Berita (153)

29 Agustus 2016

Wisuda III Tahun 2016, Sabtu 27 Agustus 2016 Fakultas Pertanian melepas mahasiswa program Magister dan Sarjana di ruang terbuka Lapangan Parkir. Dekan melepas 147 orang mahasiswa yang terdiri dari Program Magister 6 orang yaitu dari Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan sebanyak 2 orang mahasiswa, Program Studi Agronomi sebanyak 4 orang mahasiswa. Sedangkan Program Sarjana 141 orang yang terdiri dari Program Studi Ilmu Tanah sebanyak 10 orang mahasiswa, Program Studi Agroekoteknologi sebanyak 53 orang mahasiswa dan Program Studi Agribisnis sebanyak 78 orang mahasiswa.

Ucapan kebanggaan dan selamat serta terima kasih disampaikan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian kepada wisudawan khususnya kepada para Bintang Aktifis Kampus. Ucapan serupa disampaikan pula oleh perwakilan orang tua wisudawan kepada Pimpinan, tenaga kependidikan dan khususnya Dosen yang telah mendidik, memberikan ilmu sebagai bekal untuk berkompetisi di dunia kerja serta dapat berinteragsi dalam masyarakat.

Prof.Ir. Ardi, MSc, Dekan Fakultas Pertanian menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan orang tua. Ia juga mengatakan bahwa pelepasan ini merupakan proses awal yang panjang kedepannya.

 Dekan pada kesempatan ini juga memberikan penghargaan bagi Lulusan Terbaik Fakultas Pertanian. Untuk Program Studi Agribisnis kepada Tifany Zia Aznur dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,82 lama masa studi 3 tahun 11 bulan Predikat Lulus Dengan Pujian.

Sedangkan Program Studi Agroekoteknologi diberikan kepada Ayu Kurnia Illahi dengan Indek Prestasi Komulatif 3,82 lama masa studi 3 tahun 10 bulan Predikat Lulus Dengan Pujian. Dan Program Studi Ilmu Tanah diberikan kepada Muthia Nasti Permata dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,69 lama masa studi 3 tahun 11 bulan Predikat Lulus Sangat Memuaskan.

 

                                                         LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

24 Agustus 2016

Wisudawan dan Wisudawati Fakultas Pertanian

16 Agustus 2016

Tujuan diadakannya Lokakarya bagi staf pengajar yang pertama adalah berupa penyegaran bagi dosen pengampu dan kedua adalah penetapan silabus yang disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan. Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP mengatakan pada acara pembukaan lokakarya dihadapan staf pengajar Fakultas Pertanian. Narasumber pada lokakarya kali ini tetap diberikan kepada bapak Prof.Dr.Ir. Rahmat Syahni, MSc

Narasumber membahas tentang prinsip-prinsip perancangan percobaan yang merupakan mata kuliah wajib. Disamping memberikan paparannya Prof Dr. Ir. Rahmat Syahni, MSc juga mempersilahkan para peserta untuk bertanya sehingga sesi petama berjalan dengan diskusi yang alot.

Pada sesi kedua narasumber memberikan materi, bagaimana perancangan percobaan untuk pertanian yang sangat diperlukan dalam melakukan penelitian bagi mahasiswa.

Wakil Dekan I, para peserta lokakarya bersama narasumber pada akhir penutupan memodifikasi silabus perancangan percobaan sesuai dengan kebutuhan yang dirasa perlu.

                                               

                                                   Sub Bagian Akademik & Kemahasiswaan

16 Agustus 2016

Memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa Faperta , upaya menarik bakat mahasiswa baru. Apel pagi dimulai jam 7 di Lapangan Parkir Perpustakaan dengan agenda cek kelengkapan dan menyanyikan lagu Dian Pertanian secara bersamaan. Kembali melewati selasar yang penuh dengan tanaman hijau menuju Lapangan Parkir Fakultas untuk memulai acara.

Pengenalan Lembaga, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas, Himpunan dan Masa Keakraban. UKMF di Fakultas Pertanian merupakan UKMF terbanyak se Universitas Andalas yaitu sebanyak 10 UKMF dan Lembaga berbentuk pemerintahan yaitu BEM dan DPM serta 4 Himpunan Mahasiswa yaitu HIMAgrETA,HIMAGRI dan GMIT. Salah satu himpunan masih dalam proses peresmian dikarenakan merupakan himpunan baru dari jurusan yang baru di buka kembali yaitu Plan Protection Community. Penampilan UKMF dan Lembaga ini bertujuan agar mahasiswa lebih bisa aktif dalam keorganisasian dan tidak terfokus saja dengan dunia akademik semata.

Seluruh mahasiswa dengan seksama memperhatikan detail demi detail informasi yang di sampaikan masing-masing UKMF, Lembaga serta Himpunan. Terlihat wajah antusiasme untuk dapat langsung memasuki organisasi tersebut. Setelah Pengenalan selesai maka dilanjutkan dengan Masa Keakraban yang kemaren telah di tantang masing-masing kelompok agar menampilkan yel-yel mereka. Sorak sorai dari seluruh mahasiswa terdengar riuh guna memberi semangat kepada kelompok lain yang sedang menapilkan yel-yela mereka.

Sesi siang hingga sore hari penutupan panitia mengarak para Mahasiswa ke Lapangan Parkir Perpustakaan untuk membentuk Pola Formasi “ FAPERTA 16 ”dan didokumentasikan,  ini merupakan inovasi yang kesekian kalinya dari para panitia BAKTI kali ini dan akhirnya setelah kembali ke Fakultas di umumkanlah kelompok dengan yel-yel terbaik yang  jatuh kepada kelompok 17 dengan kakak Pendamping Nesa Novita Sari dan Yopa Dwi Mutia.

Acara kegiatan BAKTI ini ditutup secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Pertanian serta penyampaian Mahasiswa terbaik selama BAKTI Fakultas atau disebut King dan Queen nya Pertanian.

 

Wira & Subag Akademik Kemahasiswaan