Berita (72)

15 Maret 2017

DHARMASRAYA – Kunjungan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang ke kampus III Dharmasraya, Kamis (09/03) lalu sangat berkesan bagi mahasiswa kampus III Unand Dharmasraya. Pertemuan yang digelar di aula kampus dan penuh keakraban tersebut disambut hangat oleh mahasiswa.

Betapa tidak, kehadiran orang nomor satu di Fakultas Pertanian tersebut sangatlah didambakan dan diharapkan oleh semua mahasiswa.

Kehadiran Dr.Ir. Munzir Busniah, M. Si, Dekan yang baru dilantik dua minggu yang lalu bersama Wakil Dekan II, Dr. Ir. Yaherwandi, M. Si, Wakil Dekan III terpilih, Dr. Ir. Adrinal, MS, dan Kabag Tata Usaha, Drs. M. Boni, MM bagaikan air di padang pasir yang tandus yang dapat menghilangkan dahaga.

Selain untuk bersilaturrahmi dengan para mahasiswa sebagai dekan yang baru, kunjungan Dr. Ir. Munzir Busniah, M. Si itu sekaligus untuk memberikan motivasi dan mendengarkan aspirasi dari mahasiswa. “Alhamdulillah kita bisa berkumpul bersama di kampus tercinta kita ini,” ungkap Dekan dihadapan seluruh mahasiswa Kampus III Unand. Kata Dekan kepada mahasiswa, bahwa kesuksesan yang diraih tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk meraih kesuksesan di masa depan. “Tidak ada sukses itu tanpa kerja keras, kalau anda mau kerja keras hari ini. Pasti kesuksesan akan anda raih. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Jangan anggap diri anda kecil, jangan pesimis. Yakinkan diri anda kalau anda bisa meraih kesuksesan di masa depan,” pesannya.

Diskusi antara dekan dengan mahasiswa berjalan dengan penuh kekeluargaan ini dipandu langsung oleh Ketua Jurusan, Prof.Dr.Ir. Reni Mayerni, MP. Segala keluhan, kritikan dan masukan dari mahasiswa diterima oleh Dekan.

Untuk kegiatan kemahasiswaan kata Dekan, mahasiswa harus punya kreatifitas. Sehingga organisasi yang ada di Kampus III Unand ini dapat berkembang, menjadi wadah positif untuk seluruh mahasiswa. Dan dapat berguna untuk kampus, mahasiswa dan masyarakat sekitar. “Tunjukkanlah kepada masyarakat di Kabupaten Dharmasraya ini bahwa memiliki kemampuan dan kreativitas untuk mengembangkan seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di kampus ini,” pungkasnya. (Beda Ekspres)

 

                                                      Subag Akademik & Kemahasiswaan

14 Maret 2017

DHARMASRAYA – Suatu perilaku yang patut dicontoh oleh para generasi muda bangsa Indonesia, terutama para mahasiswa yang sedang berkuliah di Kampus III Unand khususnya dan seluruh mahasiswa lainnya yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Pasalnya, mahasiswa kampus III Unand melakukan donor darah di RSUD Sungai Dareh. Mereka membantu salah seorang pasien di RSUD Sungai Dareh, yang menderita sakit gagal ginjal. Dan membutuhkan empat kantong darah golongan B. Untuk cuci darah dan transfusi darah.

Kepedulian mereka terhadap sesama, patut diancungi jempol. Hanya dihubungi via telepon ke salah seorang mahasiswa Unand, yang bernama Arby oleh salah seorang sahabat dari keluarga pasien. Tanpa pikir panjang, mereka mengkoordinir kawan kawan mahasiswa lainnya untuk turut serta membantu pasien tersebut. Dan Alhamdulillah, ada sekitar 20 orang mahasiswa kampus III Unand datang ke PMI RSUD Sungai Dareh. “Insya Allah kami membantu secara ikhlas. Mudah-mudahan darah kami bisa membantu ibu yang saat ini terbaring lemah di rumah sakit,” ungkap Arby dan Ferry.

Walaupun hanya satu orang yang bisa mendonorkan darahnya, tapi kepedulian mereka sangat tinggi. Mereka hanya memiliki niat untuk membantu dan menolong sesama, terlebih lagi yang membutuhkan seperti saat ini. “Alhamdulillah walaupun hanya Rahmat Hidayat, BP 16 yang bisa mendonorkan satu kantong darah kepada ibu tersebut. Kami sudah merasa sedikit lega, dan senang karena bisa membantu walaupun cuma satu kantong. Padahal, ada beberapa orang yang memiliki darah B, namun karena alasan kurangnya berat badan jadi mereka tidak bisa mendonorkan darahnya,” ungkap Arby lagi.

Sementara menurut keluarga pasien, Ririn mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan dari mahasiswa kampus III Unand. Kepedulian mereka terhadap sesama sangatlah besar. “Saya ucapkan terima kasih kepada adik adik yang telah membantu ibu saya. Ini merupakan kegiatan positif dari para calon generasi penerus bangsa,” pungkas Ririn. (Beda Ekspres)

 

                                                             Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 Maret 2017

DHARMASRAYA – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang baru saja dilantik, Dr. Ir. Munzir Busniah, M. Si dan rombongan melakukan kunjungan sillaturrahmi ke Pemkab Dharmasraya, Kamis (09/03). Kunjungan ini disambut hangat oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Plt Sekda, Leli Arni, S. Pd, M. Si di ruangan kerja Bupati.

Dalam kunjungan tersebut, Dekan Fakultas Pertanian Unand tersebut membawa beberapa orang rombongan, di antaranya Wakil Dekan II, Dr. Ir. Yaherwandi, M. Si, Wakil Dekan III terpilih, Dr. Ir. Adrinal, MS, Kabag Tata Usaha Fakultas Pertanian, Drs. M. Boni, MM, Ketua Jurusan Budidaya Perkebunan Kampus III Unand Dharmasraya, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP, dan dosen Kampus III, Siska Efendi, SP, MP.

“Ini adalah kunjungan pertama kami ke Dharmasraya, semenjak dilantik dua minggu yang lalu. Sekaligus kami ingin berkenalan dan bersillaturrahmi dengan Bapak Bupati termuda se Indonesia,” ujar Munzir Busniah.

Dekan yang baru ini berharap dengan adanya pergantian kepemimpinan yang baru Fakultas Pertanian dapat meningkatkan hubungan sillaturrahmi dan kerjasama antara pemkab Dharmasraya dengan Kampus III Unand Dharmasraya khususnya dan Universitas Andalas pada umumnya.

“Dengan adanya kepempinan yang baru di Fakultas Pertanian ini, kami berharap dapat meningkatkan dan melanjutkan hubungan serta kerjasama kita yang selama ini sudah terjalin. Sehingga keberadaan kampus III Unand Dharmasraya ini dapat menjadi salah satu yang memberi warna dalam dunia pendidikan di bumi ranah cati nan tigo ini. Untuk itu kami berharap selalu dukungan dan suport dari pemkab Dharmasraya untuk kampus III Unand ini,” kata Munzir.

Harapan dari Dekan Fakultas Pertanian ini mendapat sambutan positif dari Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. ” Pendidikan ini sangatlah penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan pendidikan ini, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, kami sangat mendukung dan mensuport keberadaan kampus III Unand Dharmasraya ini, untuk meningkatkan derajat ilmu pengetahuan generasi muda kita. Kami berharap, ke depan akan dapat melahirkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehingga mereka dapat bersaing dan dibutuhkan di dunia kerja,” tutur Bupati.

Bupati pilihan rakyat ini juga berharap, ke depan Kampus III Unand Dharmasraya dapat mengembangkan sayapnya di Dharmasraya dengan menambah program studi, sehingga makin banyak minat generasi muda untuk menimba ilmu di sana. “Kita berharap nantinya Kampus III Unand Dharmasraya dapat menambah program studi, sehingga mereka tidak perlu lagi jauh-jauh kuliah ke luar Dharmasraya,” ungkap Bupati. (Beda Ekspres)

 

                                                            Subag Akademik & Kemahasiswaan

02 Maret 2017

Dharmasraya – Kegiatan Festival Seni Islam 2 yang digelar oleh Forum Studi Dinamika Islam (Forstudi) Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya selama 2 hari, yakni Sabtu dan Minggu (25-26/02) berlangsung sukses. Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Kampus III Universitas Andalas di Jalan Lintas Sumatera Km 4 Pulau Punjung.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan sillaturrahmi dan mempererat hubungan antar sesama akademisi yang ada di tanah mekar ini mengusung tema “Ayo bangkit pemuda Islam dengan fastabiqul khairat membangun masa depan yang berlandaskan Al-Quran dan As Sunnah”.

Kepada para pemenang, Ketua Forstudi menyampaikan agar tidak berpuas diri dengan prestasi yang sudah diraih. Dan terus tingkatkan semua keahlian dan kemampuannya untuk mengikuti perlombaan ditingkat yang lebih lagi. Selain itu, jadikanlah perlombaan ini sebagai ibadah, dan dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan sunah.

“Jadikanlah perlombaan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Dan bagi yang menang tetaplah berjuang dan meningkatkan kemampuannya untuk mengikuti perlombaan perlombaan yang lebih tinggi lagi. Serta jangan terlalu larut dalam kegembiraan,” ungkap Ketua Umum Forstudi Kampus III Universitas Andalas, Guswandi.

Untuk cabang lomba Da’i dan Da’iyah, pada kategori putra, juara I diraih oleh Latif Aswen, utusan dari MAN Dharmasraya dengan perolehan nilai 99. Untuk juara ke dua diraih oleh Feby Adriansyah utusan dari Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya dengan nilai 95. Sedangkan juara ke tiga diraih oleh utuisan dari SMA N 1 Sungai Rumbai, Dandi Aprila dengan total nilai 84. Sedangkan untuk kategori putri, juara I diraih oleh Nurfadhilah dari MA Pembangunan dengan total nilai 95. Peringkat dua diraih oleh utusan dari SMA Unggul Dharmasraya, Dinda Rahmadani dengan nilai 86. Sedangkan untuk peringkat tiga diraih oleh Dara Gapura Rizki dengan nilai 86, yang merupakan utusan dari SMK N 1 Koto Baru.

Untuk cabang lomba Tilawah Qur’an, kategori putra, juara I disabet oleh Septian Bahari, utusan dari MAN Dharmasraya. Peringkat ke dua disabet oleh febri Ferdian dari SMK N 1 Pulau Punjung, sedangkan juara ke tiga direbut oleh utusan dari SMA Taruna Dharmasraya, Maulana Zikrillah.

Untuk kategori putri tilawah Qur’an, Hayuti Sukma Jelita, utusan dari MAN Dharmasraya berhasil meraih peringkat I, peringkat ke dua diraih oleh utusan dari SMKN 1 Koto Baru, Vira Marta, sedangkan juara ketiga diraih oleh Meilinda Putri yang merupakan utusan dari SMA N 1 Sembilan Koto.

Sementara itu, untuk pemenang lomba pada cabang Hafizh Qur’an, kategori putra. Juara pertama diraih oleh Abdillah Syafiq utusan dari MAN Dharmasraya. peringkat ke dua, juga diraih oleh utusan dari MAN Dharmasraya, Andri Eko Prasetyo, sedangkan juara ke tiga disabet oleh Muhammad Rifki dari SMA N Unggul Dharmasraya. Pada kategori putri, juara tahfiz pertama diraih oleh utusan dari MAN Dharmasraya, Atia Al Anshari. Juara ke dua disabet oleh Susi susanti dari SMA Unggul Dharmasraya. Sedangkan juara ke tiga juga diraih oleh utusan dari SMA unggul Dharmasraya, atas nama Siti Hanifah.

Untuk Cabang lomba Nasyid, juara pertama diraih oleh utusan dari SMA unggul Dharmasraya. Untuk juara ke dua diraih oleh utusan dari ponpes Darul Hikmah, sedangkan juara ke tiga diraih oleh utusan dari SMA N 1 Sungai Rumbai. Masing-masing pemenang memperoleh trophy, piagam penghargaan, bingkisan dan uang tunai dari panitia lomba. (Beda Ekspres)

 

                                                          Subag Akademik & Kemahasiswaan