Berita (97)

16 Agustus 2017

Cassiavera sebuah nama paguyuban yang diperuntukkan bagi angkatan tahun 1968 Fakultas Pertanian di kampus Air Tawar. Sejak tahun 2005 Group Cassiavera ini tidak lagi milik angkatan’68 saja tapi sudah masuk angkatan lain menjadi Cassiavera lintas angkatan.

Kedatangan alumni Cassiavera disambut hangat oleh Dekan dan seluruh civitas Fakultas Pertanian pada hari Rabu siang 16 Agustus 2017 di Ruang Sidang Dekanat Lantai II Fakultas Pertanian.

Alumni Cassiavera yang berjumlah lebih dari 30 orang terdiri dari angkatan’65 hingga angkatan’70-an sebenarnya mereka mengadakan silaturrahmi di Mifan Padang Panjang, namun menyempatkan diri untuk hadir di Fakultas Pertanian kampus Limau Manis. Uda dan Uni era 60-70 ini masih semangat dan percaya diri, sangat luar biasa puji Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi diawal sambutan singkatnya.

Setelah dijamu makan siang bersama alumni diajak menanam pohon produktif (mangga, manggis, sirsak, dll). Tanaman ini diharapkan memberikan nilai ekonomis dan nilai edukatif bagi Fakultas Pertanian dan lingkungan sekitarnya.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

 

17 Agustus 2017

Talk Show : Jadi Mahasiswa Sukses, Sukses di Masa Depan !

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua pelaksanaan motivation session and alumni gathering di Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Kegiatan ini bertujuan memberikan support bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian dengan merangkul para alumni bersama-sama bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi Fakultas Pertanian khususnya. Alumni dapat memberikan wawasan baru sedangkan mahasiswa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, ujar Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi menekankan kembali betapa pentingnya saat ini peranan alumni dalam membuka cakrawala generasi muda untuk terjun di dalam masyarakat. Acara Talk Show : Jadi Mahasiswa Sukses, Sukses di Masa Depan!, dibuka Dekan dihadapan alumni Cassiavera, Dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian

Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr.Ir. Har Adi Basri alumni angkatan ‘68 dan Ir. Zainal Arifin yang juga alumni angkatan ‘68. Har Adi Basri pensiunan Departemen Pertanian dan juga dosen Universitas Mercu Buana menyampaikan pentingnya dialog interaktif agar mahasiswa termotivasi apa yang akan dilakukan atau dicapai dikemudian hari. Menurutnya prinsip manajemen harus dimiliki mahasiswa karena banyak faktor yang saling berhubungan  seperti usaha, faktor lingkungan, politik dan faktor lainnya yang akan mempengaruhi tumbuh kembangnya sebuah kesuksesan. Ia juga mengatakan seorang mahasiswa jangan takut untuk memulai usaha. Dan sangat berharap agar Fakultas Pertanian dapat meneruskan kegiatan ini memberikan motivasi yang terus menerus untuk dapat memberikan gambaran yang terjadi sekarang dan masa yang akan datang kepada mahasiswa.

Zainal Arifin yang pernah bekerja di PT Incasi Raya mengatakan dihadapan mahasiswa Fakultas Pertanian sukses seseorang dimulai dengan usaha yang diiringi dengan bekal ilmu pengetahuan dan berusaha sebaiknya dimulai dari nol. Ia mengatakan pekerjaan apapun lakukanlah dengan baik.

Pada sesi tanya jawab mahasiswa Raina dari Prodi Agribisnis menanyakan kenapa dalam mencari pekerjaan peluang untuk alumni Fakultas Pertanian sangat sedikit dibanding alumni Fakultas lainnya. Hal ini ditanggapi oleh alumni angkatan ‘77 Trimurti, bahwa banyak alumni Fakultas Pertanian yang bekerja di instansi pemerintah atau swasta dan sukses disegala bidang asalkan jangan takut untuk memulai.

Sementara Burhanuddin alumni angkatan ’66 menanggapi pertanyaan Fachry mahasiswa angkatan 2014, untuk menjadi pengusaha yang sukses harus berani menanggung resiko.

Akhir penutupan acara Dekan mengucapkan terima kasih atas kedatangan alumni Cassiavera ke Fakultas Pertanian dalam acara Alumni Gathering dan untuk merubah pola pikir mahasiswa datang dan hadirilah setiap acara Motivation Session 2 kali sebulan.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

04 Agustus 2017

Rangkaian kegiatan BAKTI pada hari kedua ini ditutup dengan acara Peduli Lingkungan. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan tanaman, cara bertanam, memelihara serta ikut berpartisipasi dalam penghijauan lingkungan. Tanaman yang ditanam berupa tanaman buah-buahan seperti manggis, sirsak, mangga, durian, pisang dll. Penanaman ini dialokasikan disekitar kampus Fakultas Pertanian.

Panitia yang terdiri dari senior per angkatan dari lima prodi membagi angkatan 2017 dalam 16 kelompok. Setiap kelompok menanam beberapa bibit unggul yang telah disediakan. Penanaman awal dilakukan oleh Wakil Dekan III Dr.Ir. Adrinal, MS beserta Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian dan mahasiswa baru.

Semoga kegiatan ini memberi arti positif... tumbuh dan berkembang serta memberikan manfaat.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

04 Agustus 2017

BAKTI hari kedua semakin mempererat keakraban antara Maba dengan kakak seniornya, Dosen Pengajar dan Tenaga Kependidikan Fakultas Pertanian. Hari ini Maba dibagi dalam 3 kelompok untuk mendengarkan paparan sesi pertama berupa sarana dan prasarana SDM dan UKT serta cara belajar di perguruan tinggi dan sesi kedua berupa tata tertib kehidupan kampus SAPS beasiswa program kreativitas mahasiswa sedangkan pada sesi ketiga berupa etika kampus dan wawasan akademis.

Sesi pertama pada kelompok tiga Dr. Yusniwati dan Ir. Winarto, MSi yang melaksanakan pemaparan di Gedung Futsal mengatakan proses belajar juga membutuhkan alat penunjang lainnya seperti ruang labor, rumah kaca, juga kebun percobaan dan lainnya yang alhamdulillah telah dimiliki Fakultas Pertanian.

Sementara itu Dr.Ir. Faidil Tanjung dan Dr.Ir. Ifdal, MSi dikelompok 1 memaparkan bagaimana seorang mahasiswa sebagai lulusan atau alumni siap menyesuaikan diri, siap belajar seumur hidup dan siap bersaing karena akan menghadapi era globalisasi dimasa datang. Ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus mempunyai tekad yang kuat untuk berhasil membayangkan masa depan yang lebih baik dan tidak ada kata menyerah dalam menghadapi setiap kesulitan yang dihadapi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan