UPSUS ALSINTAN Tahun 2018 Fakultas Pertanian Universitas Andalas : Pemanfaatan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang terasa bermanfaat bagi Petani

08 Oktober 2018

Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diterima di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu pada 3 (tiga) kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan pendampingan pada tahun 2018. Kecamatan Linggo Sari Baganti dengan alumni pendamping Mutiara Yolanda, SP dan kecamatan Ranah Pesisir alumni pendamping Nofrina Oftifa, SP serta Nengsih Marta Sari, SP sebagai alumni pendamping di kecamatan IV Jurai. Alumni Pendamping pada Kabupaten Pesisir Selatan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr.Ir. Indra Dwipa, MS

Tim Monev Fakultas Pertanian yang terdiri dari Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan F. Lenita Rias, SE, MM dan Rina Mayang Sari, A.Md yang juga sebagai Anggota Pelaksana UPSUS Alsintan tahun 2018 dan Solviano Syofyan mengunjungi  Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2018.

Koordinator Balai Penyuluhan Kecamatan IV Jurai mengatakan, Alsintan yang tidak sesuai dengan kebutuhan Kelompok Tani maka dicarikan solusinya dengan memberikan atau tukar pakai dengan Kelompok Tani yang lain dengan Berita Acara. Fungsi dinas memfasilitasi dan mencarikan solusi agar Alsintan dapat termanfaatkan, ujar Ernayenti, SP.

Sedangkan di Kecamatan Ranah Pesisir yang terdiri dari 5 Nagari dengan 16 Kelompok Tani, memanfaatkan Alsintan sesuai kebutuhan dan kondisi lokasi lahan pertanian. Alsintan yang diterima di Kecamatan Ranah Pesisir sebanyak 26 unit, intinya Pemerintah sudah memfasilitasi dan oleh Kelompok Tani termanfaatkan, ujar Gusrijal Ketua Kelompok Tani Ranah Sepakat di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                            LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

 

Read 60 times