Berita (134)

26 Februari 2018

Penyerahan Ijazah dan Pelepasan Wisuda I Tahun 2018 dilaksanakan di Gedung Plaza HPT Fakultas Pertanian. Gedung yang belum selesai ini dapat menampung seluruh wisudawan dan wisudawati beserta orangtua yang berbahagia dapat menyaksikan dan merasakan prosesi penyerahan ijazah pada hari Sabtu 24 Februari 2018.

Dekan Fakultas Pertanian membuka acara secara resmi dengan melepas Wisudawan dan wisudawati Sarjana sebanyak 129 orang yang terdiri dari Program Studi Ilmu Tanah 12 orang Laki-laki dan 10 orang Perempuan. Program Studi Agroteknologi sebanyak 24 orang Laki-laki dan 41 orang Perempuan sedangkan Program Studi Agribisnis sebanyak 8 orang Laki-laki dan 19 orang Perempuan. Program Studi Agroekoteknologi sebanyak 8 orang Laki-laki dan 7 orang Perempuan.

Penghargaan sebagai Lulusan Terbaik Fakultas Pertanian diberikan  langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian kepada Lailatul Zuhri Indriani dari Prodi Agroteknologi dengan IPK 3,64 predikat lulus Sangat Memuaskan untuk Prodi Agribisnis diberikan kepada Dewi Novita Sari dengan IPK 3,64 predikat lulus Sangat Memuaskan dan Elsa Lolita Putri dari Prodi Ilmu Tanah dengan IPK 3,48 predikat lulus Sangat memuaskan serta dari Prodi Agroekoteknologi diberikan kepada Japius S dengan IPK 3,47 predikat lulus Sangat Memuaskan.

Ananda Harahap sebagai Ketua BEM KM FPUA menyampaikan ungkapan bangga dan bahagia atas diwisudanya kakak-kakak senior. Semoga apa yang menjadi harapan di Kampus menjadi penyemangat dan penguat beban berat serta tantangan didalam berkompetisi dalam masyarakat untuk membangun pertanian menjadi lebih baik, ujarnya.

Sementara M. Irfan, SP sebagai wakil wisudawan memberikan ungkapan singkat ucapan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan dalam memberikan proses pembelajaran dan pelayanan selama di Fakultas Pertanian. Ucapan ini juga disampaikan perwakilan orangtua wisudawan bapak Drs. Delwijhon Sandre orangtua dari Lailatul Zuhri Indriani mengucapkan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan dan memberikan semangat bagi wisudawan bahwa proses belum selesai untuk mewujudkan cita-cita, dan tetaplah menjaga tali silaturrahmi dengan Fakultas Pertanian. 

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi menyampaikan akan ada pelajaran yang lebih besar setelah proses pembelajaran di Kampus yaitu kehidupan didalam masyarakat. Jadilah sarjana yang ulet dapat bekerja keras dan berjuang sehingga sukses dibidang pertanian ataupun dibidang lainnya, ujar Munzir Busniah. Dan camkan bahwa kita harus punya komitmen menjadi orang baik sehingga bisa menjadi manusia yang lebih baik dalam kehidupan yang penuh tantangan ini. Kami lepas wisudawan ke masyarakat semoga sukses dalam bidang-bidang yang akan digeluti nantinya, ujar Dekan diakhir kata sambutannya.

Penyerahan alumni oleh Dekan kepada Ketua Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas langsung diterima oleh bapak H. Mahyeldi, SP. Beliau sekaligus menyerahkan buku “Memimpin adalah Melayani” sebagai penyemangat dan pendorong para alumni untuk berkiprah dan berkarir dibidang apa saja karena tamatan Pertanian dapat bekerja pada posisi apa saja yang penting ada kemauan. Namun menurut Mahyeldi alumni harus dapat berinteraksi dengan siapa, dimana, ditempat dan dibidang apa saja. Tetap bersinergi dan bersilaturrahmi karena itulah yang harus dijaga dan dibina, ujarnya.

 
LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

26 Februari 2018

Dilahirkan di Muara Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat,  Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 22 Juli 1994 sebagai anak ke dua dari tiga bersaudara, dari pasangan Bapak Sijak dan ibu Ermida Lubis. Pendidikan Sekolah Dasar (SD) ditempuh di SD 09 Kartini, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (2002-2007). Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditempuh di SMP Negeri 02 Gunung Tuleh (2007-2010). Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di SMA Negeri 1 Pasaman (2010-2013). Dan pada tahun 2013 diterima di Universitas Andalas Fakultas Pertanian, Program Studi Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya.

Pada semester ganjil dan genap 2013-2014 memperoleh beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan pada tahun yang sama berpartisipasi sebagai koordinator kewirausahaan himpunan mahasiswa Agroekoteknologi Kampus III Dharmasraya.

Tahun 2014-2015 berpartisipasi sebagai Kepala Kaperta BEM Dinas Eksteren Kampus III Dharmasraya. Pada tahun 2015 terpilih sebagi salah satu mahasiswa perwakilan Kampus III Dharmasraya  sebagai peserta “The Soil Ecology Asesment Training” yang mana merupakan kolaborasi antara Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Universitas KINKI Jepang dan Universitas Putra Malaysia.  

Akhir tahun 2015 ikut serta dalam Magang Mandiri Manajemen Perkebunan Besar di Perusahaan Perkebunan PT. PN IV unit Sosa Sumatera Utara dan Koperasi Perkebunan Sawit Sumber Sirumondang Kabupaten Tapanuli Selatan. Pada tahun 2015-2017 berturut-turut menjadi pemenang lomba debat tingkat jurusan dalam rangka memperingati hari jadi Kampus III Dharmasraya.

 

Japius – LN Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 Februari 2018

Kerjasama yang telah dimulai sejak tahun 2013 antara Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Faperta Unand) dengan Faculty of Agriculture and Natural Resources, An Giang University (AGU) Vietnam pada tahun 2013 dalam bidang “for educational and scientific Cooperation”. Salah satu kerjasamanya berupa “joint education/training opportunities for students, staff and faculty”

Ini adalah 4 orang alumni Angkatan II sejak kerjasama ini ditandatangani setelah sebelumnya 2 orang alumni Angkatan I diwisuda tahun lalu, dimana Fakultas Pertanian meluluskan mahasiswa asal Vietnam sebagai Magister Pertanian dalam bidang Agronomi. Prof Ardi (Dekan periode 2008-2017) memberikan nama Indonesia agar lebih mudah diucapkan untuk keempat mahasiswa asal Vietnam yaitu Ho Nhut Truong yang diberi nama Indonesia sebagai Imam, Pham Thi Ngoc Han yang dipanggil Hana, dan Nguyen Thi Thuy Trang disapa Maya sedangkan Tran Thi Hong Van dipanggil Indah.

Keempat mahasiswa asal Vietnam yang diwisuda tanggal 10 Februari 2018 ini memulai studinya di  Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada bulan Februari 2016 dengan lama studi 2 tahun. Diharapkan program Fakultas Pertanian Unand Go Internasional dengan mahasiswa asing yang sekarang dari Vietnam dan Kamboja akan dapat berlanjut dan melibatkan lebih banyak lagi mahasiswa dari berbagai negara dimasa datang.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

10 Februari 2018

Sabtu 10 Februari 2018 Fakultas Pertanian Universitas Andalas melepas wisudawan/ti Program Pascasarjana di Plaza HPT Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penyelenggaraan Wisuda I khusus Program Pascasarjana pada kesempatan kali ini berbeda, dengan pemindahan jambul langsung oleh Dekan dan penyerahan ijazah diberikan oleh Wakil Dekan I Fakultas masing-masing yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Andalas.

Pelepasan wisudawan program Pascasarjana Magister Pertanian terdiri dari 34 orang. Program Studi Agronomi 22 orang wisudawan, Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian 10 orang wisudawan dan Program Studi Ilmu Tanah 2 orang wisudawan. Wisudawan dengan Lulusan Terbaik langsung diberikan Rektor kepada wisudawan Fakultas. Salah satunya Ayu Kurnia Ilahi, SP, MP wisudawan Fakultas Pertanian dengan IPK 3,92 angkatan 2015 predikat lulus Dengan Pujian yang lulus pada tanggal 11 Agustus 2017 masa studi dua tahun nol bulan.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian mengatakan bahwa acara pelepasan wisudawan di Fakultas merupakan acara silaturrahmi, mempererat dan saling mengenal antara dosen dan keluarga wisudawan. Wisuda kali ini sangat luar biasa, pertama jumlah yang banyak dari biasanya ujar Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. Kedua meluluskan angkatan pertama program Fast Track sebanyak 15 orang wisudawan. Dan ketiga melepas 4 orang wisudawan asal Vietnam program kerjasama dengan An Giang University - Vietnam.

Alvindo Dermawan, SP, MP dalam ungkapan kata, mengucapkan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan sehingga menjadi insan yang cerdas dan semoga dapat bersaing tinggi di dalam masyarakat dan dunia kerja. Sementara itu wakil orang tua menyampaikan sepatah kata yang berharap ilmu yang diperoleh hendaknya dapat menjadi pegangan dalam menghadapi tantangan dalam dunia kerja ujar Maijon Disman, SH orangtua wisudawan Syajratu Emmal Khairati, SP, MSi.

 
LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan