UPSUS ALSINTAN 2018 Fakultas Pertanian Universitas Andalas : Perlunya Edukasi kepada Masyarakat dan Kelompok Tani tentang ALSINTAN

11 Oktober 2018

Kabupaten Dharmasraya sebagai salah satu Kabupaten yang juga penerima Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dengan 3 (tiga) kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan pendampingan pada tahun 2018. Kecamatan Pulau Punjung dengan alumni pendamping Ucu Sarah dan kecamatan Koto Baru alumni pendamping Miko Sukma, SP serta Camelia Ayu N., SP sebagai pendamping di kecamatan Tiumang.

Di dampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Siska Efendi, SP, MP tim Monev Fakultas Pertanian yang terdiri dari Wakil Dekan I Dr.Ir. Irawati, M.Rur.Sc yang juga sebagai Ketua Pelaksana UPSUS Alsintan tahun 2018 serta Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan F. Lenita Rias, SE, MM dan Joni Purnawanto mengunjungi Dinas Perkebunan Kabupaten Dharmasraya, pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2018.

Bapak Darisman Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Dharmasraya mengatakan bahwa Alsintan yang diterima dari Pemerintah sangat bermanfaat bagi para petani melalui kelompok tani yang ada. Dan masih berharap untuk dapat penambahan Alsintan karena sangat dibutuhkan dan lokasi/daerah yang masih berjauhan dan terkendala banyak hal seperti perbukitan, jurang dll. Edukasi kepada masyarakat petani ataupun kelompok tani sangat diperlukan mengingat penyebaran Alsintan yang masih kurang merata, ujar Darisman.

Di nagari Gunung Selasih kecamatan Pulau Punjung kelompok tani Satampang Baniah melaksanakan demfarm budidaya padi sistim tanam jajar legowo. Sistem ini sangat menguntungkan bagi petani, ujar Hifni, S.PKP Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Pulau Punjung yang memiliki 60 Kelompok Tani yang tersebar pada 5 Nagari.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 74 times