Berita (153)

10 Januari 2019

Lustrum XIII Faperta 2019

 

Vietnam - Fakultas Pertanian Unand melaksanakan Kuliah Praktek (KP) pada waktu libur kuliah Semester Ganjil Tahun Ajaran (TA) 2018/2019. Ada yang menarik pada KP Faperta Unand tahun ini, yaitu pada tahun ini sebanyak 12 mahasiswa Faperta Unand melaksanakan KP internasional di Vietnam. Mereka adalah M Fadhli Yulhendrik, Wirgo Setyo, Mahardeva Arief, Deddy Tri Dharma P, Alfin Firmansah, Gina Wahyuni, Ulfi Donaly, Ranny Yaswita, Erika Nadela, Gita Fitri, Sherly Adrian Putri dan Poppy Oktasari. Ke-12 mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Agroteknologi Faperta Unand dan saat ini berada di semester lima. Mereka langsung berangkat ke Vietnam setelah menyelesaikan ujian semester ganjil, tepatnya pada tanggal 7 Januari 2019. Selama melaksanakan KP di Vietnam mereka dibimbing oleh Prof Ardi, dosen senior Prodi Agroteknologi Faperta Unand.

Kuliah Praktek Internasional di Vietnam ini akan berlangsung selama 21 hari (3 pekan). Selama di Vietnam, ke 12 mahasiswa Faperta Unand tersebut akan berada di dua universitas, Kien Giang University dan An Giang University, masing-masing selama 10 dan 11 hari. Di kedua Universitas di Vietnam tersebut, ke-12 mahasiswa Faperta Unand tersebut akan banyak terlibat dalam kuliah praktek budidaya tanaman padi karena Kien Giang University dan An Giang University terletak di Delta Sungai Mekong yang merupakan sentra produksi padi dunia. Tentu saja diharapkan KP ini akan dapat memberikan wawasan baru tentang budidaya padi sehingga hal-hal baru yang mereka dapatkan akan memberi inspirasi bagi mereka untuk melaksanakan penelitian yang segera mereka laksanakan di awal semester tujuh nantinya.

Kien Giang University dan An Giang University telah lama melaksanakan kerjasama dengan Universitas Andalas. Untuk mengisi kerjasama tersebut, program yang telah dilakukan selama ini antara lain adalah: Unand telah menerima mahasiswa dari kedua universitas tersebut untuk kuliah di Unand, baik tingkat sarjana maupun tingkat pascasarjana; Unand mengirimkan mahasiswa KKN ke An Giang dan Kien Giang pada tahun 2018. Pada tahun 2019 salah seorang dosen Kien Giang University akan kuliah Program Doktor di Fakultas Pertanian Universistas Andalas.

 

MB - Subag Akademik & Kemahasiswaan

08 Januari 2019

Lustrum XIII Faperta 2019

 

Vietnam - Fakultas Pertanian Universitas Andalas bersama dengan Kien Giang University Vietnam dan Sukhothai Thammatirat Open University Thailand melaksanakan International Workshop dengan topik Agriculture Management Strategies Under Uncertain Climate Toward The Sustainable Development Goals di Kien Giang University Vietnam pada tanggal 8 Januari 2019. Sebagai keynote speech pada International Workshop ini adalah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS, dan Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas, dan Associate Professor Thai Thanh Luom dari Kien Giang University.

Pada Internasional Workshop ini Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS mempresentasikan tentang Experience in implementing of the System of Rice Intensification (SRI) in West Sumatra. Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS mempresentasikan tentang Strategy and Action Plan for Reducing Emission from Deforestation in West Sumatera. Associate Professor Thai Thanh Luom dari Kien Giang University mempresentasikan tentang Understanding Climate Change the Case of Mekong Delta Viet Nam.

Pada International Workshop ini juga dipresentasikan beberapa paper Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas, yaitu Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, Prof. Ir. Ardi, Dr. Ir. Nasres Akhir, MS., Dr. Ir. Adrinal, MS., Dr. Ir. Indra Dwipa, MS. dan Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi.

International Workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lustrum 13, Ulang Tahun ke-65 Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang dilaksanakan sepanjang tahun 2019. Lustrum 13, Ulang Tahun ke-65 Fakultas Pertanian Universitas Andalas tetapnya akan jatuh pada tanggal 30 November 2019.

 

MB - Subag Akademik & Kemahasiswaan

19 Desember 2018

Di akhir semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 ini mahasiswa Fakultas Pertanian Unand akan melaksanakan Kuliah Praktek (KP). KP menjadi mata kuliah wajib di Faperta Unand sejak tahun ajaran 2018. Ada 265 mahasiswa Faperta Unand yang akan melaksanakan KP pada akhir semester ini. Mereka akan melaksanakan KP lebih kurang selama lima pekan (35 hari kalender) di berbagai perusahaan baik yang berada di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat, bahkan ada yang akan KP di luar negeri, yaitu ke Vietnam.

Untuk suksesnya Program KP ini, maka sebelum melaksanakan KP, Fakultas Pertanian Unand memberikan pembekalan bagi mahasiswanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan orientasi kerja bagi mahasiswa yang akan KP. Dengan memberikan orientasi tentang dunia kerja maka mahasiswa yang akan melaksanakan KP dapat dengan cepat menyesuaikan diri di tempat dimana mereka akan KP sehingga program KP untuk tahun ini dapat berlangsung dengan sukses.

Pembekalan diberikan oleh Ir. M. Irsyad, MM (Direktur Keuangan Bank Nagari), yang juga merupakan salah seorang alumni sukses Fakultas Pertanian Unand. Dalam pembekalan tersebut M. Irsyad menyatakan bahwa orang sukses harus memiliki karakter yang bagus. Dengan terbangunnya karakter yang bagus maka akan terbuka pintu yang lebar menuju ke kesuksesan. Dengan sederhana M Irsyad mencontohkan bahwa kalau mau jadi pemimpin yang sukses maka sebelumnya harus pula sukses menjadi orang yang dipimpin. Di kesempatan lain di acara pembekalan tersebut, M. Irsyad mengingatkan bahwa orang terjatuh bukan karena batu besar, tetapi orang banyak yang jatuh karena kerikil yang kecil. Konsisten, berintegritas dan mandiri adalah contoh karakter yang dibutuhkan untuk menjadi manusia sukses.

Pembekalan ini juga dihadiri oleh beberapa alumni Faperta Unand, diantaranya Rahmadani (Pimpinan Kantor Cabang Bank Nagari Kampus Unand Limau Manis) dan Riki Ismed, talenta muda Bank Nagari yang berkantor di Kantor Pusat Bank Nagari di Jl. Pemuda Kota Padang. Juga pimpinan di lingkungan Faperta Unand hadir di acara pembekalan ini, diantaranya Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Dr. Ir. Indra Dwipa, MS., Kaprodi Proteksi Tanaman, Dr. Yulmira Yanti, SSi., MSi. dan Sekretaris Jurusan Tanah, Ir. Junaidi, MS.

Di akhir pembekalan, terjadi diskusi yang sangat menarik antara mahasiswa dengan narasumber karena materi yang diberikan M. Irsyad sangat relevan dengan KP yang akan segera mereka lakukan.

Di akhir acara, Dekan Fakultas Pertanian Unand, Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi. secara resmi melepas keberangkatan mahasiswa melaksanakan KP untuk tahun akademik 2018.

21 November 2018

Kamis, 15 November 2018 peserta Musyawarah Wilayah IKATAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA PERTANIAN INDONESIA (IBEMPI) bersilaturahmi dengan Bapak Walikota Kota Padang Sumatera Barat Ir. Mahyeldi.

Walikota Padang yang juga alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas menyampaikan, mahasiswa harus terus bergerak dalam mengawal setiap kebijakan pertanian di Indonesia, dan mari sama-sama kita ciptakan kedaulatan Pertanian Indonesia, ujar Mahyeldi lebih lanjut.

Sementara itu, Hafiz selaku presidium Nasional 1 IBEMPI menyampaikan, tanggal 21-23 insyaAllah IBEMPI akan bertemu Kementan untuk membahas segala permasalahan pertanian di Indonesia.

AGMP 2018 !!

SATUKAN PEMIKIRAN BANGGAKAN PERTANIAN!

  

AGMP – Subag Akademik dan Kemahasiswaan