Berita (75)

17 Maret 2017

Suatu kebanggaan tersendiri bagi redaksi Berita Dharmasraya Ekspres (Beda) Online, Media Online Pertama di Kabupaten Dharmasraya bertemu muka secara langsung dengan mahasiswa kampus III Unand. Acara temu ramah ini digelar usai acara wirid yasinan yang digelar oleh mahasiswa Kampus III Unand tergabung dalam perkumpulan mahasiswa Sumatera Utara, BP 13, BP 14, BP 15 dan BP 16. Acara temu ramah ini digelar di salah satu jajaran pimpinan perusahaan Beda, Maya Dwi Effendi, SS yang kebetulan telah menganggap adik adik mahasiswa Unand yang tinggal disebelah rumahnya sebagai adiknya sendiri. Acara temu ramah ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2017.

Dalam temu ramah tersebut dihadiri juga oleh Direktur Beda, Muhammad Samin, SS, Pimpred Beda, Mardiah, Anggota Polres Dharmasraya, Donal Ratmin, Bagian Adm Kampus III Unand, Al Arif dan seluruh anggota pengajian wirid yasinan.

Menurut Samin, kegiatan ini sangatlah positif dilakukan oleh mahasiswa. Selain untuk meningkatkan hubungan kekeluargaan, juga sebagai alat untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. “Saya sangat mendukung sekali kegiatan adik-adik seperti ini. Sangat jarang sekali, bahkan banyak yang enggan untuk mengikuti kegiatan pengajian ini. Pesan saya, teruslah menggelar kegiatan positif ini sampai kalian tamat. Jangan sampai berhenti di tengah jalan,” ungkap Samin.

Samin juga mengungkapkan bahwa Beda siap untuk membantu mahasiswa Kampus III Unand untuk mempublikasikan segala bentuk kegiatannya, baik itu kegiatan kampus ataupun kegiatan di luar kampus. Sebab, Beda memiliki halaman pendidikan yang bisa digarap oleh adik adik mahasiswa. “Saya sangat senang jika adik adik dapat memakai fasilitas media kami ini untuk mempublikasikannya kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya, bahkan masyarakat di luar Kabupaten Dharmasraya. Dengan adanya berita-berita yang ada di Beda, maka mereka semua akan tau bahwa kalian memang ada. Bahwa kalian memang telah berbuat untuk kampus ataupun untuk lingkungan sekitar. Apapun kegiatan kalian, kami siap untuk membantu mempublikasikannya,” ungkap Samin yang diaminkan oleh Maya.

Bahkan, Beda siap untuk membantu mahasiswa untuk lebih mengenal dunia jurnalistik. Memberikan pelatihan pelatihan tentang jurnalistik, menulis berita dengan baik. “Kami siap untuk membantu adik adik untuk belajar lebih dalam lagi tentang dunia jurnalistik. Silakan kalian berikan waktu luang dan buat jadwal dengan pihak kampus, untuk mengadakan pelatihan jurnalistik,” jelas mahasiswa pasca sarjana Universitas Andalas. Seperti gayung disambut, Bupati BEM Kampus III Unand, Romazan Sitorus dan Ketua Wirid Yasinan, Fakhrudin Salim Lubis, Arby, Yaser mengungkapkan rasa senangnya. Karena pihak Beda mau memberikan pelatihan jurnalistik kepada mahasiswa Kampus III Unand. “Kami sangat senang sekali jika abang dan kakak dari Beda mau memberikan kami pelatihan jurnalistik. Secepatnya akan kami beritahukan kepada pihak kampus untuk mengadakan pelatihan ini,” pungkasnya. (Beda Ekspres)

 

                                                     Subag Akademik & Kemahasiswaan

17 Maret 2017

Presiden RI telah menetapkan bahwa dalam waktu 2015-2017 Indonesia harus Swasembada Pangan terutama Beras. Untuk mewujudkannya dijalankan program khusus dibawah Kementerian Pertanian, dengan dasar hukum Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian tentang petunjuk pelaksanaan pendampingan mahasiswa/alumni di sentra produksi pangan.

Universitas Andalas khususnya Fakultas Pertanian bersama dengan Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) serta Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan telah melaksanakan kegiatan ini sejak tahun 2015. Untuk tahun 2017 program ini bertambah dengan dimasukkannya program Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB).

Tujuan dari pelaksanaan acara TOT bagi dosen pembimbing mahasiswa/alumni dalam Program UPSUS Swasembada Pangan dan SIWAB adalah untuk menyampaikan rangkaian program yang telah disusun oleh Kementerian Pertanian agar dapat didampingi dan disukseskan oleh semua pihak, ujar Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP selaku Ketua Pelaksana. Dosen pendamping yang ikut serta pada kegiatan ini berjumlah 8 orang untuk mendampingi mahasiswa/alumni pada 8 Kabupaten di Sumatera Barat.

Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Dekan mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses yang akan menjadi tolak ukur bagi dosen dan mahasiswa serta alumni untuk proses jangka panjang. Narasumber dan fasilitator yang diundang untuk memberikan TOT ini dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Propinsi Sumatera Barat, Korem 032/Wirabraja, Penanggungjawab UPSUS Wilayah Sumbar, Ketua STPP Medan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar dan dari Dinas Peternakan Sumatera Barat. 

 

                                                    LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

16 Maret 2017

Patut diancungin jempol untuk para generasi muda yang masih duduk di bangku kuliah ini. Mereka yang masih memakai almamater Unand membuat suatu kegiatan positif yang berbau keagamaan. Yakni membuat kegiatan wirid yasinan setiap minggunya, yang jatuh pada hari Rabu dengan lokasi tempat yang berbeda-beda. Mereka adalah mahasiswa Kampus III Unand yang tergabung dalam himpunan mahasiswa Sumatera Utara, dari BP 13, BP 14, BP 15 dan BP 16 membuat kegiatan positif tersebut agar hubungan mereka tetap terjalin dengan erat.

“Kami sengaja membuat pengajian wirid yasinan ini, bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi antara mahasiswa yang berasal dari Sumatera Utara, agar dapat lebih erat lagi. Terlebih lagi, kami jauh dari keluarga kami di kampung. Dengan adanya kegiatan ini, kami bisa merasakan nasib seperjuangan dengan kawan-kawan yang berasal dari Sumatera Utara,” ungkap Arby yang kebetulan pada minggu ini menggelar pengajian di rumahnya, di Pinang Balirik belakang kantor Bupati Dharmasraya (14/03).

Menurut Ketua pengajian, Fakhrudin Salim Lubis kegiatan pengajian ini baru beranggotakan lebih kurang 15 orang. Memang semuanya berasal dari Sumatera Utara. Namun, tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang berasal dari daerah manapun dapat tergabung dalam pengajian wirid yasinan ini. Karena pengajian ini terbuka untuk siapa saja yang mau mengikutinya. “Kami menerima siapa saja yang mau ikut dalam pengajian kami. Malahan kami sangat senang dapat mengaji bersama dengan kawan-kawan. Karena pengajian ini, bukan hanya untuk menjalin erat hubungan kekeluargaan. Akan tetapi bertujuan untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan dapat menjadi manusia yang berakhlaq baik. Sehingga kami tidak mencemarkan nama baik keluarga, almamater dan masyarakat di lingkungan kami tinggal,” ungkap Fakhrudin yang diaminkan Bupati BEM Kampus III Unand, Romazan Sitorus. (Beda Ekspres)

 

                                                          Subag Akademik & Kemahasiswaan

15 Maret 2017

DHARMASRAYA – Kunjungan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang ke kampus III Dharmasraya, Kamis (09/03) lalu sangat berkesan bagi mahasiswa kampus III Unand Dharmasraya. Pertemuan yang digelar di aula kampus dan penuh keakraban tersebut disambut hangat oleh mahasiswa.

Betapa tidak, kehadiran orang nomor satu di Fakultas Pertanian tersebut sangatlah didambakan dan diharapkan oleh semua mahasiswa.

Kehadiran Dr.Ir. Munzir Busniah, M. Si, Dekan yang baru dilantik dua minggu yang lalu bersama Wakil Dekan II, Dr. Ir. Yaherwandi, M. Si, Wakil Dekan III terpilih, Dr. Ir. Adrinal, MS, dan Kabag Tata Usaha, Drs. M. Boni, MM bagaikan air di padang pasir yang tandus yang dapat menghilangkan dahaga.

Selain untuk bersilaturrahmi dengan para mahasiswa sebagai dekan yang baru, kunjungan Dr. Ir. Munzir Busniah, M. Si itu sekaligus untuk memberikan motivasi dan mendengarkan aspirasi dari mahasiswa. “Alhamdulillah kita bisa berkumpul bersama di kampus tercinta kita ini,” ungkap Dekan dihadapan seluruh mahasiswa Kampus III Unand. Kata Dekan kepada mahasiswa, bahwa kesuksesan yang diraih tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk meraih kesuksesan di masa depan. “Tidak ada sukses itu tanpa kerja keras, kalau anda mau kerja keras hari ini. Pasti kesuksesan akan anda raih. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Jangan anggap diri anda kecil, jangan pesimis. Yakinkan diri anda kalau anda bisa meraih kesuksesan di masa depan,” pesannya.

Diskusi antara dekan dengan mahasiswa berjalan dengan penuh kekeluargaan ini dipandu langsung oleh Ketua Jurusan, Prof.Dr.Ir. Reni Mayerni, MP. Segala keluhan, kritikan dan masukan dari mahasiswa diterima oleh Dekan.

Untuk kegiatan kemahasiswaan kata Dekan, mahasiswa harus punya kreatifitas. Sehingga organisasi yang ada di Kampus III Unand ini dapat berkembang, menjadi wadah positif untuk seluruh mahasiswa. Dan dapat berguna untuk kampus, mahasiswa dan masyarakat sekitar. “Tunjukkanlah kepada masyarakat di Kabupaten Dharmasraya ini bahwa memiliki kemampuan dan kreativitas untuk mengembangkan seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di kampus ini,” pungkasnya. (Beda Ekspres)

 

                                                      Subag Akademik & Kemahasiswaan