Berita (136)

06 Desember 2013

Lulusan Perguruan Tinggi beberapa tahun ke depan ditantang dengan berbagai persoalan yang semakin kompleks. Mereka diharapkan cakap di bidang ilmunya, mampu bekerja dalam kelompok dan dibawah tekanan, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu menjadi “problem solver” (menyelesaikan permasalahan dengan bijaksana). Menurut beberapa pakar pendidikan, metode pembelajaran selama ini kurang memberikan ruang bagi tercapainya harapan tersebut. Karena itu dikembangkanlah beberapa metode yang mengarah ke “active learning” yang pada prinsipnya memberikan kesempatan kepada semua peserta ajar (mahasiswa) untuk berpartisipasi aktif dalam setiap pertemuan/perkuliahan. Salah satu bentuknya adalah “problem based learning” (PBL).

Fakultas Pertanian, bekerjasama dengan tim PEER USAID yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Rudi Febriamansyah, M.Sc. pada tanggal 22-23 November 2013 bertempat di Ruang Sidang Dosen Faperta Unand mengadakan “Workshop Potensi Pengembangan Metode Belajar Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Ilmu Pertanian” dengan mengundang pakar PBL dari Universitas Indonesia (Kamarza Mulia, Ph.D dan Elsa Krisanti, Ph.D) sebagai fasilitator. Acara tersebut dibuka dengan resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Ir. Ardi M.Sc. Workshop di mulai dengan Penjelasan Umum tentang PBL dengan seluk beluknya pada hari pertama dihadapan 61 orang dosen aktif Faperta Unand. Berdasarkan hasil kegiatan pada hari pertama, pelatihan dilanjutkan pada hari kedua yang diikuti oleh sebanyak 24 orang dosen dari 12 mata kuliah. Kegiatan hari kedua tersebut difokuskan kepada penyiapan mata kuliah untuk diberikan melalui metode PBL, mulai dari merubah SAP sesuai PBL sampai dengan mengevaluasi dan menetapkan nilai mahasiswa. Diharapkan mulai tahun 2014 sudah ada mata kuliah di Faperta Unand yang menjalankan PBL tersebut. Harapan ketua Peer Usaid dan Wadek 1 Faperta Unand, setiap mata kuliah yang akan dilaksanakan dengan PBL tersebut sekaligus menyiapkan borang yang dibutuhkan dan menyusun modul yang lengkap. Untuk itu, khususnya beberapa mata kuliah yang akan diberikan dalam bentuk PBL tersebut akan membentuk “working group” guna mempersiapkan penerapan PBL secara tepat dan benar.

28 November 2013

Awal November 2013, tepatnya tanggal 11 November 2013 delegasi Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang dipimpin oleh Dekan, Prof. Ir. Ardi, M.Sc. hadir di Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam. Kedatangan delegasi tersebut berdasarkan undangan dari An Giang University melalui Konsulat Jenderal RI di kota Ho Chi Minh.

Pada tanggal 10 November 2013, bersama dengan acting Konsul Jenderal RI serta staf, rombongan menempuh perjalanan darat sekitar 4,5 jam dari Ho Chi Minh ke Long Xuyen. Besoknya, tanggal 11 November 2013 rombongan bertemu dengan Rektor An Giang University, Assoc.Prof. Dr. Vo Van Thang beserta jajarannya terutama dari Biro Kerjasama Luar Negeri dan Faculty of Agriculture and Natural Resources. Melalui diskusi yang hangat dan cukup alot, akhirnya disepakati untuk mengformalkan kerjasama antara Faculty of Agriculture and Natural Resources, AGU, dan Fakultas Pertanian, Unand dalam bentuk MOU. Penandatanganan MOU antara kedua Dekan tersebut disaksikan oleh Rektor An Giang University dan acting Konsul Jenderal RI. Dalam waktu dekat diharapkan segera pula ditandatangani MOU antara Rektor An Giang University dan Rektor Universitas Andalas.
Beberapa kesempatan kerjasama yang disepakati antara lain adalah: pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, publikasi bersama, seminar dan lokakarya regional dan internasional, serta pertukaran informasi akademik dan publikasi yang relevan. Perjanjian kerjasama ini diharapkan sudah mulai dapat direalisasikan pada awal tahun 2014.

Gambaran umum. An Giang University di kota Long Xuyen diresmikan pada bulan Desember 1999 yang cikal bakalnya adalah Long Xuyen Education School pada tahun 70-an. Universitas ini memiliki enam fakultas yaitu: the School of Education; the School of Agriculture and Natural Resources; the School of Technology and Environment; the School of Economics and Business Management; the School of Culture and Arts; and the School of Philosophy.

16 Agustus 2013

17 Agustus 2013 adalah hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-68. Banyak sudah kemajuan yang dicapai, banyak pula prestasi yang telah diraih, namun tidak sedikit pula kekurangan yang harus dibenahi. Dirgahayu Indonesia!

15 Agustus 2013

Buat para orang tua dan keluarga mahasiswa baru, kami sajikan gambar-gambar acara BAKTI di Fakultas Pertanian

Mahasiswa baru Fak. Pertanian tahun ini sebanyak 498 orang memakai jaket hijau khas warna almamater Unand duduk bersila beralas tikar di lapangan parkir fakultas yang sudah dipasang tenda agar tidak kepanasan.

Terlihat mahasiswa baru memakai atribut BAKTI berupa kalung kertas bertuliskan "nama suci" dan ditempeli pasfoto. Mahasiswa putri memakai jilbab hitam ditempeli aksesoris pita berwarna hijau muda Pertanian.

Menyanyikan lagu mars Fakultas Pertanian - Dian Pertanian: "walau di gunung tinggi atau di dusun sepi, rela kami berbakti...jadi dian petani...". Inilah saat pertama kalinya mahasiswa Fakultas Pertanian diperkenalkan dengan lagu mars yang sangat populer ini, yang penuh dengan pesan-pesan pengabdian untuk petani kecil.