Berita (133)

26 Februari 2018

Dilahirkan di Muara Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat,  Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 22 Juli 1994 sebagai anak ke dua dari tiga bersaudara, dari pasangan Bapak Sijak dan ibu Ermida Lubis. Pendidikan Sekolah Dasar (SD) ditempuh di SD 09 Kartini, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (2002-2007). Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditempuh di SMP Negeri 02 Gunung Tuleh (2007-2010). Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di SMA Negeri 1 Pasaman (2010-2013). Dan pada tahun 2013 diterima di Universitas Andalas Fakultas Pertanian, Program Studi Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya.

Pada semester ganjil dan genap 2013-2014 memperoleh beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan pada tahun yang sama berpartisipasi sebagai koordinator kewirausahaan himpunan mahasiswa Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya.

Tahun 2014-2015 berpartisipasi sebagai Kepala Kaperta BEM Dinas Eksteren Kampus III Dharmasraya. Pada tahun 2015 terpilih sebagi salah satu mahasiswa perwakilan Kampus III Dharmasraya  sebagai peserta “The Soil Ecology Asesment Training” yang mana merupakan kolaborasi antara Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Universitas KINKI Jepang dan Universitas Putra Malaysia.  

Akhir tahun 2015 ikut serta dalam Magang Mandiri Manajemen Perkebunan Besar di Perusahaan Perkebunan PT. PN IV unit Sosa Sumatera Utara dan Koperasi Perkebunan Sawit Sumber Sirumondang Kabupaten Tapanuli Selatan. Pada tahun 2015-2017 berturut-turut menjadi pemenang lomba debat tingkat jurusan dalam rangka memperingati hari jadi Kampus III Dharmasraya.

 

Japius – LN Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 Februari 2018

Kerjasama yang telah dimulai sejak tahun 2013 antara Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Faperta Unand) dengan Faculty of Agriculture and Natural Resources, An Giang University (AGU) Vietnam pada tahun 2013 dalam bidang “for educational and scientific Cooperation”. Salah satu kerjasamanya berupa “joint education/training opportunities for students, staff and faculty”

Ini adalah 4 orang alumni Angkatan II sejak kerjasama ini ditandatangani setelah sebelumnya 2 orang alumni Angkatan I diwisuda tahun lalu, dimana Fakultas Pertanian meluluskan mahasiswa asal Vietnam sebagai Magister Pertanian dalam bidang Agronomi. Prof Ardi (Dekan periode 2008-2017) memberikan nama Indonesia agar lebih mudah diucapkan untuk keempat mahasiswa asal Vietnam yaitu Ho Nhut Truong yang diberi nama Indonesia sebagai Imam, Pham Thi Ngoc Han yang dipanggil Hana, dan Nguyen Thi Thuy Trang disapa Maya sedangkan Tran Thi Hong Van dipanggil Indah.

Keempat mahasiswa asal Vietnam yang diwisuda tanggal 10 Februari 2018 ini memulai studinya di  Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada bulan Februari 2016 dengan lama studi 2 tahun. Diharapkan program Fakultas Pertanian Unand Go Internasional dengan mahasiswa asing yang sekarang dari Vietnam dan Kamboja akan dapat berlanjut dan melibatkan lebih banyak lagi mahasiswa dari berbagai negara dimasa datang.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

10 Februari 2018

Sabtu 10 Februari 2018 Fakultas Pertanian Universitas Andalas melepas wisudawan/ti Program Pascasarjana di Plaza HPT Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penyelenggaraan Wisuda I khusus Program Pascasarjana pada kesempatan kali ini berbeda, dengan pemindahan jambul langsung oleh Dekan dan penyerahan ijazah diberikan oleh Wakil Dekan I Fakultas masing-masing yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Andalas.

Pelepasan wisudawan program Pascasarjana Magister Pertanian terdiri dari 34 orang. Program Studi Agronomi 22 orang wisudawan, Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian 10 orang wisudawan dan Program Studi Ilmu Tanah 2 orang wisudawan. Wisudawan dengan Lulusan Terbaik langsung diberikan Rektor kepada wisudawan Fakultas. Salah satunya Ayu Kurnia Ilahi, SP, MP wisudawan Fakultas Pertanian dengan IPK 3,92 angkatan 2015 predikat lulus Dengan Pujian yang lulus pada tanggal 11 Agustus 2017 masa studi dua tahun nol bulan.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian mengatakan bahwa acara pelepasan wisudawan di Fakultas merupakan acara silaturrahmi, mempererat dan saling mengenal antara dosen dan keluarga wisudawan. Wisuda kali ini sangat luar biasa, pertama jumlah yang banyak dari biasanya ujar Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. Kedua meluluskan angkatan pertama program Fast Track sebanyak 15 orang wisudawan. Dan ketiga melepas 4 orang wisudawan asal Vietnam program kerjasama dengan An Giang University - Vietnam.

Alvindo Dermawan, SP, MP dalam ungkapan kata, mengucapkan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan sehingga menjadi insan yang cerdas dan semoga dapat bersaing tinggi di dalam masyarakat dan dunia kerja. Sementara itu wakil orang tua menyampaikan sepatah kata yang berharap ilmu yang diperoleh hendaknya dapat menjadi pegangan dalam menghadapi tantangan dalam dunia kerja ujar Maijon Disman, SH orangtua wisudawan Syajratu Emmal Khairati, SP, MSi.

 
LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

27 Januari 2018

Inspiring Session and Alumni Gathering Fakultas Pertanian : Angkatan 1991

Reuni yang digagas alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas angkatan 1991 (FPUA ’91), tidak saja sekadar malapeh taragak, tapi juga memberi arti pada almamater. Alumni ditampilkan sebagai dosen undangan memberikan kuliah dan memberikan motivasi kepada mahasiswa oleh alumni yang menggeluti profesi beragam.

Tidak heran, Walikota Padang Mahyeldi yang hadir dalam acara puncak reuni, Sabtu (27/1) di Plaza HPT, FPUA, Limau Manis, Padang, mengapresiasi acara reuni yang digagas oleh alumni FPUA ’91.

“Beberapa waktu lalu, saya juga menghadiri reuni FPUA angkatan ’92 dan angkatan lainnya. Reuni yang digagas alumni FPUA memang beda. Itulah perbedaaan kita, saat kuliah dan dididik selama menjadi mahasiswa FPUA. Ada nilai-nilai lebih yang membuat kiat lebih siap menghadapi dunia baru  setamat kuliah,” ujar Ketum DPP IKA FPUA ini.

Karena itu pula, bila melihat dari proses awal saat menimpa ilmu, wajar jika alumni FPUA siap ditempatkan di mana saja dengan profesi beragam.

Makanya ada alumni FPUA banyak sukses di dunia yang digeluti meski tak ada sangkut pautnya dengan ilmu yang dituntutnya saat kuliah di FPUA. “Tapi itulah kita, alumni FPUA,” kata Ketum DPP FPUA ini di hadapan para alumni FPUA ’91 dan dosen senior Prof Ardi, Dekan FPUA Dr. Munzir Busniah, Dekan Fateta Prof. Santosa.

Dalam acara puncak bertajuk “Taragak Basuo” itu, puluhan alumni dari berbagai daerah datang. “Alhamdullillah, tak menyangka kita hadir sebanyak ini. Luar biasa angkatan 91. Tapi semua rangkaian acara sukses berkat dukungan semua alumni,” kata Azfirwan, mewakili panitia.

Acara ditutup dengan hiburan KIM. Sehari sebelumnya, tujuh alumni dengan profesi beragam memberikan ceramah di hadapan mahasiswa sekaligus memberikan buku kenang-kenangan kepada fakultas yang diterima Dekan FPUA Munzir Busniah. Paginya kuliah umum yang disampaikan alumni Dr. Reflinur, yang juga menuntut ilmu di Korea. (effendi - Harian Singgalang) https://hariansinggalang.co.id/reuni-alumni-fpua-91-memberi-arti-pada-almamater/

 

Subag Akademik & Kemahasiswaan