Berita (147)

10 Juli 2018

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Penangungjawab kegiatan Upaya Khusus Alat-alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) menyampaikan sambutan pada bimbingan teknis bagi alumni pendamping Alsintan yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian Selasa 10 Juli 2018, sesuai aturan yang ada serta koordinasi dari Pusat bahwa kegiatan ini membutuhkan keikutsertaan alumni  Universitas sebagai tenaga pendamping yang mengerti kondisi Pertanian di Indonesia khususnya Sumatera Barat. Program yang dijalankan selama 2 (dua) bulan membutuhkan 24 orang tenaga pendamping untuk 7 Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. Bimbingan teknis diperlukan sebagai petunjuk bagi tenaga pendamping untuk melaksanakan kegiatan Inventarisasi Alsintan yang diberikan pemerintah kepada Petani/Kelompok Tani melalui Dinas Pertanian, ujar Munzir Busniah.

Mengikuti pembekalan/Bimtek, menyusun rencana kerja pendampingan di wilayah pendampingan sesuai dengan kurun waktu yang ditetapkan, melaksanakan pendampingan yang meliputi pengarahan pelaksanaan program kepada petani/kelompok tani penerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) sesuai wilayah pendampingan serta melaksanakan arahan/bimbingan dari Dosen Pendamping dan petugas Pemda setempat. Dan melakukan sinergitas dengan seluruh pelaksana pendampingan lainnya petani/kelompok tani penerima bantuan Alsintan di wilayah pendampingan juga melakukan validasi data secara periodik tentang jumlah dan penggunaan Alsintan yang dibagikan ke petani/kelompok tani serta melaporkan pelaksanaan kegiatan secara periodik (harian, mingguan, bulanan) kepada Dosen Pendamping, ujar Dr.Ir. Adrinal, MS selaku Dosen Pendamping Lapangan untuk wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Nara sumber pada kegiatan Bimtek Ir. Candra, MSi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat  memberikan paparan “Kebijakan dan Target Pencapaian Inventaris Alsintan untuk Swasembada Pangan Propinsi Sumatera Barat”, sedangkan Ir. Syafrizal, Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan paparan mengenai “Optimalisasi Penggunaan Alsintan” dan “Tata cara penyelesaian SPJ oleh Alumni Tenaga Pendamping” diberikan oleh Dr.Ir. Faidil Tanjung, MSi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

25 Juni 2018

Guna mendukung swasembada berkelanjutan, Kementerian Pertanian telah memfasilitasi penyediaan alsintan melalui kegiatan penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (ALSINTAN) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan substantif yaitu semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta lemahnya permodalan petani untuk mengakses kepemilikan alsintan. Diharapkan pemanfaatan alsintan dapat optimal dalam mendukung percepatan pengolahan tanah dan penyediaan air irigasi sehingga akan berdampak pada peningkatan produksi dalam kuantitas maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien.

Fakultas Pertanian Universitas Andalas sebagai institusi pendidikan ikut serta mendukung kegiatan ini dengan mengadakan perekruitmen tenaga pendampingan bersama dengan Fakultas Pertanian Universitas Syahkuala Aceh, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dibawah koordinator STPP Medan yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Persyaratan keikutsertaan adalah alumni Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian, memiliki komitmen dalam mensukseskan program pemerintah seta memiliki kepedulian terhadap petani. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Sumatera Barat dan tidak sedang terlibat dalam program/kegiatan pemerintah yang lain seperti PWMP, SPR, dll. Dan tentunya diutamakan yang memiliki alat transportasi sendiri karena faktor lokasi yang akan dituju yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, ujar Ketua Pelaksana UPSUS Alsintan 2018 Dr.Ir. Irawati, M.Rur.Sc.

Selanjutnya Ketua Pelaksana mengatakan bahwa Alumni Pendamping yang akan direkruit diperuntukkan untuk daerah Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang dan Kabupaten Solok.

Rekruitmen yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian pada Senin 25 Juni 2018 merupakan tahapan seleksi tahap 2. Seleksi wawancara yang diikuti 48 orang peserta merupakan saringan dari 210 orang pelamar. Dari hasil wawancara nanti akan terjaring 24 orang alumni pendamping yang akan diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) pada bulan Juli 2018.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

30 April 2018

SMA Negeri 5 Pinggir Riau yang berkunjung ke Fakultas Pertanian Universitas Andalas merupakan program tahunan yang telah diagendakan sekolah dengan tujuan untuk menambah wawasan siswa tentang kehidupan kampus, perkuliahan dan proses pembelajaran.    Kunjungan ini juga menghidupkan tali silaturrahmi serta memotivasi siswa bahwa pendidikan itu sangat penting, ujar  Kepala Sekolah ibu Dra. Lismawati. 

Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian Drs. Yusdial, MM pada sambutan singkatnya yang mewakili Dekan mengatakan bahwa Fakultas Pertanian sangat berharap sekolah-sekolah di luar Sumatera Barat juga dapat melanjutkan studinya di Universitas Andalas.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian ibu F. Lenita Rias, SE, MM menyampaikan Fakultas Pertanian dari segi bidang akademik proses pembelajaran dan bidang kemahasiswaan tentang aktifitas organisasi serta beasiswa yang ditawarkan.

Pertanyaan yang diajukan siswa SMAN 5 Pinggir Riau sangat menarik dan antusias. Kehadiran mereka yang berjumlah 128 orang siswa kelas XI  yang didampingi 13 orang Guru, diakhiri dengan melihat ruang labor, dan fasilitas lainnya yang ada di Fakultas Pertanian dan wisata Kampus.

 

LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

19 April 2018

Diterima sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Program Studi Ilmu Tanah tahun 2017 Nurhasnil Fitri dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 1710232035. Sebagai penerima bidikmisi dan tinggal di asrama, Fitri adalah anak yang baik bagi teman-teman seangkatan, kakak senior maupun Dosen Fakultas Pertanian. Semester 1 Ganjil 2017/2018 dilalui Fitri dengan hasil IP 3,09, dan pada Semester 2 Genap 2017/2018 separuh dari semester ini yang hanya dapat dilalui Fitri.....

Kepergiannya pada hari Rabu 18 April 2018 sungguh mengejutkan kita semua. Ia dan teman-teman pergi mengantarkan jenazah Dimas ke Pekanbaru. Dalam perjalanan pulang ia terjatuh dari mobil bus yang ditumpanginya. Kecelakaan ini kembali merenggut nyawa mahasiswa Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian. 

Terlahir dan tinggal di Pasaman Barat, jenazah Fitri dibawa ke keluarganya dengan dilepas oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan. Hadir juga Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Dosen serta teman-teman Fitri. Ungkapan duka dan belasungkawa dari keluarga besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas disampaikan Prof.Dr.Ir. Hermansah, MSc sebagai Wakil Rektor III kepada keluarga Fitri.

 

Selamat jalan Fitri, do’a kami untukmu......... Al fatihah.

 

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan