Berita (153)

01 April 2014

Sabtu, 29 Maret 2014 bertempat di Convention Hall Universitas Andalas telah berlangsung acara LAUNCHING LUSTRUM XII Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Acara yang dimulai dengan tari Pasambahan oleh UKS Faperta dihadiri oleh sekitar 500 orang mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni dan tamu undangan dari berbagai instansi pemerintah dan perusahaan mitra Fakultas Pertanian. Tari Pasambahan yang sepenuhnya digarap oleh UKS Faperta sempat mengundang decak kagum para hadirin.

     Puncak acara launching ditandai oleh penyalaan sirene oleh Wamendikbud RI Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS. dengan didampingi oleh Rektor Universitas Andalas, Dekan Fakultas Pertanian, dan Ketua Panitia Penyelenggara LUSTRUM XII serta salah seorang alumni yang telah sukses sebagai pengusaha di Jakarta yakni Ir. H. Azmin Aulia.

     Acara dilanjutkan dengan pemutaran video kilas balik 60 tahun Faperta Unand diiringi oleh nyanyi Dian Pertanian yang dibawakan dengan sangat baik oleh Paduan Suara UKS Faperta Unand. Beberapa alumni yang hadir, merasa sangat tersentuh dengan penampilan paduan suara tersebut dan merasa seperti kembali ke zaman mudanya sebagai mahasiswa sekian puluh tahun yang lalu.

     Acara launching ini sengaja diselenggarakan sebagai tanda dimulainya peringatan 60 tahun Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Adapun rangkaian acara yang direncanakan antara lain adalah:

Acara

Jadwal (tentatif)

Agribisnis in Action

Febr-Maret 2014

Lecture Series (Tema: ASEAN COMMUNITY 2015)

Maret-November 2014

Evaluasi & Lokakarya Kurikulum

Juni-Juli 2014

Family Gathering

Agustus 2014

Open Lab

22-23 Agustus 2014

LKTI/Debat Siswa & Mahasiswa (Tema: Pertanian di mata anak muda)

22-23 Agustus 2014

Agri Expo

22-23 Agustus 2014

Lomba Praktek Pertanian antar siswa SMK Pertanian

22-23 Agustus 2014

Rakernas  Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia

Agustus 2014

SeminarNasional  & Pertemuan FKPTPI

8-10 September 2014

Pengukuhan Guru Besar

Sept-November 2014

Seminar Nasional Revitalisasi Pertanian  (Kerjasama dengan BAPPEDA Sumbar)

21-22 Oktober 2014

Seminar Nasional Gaharu (Kerjasama dengan Dinas Kehutanan)

14-16 Oktober 2014

Pengabdian masyarakat, penanaman bibit gaharu

16 Oktober 2014

Seminar Internasional dengan tema: Greening Agricultural Economy

3-4 November 2014

Kejuaraan Olah Raga

Sept-Oktober 2014

Orasi Purnabakti

November 2014

Penerbitan Buku 60 tahun Faperta Unand

1 Desember 2014

Peluncuran Buku Karya Dosen Faperta Unand

1 Desember 2014

Temu Alumni , Mubes IKA Faperta Unand & Malam Kesenian

29-30 November 2014

Simposium Perhimpunan Ilmu Pemulian & Perhimpunan Bioteknologi Pertanian Indonesia

Desember 2014

UPACARA DIES NATALIS KE 60 (LUSTRUM XII)

1 Desember 2014

     Puncak acara Lustrum XII, Insyaallah akan berlangsung pada tanggal 1 Desember 2014.  Acara puncak ini seharusnya diadakan pada tanggal 30 November 2014, namun karena tanggal tersebut jatuh pada hari Minggu, diadakan pergeseran jadwal acara menjadi 1 Desember.  Mudah-mudahan hal ini tidak akan mengurangi makna peringatan Dies tersebut.

     Setelah acara Launching ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Drs. Rusdja Rustam, acara dilanjutkan dengan KULIAH UMUM oleh Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS. dan Ir. Azmin Aulia.  Acara ini merupakan kuliah perdana Lecture Series dengan tema utama : Menghadapi ASEAN COMMUNITY 2015.

     Marilah kita berpartisipasi aktif dalam merayakan enam puluh tahun Fakultas Pertanian Universitas Andalas, semoga kita bersama tetap mampu memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa, Jayalah Pertanian, sejahteralah Petani dan Jayalah Bangsa tercinta.

06 Desember 2013

Lulusan Perguruan Tinggi beberapa tahun ke depan ditantang dengan berbagai persoalan yang semakin kompleks. Mereka diharapkan cakap di bidang ilmunya, mampu bekerja dalam kelompok dan dibawah tekanan, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu menjadi “problem solver” (menyelesaikan permasalahan dengan bijaksana). Menurut beberapa pakar pendidikan, metode pembelajaran selama ini kurang memberikan ruang bagi tercapainya harapan tersebut. Karena itu dikembangkanlah beberapa metode yang mengarah ke “active learning” yang pada prinsipnya memberikan kesempatan kepada semua peserta ajar (mahasiswa) untuk berpartisipasi aktif dalam setiap pertemuan/perkuliahan. Salah satu bentuknya adalah “problem based learning” (PBL).

Fakultas Pertanian, bekerjasama dengan tim PEER USAID yang dipimpin Prof. Dr. Ir. Rudi Febriamansyah, M.Sc. pada tanggal 22-23 November 2013 bertempat di Ruang Sidang Dosen Faperta Unand mengadakan “Workshop Potensi Pengembangan Metode Belajar Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Ilmu Pertanian” dengan mengundang pakar PBL dari Universitas Indonesia (Kamarza Mulia, Ph.D dan Elsa Krisanti, Ph.D) sebagai fasilitator. Acara tersebut dibuka dengan resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Ir. Ardi M.Sc. Workshop di mulai dengan Penjelasan Umum tentang PBL dengan seluk beluknya pada hari pertama dihadapan 61 orang dosen aktif Faperta Unand. Berdasarkan hasil kegiatan pada hari pertama, pelatihan dilanjutkan pada hari kedua yang diikuti oleh sebanyak 24 orang dosen dari 12 mata kuliah. Kegiatan hari kedua tersebut difokuskan kepada penyiapan mata kuliah untuk diberikan melalui metode PBL, mulai dari merubah SAP sesuai PBL sampai dengan mengevaluasi dan menetapkan nilai mahasiswa. Diharapkan mulai tahun 2014 sudah ada mata kuliah di Faperta Unand yang menjalankan PBL tersebut. Harapan ketua Peer Usaid dan Wadek 1 Faperta Unand, setiap mata kuliah yang akan dilaksanakan dengan PBL tersebut sekaligus menyiapkan borang yang dibutuhkan dan menyusun modul yang lengkap. Untuk itu, khususnya beberapa mata kuliah yang akan diberikan dalam bentuk PBL tersebut akan membentuk “working group” guna mempersiapkan penerapan PBL secara tepat dan benar.

28 November 2013

Awal November 2013, tepatnya tanggal 11 November 2013 delegasi Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang dipimpin oleh Dekan, Prof. Ir. Ardi, M.Sc. hadir di Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam. Kedatangan delegasi tersebut berdasarkan undangan dari An Giang University melalui Konsulat Jenderal RI di kota Ho Chi Minh.

Pada tanggal 10 November 2013, bersama dengan acting Konsul Jenderal RI serta staf, rombongan menempuh perjalanan darat sekitar 4,5 jam dari Ho Chi Minh ke Long Xuyen. Besoknya, tanggal 11 November 2013 rombongan bertemu dengan Rektor An Giang University, Assoc.Prof. Dr. Vo Van Thang beserta jajarannya terutama dari Biro Kerjasama Luar Negeri dan Faculty of Agriculture and Natural Resources. Melalui diskusi yang hangat dan cukup alot, akhirnya disepakati untuk mengformalkan kerjasama antara Faculty of Agriculture and Natural Resources, AGU, dan Fakultas Pertanian, Unand dalam bentuk MOU. Penandatanganan MOU antara kedua Dekan tersebut disaksikan oleh Rektor An Giang University dan acting Konsul Jenderal RI. Dalam waktu dekat diharapkan segera pula ditandatangani MOU antara Rektor An Giang University dan Rektor Universitas Andalas.
Beberapa kesempatan kerjasama yang disepakati antara lain adalah: pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, publikasi bersama, seminar dan lokakarya regional dan internasional, serta pertukaran informasi akademik dan publikasi yang relevan. Perjanjian kerjasama ini diharapkan sudah mulai dapat direalisasikan pada awal tahun 2014.

Gambaran umum. An Giang University di kota Long Xuyen diresmikan pada bulan Desember 1999 yang cikal bakalnya adalah Long Xuyen Education School pada tahun 70-an. Universitas ini memiliki enam fakultas yaitu: the School of Education; the School of Agriculture and Natural Resources; the School of Technology and Environment; the School of Economics and Business Management; the School of Culture and Arts; and the School of Philosophy.

16 Agustus 2013

17 Agustus 2013 adalah hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-68. Banyak sudah kemajuan yang dicapai, banyak pula prestasi yang telah diraih, namun tidak sedikit pula kekurangan yang harus dibenahi. Dirgahayu Indonesia!