Fakultas Pertanian Universitas Andalas menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Alumni Pendamping kegiatan UPSUS Optimalisasi Lahan Tahun 2018

10 Juli 2018

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Penangungjawab kegiatan Upaya Khusus Alat-alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) menyampaikan sambutan pada bimbingan teknis bagi alumni pendamping Alsintan yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian Selasa 10 Juli 2018, sesuai aturan yang ada serta koordinasi dari Pusat bahwa kegiatan ini membutuhkan keikutsertaan alumni  Universitas sebagai tenaga pendamping yang mengerti kondisi Pertanian di Indonesia khususnya Sumatera Barat. Program yang dijalankan selama 2 (dua) bulan membutuhkan 24 orang tenaga pendamping untuk 7 Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. Bimbingan teknis diperlukan sebagai petunjuk bagi tenaga pendamping untuk melaksanakan kegiatan Inventarisasi Alsintan yang diberikan pemerintah kepada Petani/Kelompok Tani melalui Dinas Pertanian, ujar Munzir Busniah.

Mengikuti pembekalan/Bimtek, menyusun rencana kerja pendampingan di wilayah pendampingan sesuai dengan kurun waktu yang ditetapkan, melaksanakan pendampingan yang meliputi pengarahan pelaksanaan program kepada petani/kelompok tani penerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) sesuai wilayah pendampingan serta melaksanakan arahan/bimbingan dari Dosen Pendamping dan petugas Pemda setempat. Dan melakukan sinergitas dengan seluruh pelaksana pendampingan lainnya petani/kelompok tani penerima bantuan Alsintan di wilayah pendampingan juga melakukan validasi data secara periodik tentang jumlah dan penggunaan Alsintan yang dibagikan ke petani/kelompok tani serta melaporkan pelaksanaan kegiatan secara periodik (harian, mingguan, bulanan) kepada Dosen Pendamping, ujar Dr.Ir. Adrinal, MS selaku Dosen Pendamping Lapangan untuk wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Nara sumber pada kegiatan Bimtek Ir. Candra, MSi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat  memberikan paparan “Kebijakan dan Target Pencapaian Inventaris Alsintan untuk Swasembada Pangan Propinsi Sumatera Barat”, sedangkan Ir. Syafrizal, Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan paparan mengenai “Optimalisasi Penggunaan Alsintan” dan “Tata cara penyelesaian SPJ oleh Alumni Tenaga Pendamping” diberikan oleh Dr.Ir. Faidil Tanjung, MSi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

Read 17 times