Berita (153)

24 September 2018

Program Beasiswa JAPFA Foundation adalah program beasiswa yang memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan sumberdaya manusia Indonesia yang kompeten dan berwawasan global. JAPFA Foundation ingin mewujudkannya dengan memberikan beasiswa program S1 pada sektor Agribisnis dan Agroteknologi. Lebih jauh JAPFA Foundation juga berkomitmen untuk berkontribusi melalui program penelitian dan pengembangan sumberdaya manusia di sektor pertanian dan peternakan dengan tujuan untuk menghasilkan inovasi kreatif yang membawa manfaat bagi pembangunan kesejahteraan khususnya masyarakat pertanian dan peternakan di Indonesia.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian oleh Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan F. Lenita Rias, SE, MM dan Staf kemahasiswaan Rina Mayang Sari, A.Md di ruang sidang dosen lantai 3 Fakultas Pertanian, diperuntukkan bagi Mahasiswa Agribisnis dan Agroteknologi angkatan 2016 dengan Indek Prestasi diatas 2,75. Penyaringan telah kami lakukan terlebih dahulu mengingat penerima beasiswa harus merata, Mahasiswa yang telah mendapat beasiswa di unit/instansi lain tidak diikut sertakan, ujar F. Lenita Rias.

Antusias Mahasiswa cukup tinggi, karena JAPFA Foundaton benar-benar memberikan perhatian bagi perkembangan dunia pendidikan. Dan yang paling menarik JAPFA Foundation dalam pemberian beasiswa adalah penerima beasiswa berprestasi akan berkesempatan untuk bekerja di JAPFA Group.

Ayo Mahasiswa !!! Raih kesempatan ini....

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

20 September 2018

Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 2006/XIV/R/KPT/2018 Tanggal 30 Juli 2018 tentang Penetapan Pengalihan Pengelolaan Program Studi S3 Ilmu Pertanian dari Program Pascasarjana ke Fakultas Pertanian Universitas Andalas, maka pengelolaan program studi Doktor dimulai sesuai tahun ajaran akademik 2018/2019 di Fakultas Pertanian.

Dengan status pengalihan ini maka pada hari ini, Kamis 20 September 2018 diadakan pemilihan Koordinator Program Studi Doktor periode 2018-2022. Proses pemilihan berjalan dengan tertib, aman dan lancar dengan kandidat Prof.Dr.Ir. Irfan Suliansyah, MS dan Prof.Dr.Ir. Yonariza, MSc.

Pemilihan ini diikuti dan dihadiri undangan pemilih semua dosen Fakultas Pertanian yang berpendidikan Doktor dan dosen pengampu matakuliah serta dosen pembimbing pada Program Doktor Ilmu Pertanian itu sendiri.

 

 RN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

17 September 2018

Penghargaan yang diterima Dr. Yulmira Yanti, SSi, MP sebagai Tenaga Pendidik Berprestasi III Tingkat Universitas diberikan langsung oleh Rektor pada Dies Natalis Universitas Andalas ke 62, Kamis 13 September 2018 di Convention Hall. Sebagai dosen pada jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan dan sekaligus sebagi Koordinator Program Studi S1 Proteksi Tanaman Yulmira Yanti telah mengabdi selama 12 tahun di Fakultas Pertanian.

Lahir di Bukittinggi, Yulmira Yanti yang menamatkan studi Doktor (S3) di Universitas Andalas pada tahun 2011 adalah seorang dosen dengan spesifikasi bidang ilmu bakteriologi dan pengendalian hayati. Penelitian dengan kepakarannya juga telah banyak dilakukan seperti

Distribusi penyakit layu bakteri bakteri Pada tanaman Bawang (Xanthomonas axonopodis pv allii) sebagai penyakit baru di Sumatera Barat, Strategi mendapatkan mutan bawang merah yang tahan terhadap penyakit layu bakteri Xanthomonas melalui induksi mutasi dengan EMS, Pengembangan teknologi Formulasi Rhizobakteria untuk Ketahanan Terhadap Penyakit Layu Bakteri dan Peningkatan Produksi Tanaman Cabai, Perakitan Varietas Jagung yang Tahan Terhadap Penyakit Layu bakteri Sterwart (PNSS) Melalui Induksi Ketahanan, Potensi Rhizobakteria Indigenus sebagai agen Hayati dan Aplikasinya untuk Menekan Penyakit serta Meningkatkan Pertumbuhan pada Tanaman Tomat di Sumatera Barat dan masih banyak lagi. Kesibukan sebagai pembimbing bagi mahasiswa Proteksi Tanaman dan juga memberikan bimbingan proposal penelitian bagi mahasiswa yang mengikuti program PKM, luar biasa selamat dan sukses.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

14 September 2018

ARIFAH, SP Tenaga Kependidikan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Fakultas Pertanian Universitas Andalas menerima penghargaan dari Rektor sebagai Laboran Berprestasi I pada Dies Universitas Andalas ke 62, Kamis 13 September 2018 di Convention Hall. Ini adalah penghargaan yang kedua bagi Arifah, tahun lalu ia mendapat penghargaan sebagai Laboran Berprestasi II tingkat Universitas.

Kebanggaan yang luar biasa dapat meningkatkan prestasi bagi karier dan diri sendiri serta Fakultas, ujar Ar panggilan keseharian. Ar sebagai tenaga kependidikan dengan jabatan fungsional Penyelia telah banyak mengikuti pelatihan dan diklat sebagi penunjang pekerjaan.

Berbagai Diklat seperti Pelatihan Tenaga Kependidikan bagi Pranata Laboraratorium Pendidikan (PLP) tingkat Nasional di Medan tahun 2012, Workshop Persiapan Akreditasi Laboratorium (ISO/IEC 17025:2005) di Unand tahun 2015, Workshop Peningkatan Peran dan Fungsi Pranata Laboratorium Pendidikan di Malang tahun 2015, Workshop Pengelolaan Laboratorium menuju Laboratorium yang Unggul dan Berbudaya di Bali tahun 2016 dan Diklat Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Gelombang VI Jenjang Ahli Angkatan ke-4 di Palembang tahun 2016.

Semoga ilmu yang didapat menjadi penguat dan pendukung pekerjaan seorang PLP fungsional penyelia, sukses buat Arifah.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan