UPSUS ALSINTAN FAkultas Pertanian Universitas Andalas : Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Sarana Penunjang yang bermanfaat

15 Oktober 2018

Kabupaten Sijunjung menerima Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pada 5 (lima) kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan pendampingan pada tahun 2018. Kecamatan IV Nagari dengan alumni pendamping Widiastuti, SP dan kecamatan Sumpur Kudus alumni pendamping Siska Kurniawati, SP serta Sawida Nur, STP sebagai alumni pendamping di kecamatan Sijunjung bersama dengan Uswatun Hasanah, STP sedangkan Yulismita, SP alumni pendamping di kecamatan Lubuk Tarok. Alumni Pendamping pada Kabupaten Sijunjung di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Siska Efendi, SP, MP

Tim Monev Fakultas Pertanian yang terdiri dari Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan F. Lenita Rias, SE, MM dan Rina Mayang Sari, A.Md serta Mega Nofriana, S.Kom yang juga sebagai Anggota Pelaksana UPSUS Alsintan tahun 2018 dan Solviano Syofyan mengunjungi Kecamatan IV Nagari dan Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung, pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2018.

Alumni pendamping Widiastuti menyampaikan bahwa petani dengan kelompok taninya sangat gembira adanya bantuan Pemerintah dengan memberikan fasilitasi Alsintan. Lokasi yang jauh, berbukit tidak menjadi penghalang karena Alsintan dapat dimanfaatkan bersama dan disesuaikan dengan lokasi serta kebutuhan lahan pertanian, ujar Yeniasma, S.PKP Koordinator Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) IV Nagari Kabupaten Sijunjung.

Jod Bay mengatakan bahwa Alsintan sangat diperlukan dan berharap tahun depan ada penambahan, ujar Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sijunjung. Karena di Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung saja memiliki 9 Nagari dengan 140 Kelompok Tani. Walaupun disetiap kegiatan penanaman, panen dan lainnya masih mempertahankan adat istiadat atau aturan yang berlaku turun temurun, namun pemakaian dan pemanfaatan Alsintan jelas terasa sekali, imbuh Jod Bay.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 400 times