DPD RI mengadakan Seminar RUU tentang Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik bersama Fakultas Pertanian Universitas Andalas

16 Agustus 2018

Sekretariat dan Tim Ahli Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menyelenggrakan kegiatan Focus Group Discussin (FGD) dalam rangka menyusun Rancangan Undang-Undang tentang Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik dengan mengikut sertakan Dosen Fakultas Pertanian se Sumatera Barat, Dinas Pertanian Propinsi/Kabupaten/Kota, Biro Hukum Pemerintah Sumatera Barat, Mahasiswa Program Magister dan Program Doktor serta peserta lainnya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Balitbu dll untuk menjaring masukan dari pakar dan stakesholders yang concern terhadap permasalahan pelestarian dan pemanfaatan sumber daya genetik guna penyempurnaan RUU ini. 

Kegiatan yang digelar pada hari Senin 6 Agustus 2018 di ruang sidang lantai 2 Fakultas Pertanian sangat bermanfaat dalam bidang pertanian. Paparan yang diberikan Prof.Dr.Ir. Sobir, MS pakar IPB mengatakan bahwa kepulauan Indonesia memiliki keragaman lingkungan yang tinggi sehingga memiliki potensi genetik sangat tinggi, ada 47 ekosistem. Sumber Daya Genetik merupakan bagian dari keanekaragaman hayati yaitu keragaman makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungan hidupnya yang terdiri dari keragaman ekosistem, spesies dan genetik.  

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi yang telah membuka acara ini dan juga sekaligus sebagai pembicara pada sesi pelestarian Keanekaragaman Hayati dan Plasma Nutfah (KHPN) mengatakan banyaknya atau macam variasi, bentuk, penampilan, jumlah dan sifat yang terdapat pada berbagai tingkatan makhluk hidup. Sedangkan Dr.Ir. Ellina Mansyah, MP dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Kementan mengatakan ada 3 subjek kata kunci dari kegiatan ini yaitu pelestarian, pemanfaatan serta sumber daya genetik berkelanjutan. 

Kegiatan FGD ini diakhiri dengan diskusi alot antar pakar, stakeholder yang hadir yang dipimpin oleh Prof.Dr.Ir. Irfan Suliansyah, MS.

 

                                                                                    LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

 

Read 20 times