisuda 1 2018 lalu sebagai lulusan terbaik dan juga “Bintang Aktivis Kampus”.

Saat ini Dewi sudah bekerja sebagai fasilitator program di lembaga kemanusiaan PKPU HI. Motivasi Dewi adalah “melakukan sesuatu dengan cinta adalah keberhasilan yang sudah diraih sejak awal, dan akan menjadi keberhasilan yang hakiki jika cinta itu bersebab karenaNya”

  

Dewi – LN Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 255 times