Berita (75)

29 Mei 2017

 

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA secara resmi melantik 14 pejabat struktural yang meliputi Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Subbagian (Kasubbag) di lingkungan Universitas Andalas di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang pada Senin 29 Mei 2017.

Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 1258,1259/III/R/KPT/2017 tentang Pengangkatan dan Mutasi Pejabat Struktural eselon III dan IV di Lingkungan Universitas Andalas.

Dua diantara 14 pejabat struktural yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu Drs. M. Boni, MM Kabag Tata Usaha Fakultas Pertanian di mutasi ke Fakultas Hukum dengan jabatan yang sama sebagai Kepala Bagian Tata Usaha. Drs. M. Boni, MM telah mengabdi pada Fakultas Pertanian selama + 3, 5 tahun.

Promosi dan pengkaderan tenaga kependidikan pada sub bagian akademik dan kemahasiswaan Fakultas Pertanian telah dicapai dengan diangkatnya saudara  Emizar, SE sebagai Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rasa bangga segenap tenaga kependidikan Fakultas Pertanian atas pengangkatan dan pelantikan ini merupakan anugrah dan kebahagiaan tersendiri. Semoga amanah.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

22 Mei 2017

Bernuansa lain kali ini pelaksanaan Wisuda II tahun 2017 Fakultas Pertanian Universitas Andalas diadakan di Gedung E pada Sabtu 20 Mei 2017. Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi, memberikan piagam penghargaan kepada Bintang Aktifis Kampus sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan prestasinya berorganisasi serta menjalankan perkuliahan di Fakultas Pertanian. Bintang aktifis kampus Fakultas yang dibacakan oleh Wakil Dekan III Dr.Ir. Adrinal, MS, sebanyak 8 orang dan berhak menerima penghargaan dari Dekan yang diberikan kepada Arpen Aipo (NIM 1110233003) Prodi Ilmu Tanah dari lembaga GMIT (Grup Mahasiswa Ilmu Tanah). Penghargaan yang serupa juga diberikan kepada Melva Mustika (NIM 1210212046) Prodi Agroteknologi dari BEM KM FP UA serta kepada Muhammad Fadli (NIM 1210222024) Prodi Agribisnis.

 

Bintang aktifis kampus dari Environment Student Community (EnSC) diberikan kepada Walmadri (NIM 1310221068) dari Prodi Agribisnis. Sedangkan aktifis dari Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) penghargaan diberikan kepada Factabiqul Khairat (NIM 1310221057), Frananda Fajri Ervianto (NIM 1310221062), Rifandi (NIM 1210223013) serta Tedy Imam Mahesa (NIM 1210223028) dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian.

   

                                                                                                LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

23 Mei 2017

Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Sabtu 20 Mei 2017 melaksanakan Penyerahan Ijazah Sarjana dan Magister pada Wisuda II Tahun 2017. Penyerahan Ijazah dan pelepasan mahasiswa Program Sarjana dan Magister di laksanakan di Gedung E Universitas Andalas. Sebanyak 60 orang yang terdiri dari Program Sarjana sejumlah 57 yang terdiri dari 24 orang Laki-laki dan 33 orang Perempuan.     Sedangkan Program Magister 3 orang, 2 orang Laki-laki dan 1 orang Perempuan.  

Wisuda Fakultas Pertanian di buka secara resmi oleh Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. Wisuda II ini merupakan wisuda pertama bagi Wakil Dekan I, II dan III yang dilantik pada 17 Maret 2017.

Lulusan Terbaik Fakultas Pertanian diberikan penghargaan  langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian kepada Khairul Fahmi Purba dari Prodi Agribisnis dengan IPK 3,84 predikat lulus Dengan Pujian dan Armina Mustika dari Prodi Agroteknologi dengan IPK 3,64 predikat lulus Sangat memuaskan.

Pada wisuda II ini Dekan juga melepas mahasiswa asing dari Vietnam yang belajar pada Program Pascasarjana Fakultas Pertanian yaitu Nguyen Van Tai dan Nguyen Thi Phuong Thao.

Khairul Fahmi Purba, SP sebagai wakil wisudawan memberikan ungkapan singkat berupa ucapan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan dalam memberikan proses pembelajaran dan pelayanan selama di Fakultas Pertanian. Ucapan ini juga disampaikan perwakilan orangtua kepada dosen dan tenaga kependidikan dan memberikan semangat bagi wisudawan bahwa proses belum selesai untuk mewujudkan cita-cita.

Diiringi dengan lagu “Bunda” salah seorang wisudawan mencurahkan ungkapan perasaan kepada orang tua atas pengorbanan dalam membesarkan mereka,  ungkapan rasa ini disampaikan oleh wisudawan Walmadri, SP yang diamini oleh wisudawan lainnya. Dekan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan orangtua wisudawan serta berpesan agar para wisudawan dapat mengamalkan ilmu yang dipelajari diperkuliahan selama ini.

Munzir Busniah juga menyampaikan bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional para mahasiswa/alumni untuk bangkit memajukan dunia usaha di bidang pertanian sehingga kita ikut berperan di dalam pembangunan Indonesia. Bangunlah reputasi anda mulai hari ini karena kesuksesan di mulai dari komitmen yang dipatri di dalam diri, pesan Dekan kepada wisudawan dan wisudawati.

 

 LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

02 Mei 2017

Pelatihan Hibridisasi dan Propagasi Tanaman Hias untuk  Guru-guru Biologi SMA/SMK se-Sumatera Barat merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang ke-62. Kegiatan ini bertujuan selain sebagai bentuk kegiatan pengabdian dosen-dosen Fakultas Pertanian kepada masyarakat, juga sebagai wahana sosialisasi program studi yang baru seperti Prodi Proteksi Tanaman dan Prodi Ilmu Tanah, ataupun juga Prodi Agroteknologi kepada guru-guru se-Sumatera Barat.

Kegiatan yang baru dilakukan untuk pertama kali juga dimaksudkan sebagai wahana bagi guru-guru biologi tersebut mengenal Fakultas Pertanian Universitas Andalas sehingga mereka dapat menyampaikan informasi yang tepat kepada murid-murid SMA yang akan melanjutkan studi S1 di Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Pelatihan Hibridisasi dan Propagasi Tanaman Hias bagi guru-guru Biologi merupakan kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk dapat melakukan hibridisasi/persilangan dan propagasi/perbanyakan tanaman baik secara generatif maupun vegetatif serta dapat menerapkan penggunaan zat pengatur tumbuh (ZPT) bagi keperluan propagasi, pembentukan arsitektur tanaman dan pembungaan pada tanaman hias.

Penngetahuan dan keterampilan ini diharapkan dapat disebarluaskan kepada murid-murid SMA serta dapat diaplikasikan untuk mengembangkan budidaya tanaman hias di sekolah masing-masing.

Kegiatan pelatihan yang diadakan pada tanggal 29 April dan 6 Mei 2017 dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MS yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan serta guru-guru se-Sumatera Barat sebagai peserta.

Bentuk dari kegiatan ini menurut panitia Dr.P.K. Dewi Hayati, SP, MSi dalam bentuk pemberian materi dan diskusi, demonstrasi dan pelatihan serta open laboratorium dan pengenalan program Studi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan