M. Irsyad, Direktur Keuangan Bank Nagari Memberi Pembekalan di Acara Penglepasan Mahasiswa Faperta Unand melaksanakan Kuliah Praktek (KP)

19 Desember 2018

Di akhir semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 ini mahasiswa Fakultas Pertanian Unand akan melaksanakan Kuliah Praktek (KP). KP menjadi mata kuliah wajib di Faperta Unand sejak tahun ajaran 2018. Ada 265 mahasiswa Faperta Unand yang akan melaksanakan KP pada akhir semester ini. Mereka akan melaksanakan KP lebih kurang selama lima pekan (35 hari kalender) di berbagai perusahaan baik yang berada di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat, bahkan ada yang akan KP di luar negeri, yaitu ke Vietnam.

Untuk suksesnya Program KP ini, maka sebelum melaksanakan KP, Fakultas Pertanian Unand memberikan pembekalan bagi mahasiswanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan orientasi kerja bagi mahasiswa yang akan KP. Dengan memberikan orientasi tentang dunia kerja maka mahasiswa yang akan melaksanakan KP dapat dengan cepat menyesuaikan diri di tempat dimana mereka akan KP sehingga program KP untuk tahun ini dapat berlangsung dengan sukses.

Pembekalan diberikan oleh Ir. M. Irsyad, MM (Direktur Keuangan Bank Nagari), yang juga merupakan salah seorang alumni sukses Fakultas Pertanian Unand. Dalam pembekalan tersebut M. Irsyad menyatakan bahwa orang sukses harus memiliki karakter yang bagus. Dengan terbangunnya karakter yang bagus maka akan terbuka pintu yang lebar menuju ke kesuksesan. Dengan sederhana M Irsyad mencontohkan bahwa kalau mau jadi pemimpin yang sukses maka sebelumnya harus pula sukses menjadi orang yang dipimpin. Di kesempatan lain di acara pembekalan tersebut, M. Irsyad mengingatkan bahwa orang terjatuh bukan karena batu besar, tetapi orang banyak yang jatuh karena kerikil yang kecil. Konsisten, berintegritas dan mandiri adalah contoh karakter yang dibutuhkan untuk menjadi manusia sukses.

Pembekalan ini juga dihadiri oleh beberapa alumni Faperta Unand, diantaranya Rahmadani (Pimpinan Kantor Cabang Bank Nagari Kampus Unand Limau Manis) dan Riki Ismed, talenta muda Bank Nagari yang berkantor di Kantor Pusat Bank Nagari di Jl. Pemuda Kota Padang. Juga pimpinan di lingkungan Faperta Unand hadir di acara pembekalan ini, diantaranya Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Dr. Ir. Indra Dwipa, MS., Kaprodi Proteksi Tanaman, Dr. Yulmira Yanti, SSi., MSi. dan Sekretaris Jurusan Tanah, Ir. Junaidi, MS.

Di akhir pembekalan, terjadi diskusi yang sangat menarik antara mahasiswa dengan narasumber karena materi yang diberikan M. Irsyad sangat relevan dengan KP yang akan segera mereka lakukan.

Di akhir acara, Dekan Fakultas Pertanian Unand, Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi. secara resmi melepas keberangkatan mahasiswa melaksanakan KP untuk tahun akademik 2018.

Read 310 times