Berita (111)

15 September 2017

Kegiatan Kemahasiswaan Kamis siang 14 September 2017 diisi oleh BEM Fakultas Pertanian. Dialog antara Pimpinan Fakultas Pertanian dengan Mahasiswa dalam mengutarakan aspirasi yang berkembang untuk suatu kemajuan. Sangat menarik, acara ini dihadiri mahasiswa seluruh angkatan di Fakultas Pertanian kecuali mahasiswa Kampus 3 namun aspirasi mereka tetap disampaikan juga oleh teman-teman perwakilan. Pimpinan Fakultas Pertanian yang hadir Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi serta Pembina Mahasiswa, Kepal Bagian Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian.

Dialog ini dimulai oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi semoga aspirasi ini dapat membangun serta menumbuh kembangkan generasi mahasiswa pertanian yang siap terjun dalam masyarakat. Mengeluarkan pendapat, memberikan penilaian harapan Dekan, akan lahir mahasiswa-mahasiswa yang siap dengan tantangan.

Hari perwakilan mahasiswa dan BEM menyampaikan aspirasi  antara lain sarana dan prasarana di Fakultas Pertanian yang perlu diperbaiki seperti jalan menuju Lahan Basah tempat pratikum mahasiswa, Labor yang masih kurang peralatannya, dan hal lainnya. Munzir Busniah selaku Dekan mengatakan berbagai persoalan akan dihadapi dan ditanggapi tentu sesuai dengan porsi kebutuhan yang harus didahulukan. Sementara Dr.Ir. Faidil Tanjung, MSi selaku Wakil Dekan II mengatakan bahwa kebutuhan dan proyeksi perbaikan akan disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian.

Pimpinan Fakultas juga berharap kepada mahasiswa agar kita bersama-sama saling bersinergi dan menjaga serta membangun Fakultas Pertanian kedepan lebih baik dari sekarang. Dan diakhir acara Dekan meminta mahasiswa dapat mengikuti setiap ajang kompetisi tingkat Fakultas, Universitas, Nasional serta Internasional yang tentunya akan memberikan nilai manfaat bagi diri sendiri, anda mahasiswa Fakultas Pertanian.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 September 2017

Tenaga Kependidikan Fakultas Pertanian Universitas Andalas ARIFAH, SP  mendapat penghargaan prestasi sebagai fungsional PLP pada Dies Universitas Andalas ke 61, Rabu 13 September 2017 di Convention Hall. Sebagai PNS dengan masa kerja 27 tahun, Arifah yang berpendidikan Sarjana Pertanian Jurusan Agroteknologi memilih menjadi fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) pada tahun 2011. Sebelumnya ia sudah menjadi tenaga laboran dengan jabatan fungsional umum, dengan SK Penempatan di Politani Payakumbuh dan dimutasi ke Fakultas Pertanian pada tahun 1998.

Lahir di Padang 20 Februari 1969, Arifah, SP dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) 196902201990032003 sebagai fungsional PLP telah mengikuti berbagai Diklat yaitu Pelatihan Tenaga Kependidikan bagi Pranata Laboraratorium Pendidikan (PLP) tingkat Nasional di Medan tahun 2012, Workshop Persiapan Akreditasi Laboratorium (ISO/IEC 17025:2005) di Unand tahun 2015, Workshop Peningkatan Peran dan Fungsi Pranata Laboratorium Pendidikan di Malang tahun 2015, Workshop Pengelolaan Laboratorium menuju Laboratorium yang Unggul dan Berbudaya di Bali tahun 2016 dan Diklat Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Gelombang VI Jenjang Ahli Angkatan ke-4 di Palembang tahun 2016.

Sejak tahun 2014 Arifah dengan PLPnya telah menduduki jabatan Fungsional Penyelia, dengan keberhasilan Arifah menjadi penyemangat buat tenaga kependidikan Fakultas Pertanian.

  

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

07 September 2017

Workshop Penulisan Proposal PKM 2018 yang dilaksanakan di Gedung E Kampus Universitas Andalas, kamis siang 7 September 2017 dibuka oleh Wakil Dekan I Dr.Ir. Irawati, MRur.Sc. Tampak yang hadir sebagai peserta Dosen dan Mahasiswa per angkatan dari lima Prodi pada Fakultas Pertanian. Wakil Dekan I berharap workshop ini sebagai pencerah bagi mahasiswa untuk memulai membuka wawasan berpikir dan berkreasi untuk menciptakan dan memberikan sesuatu yang bernilai bagi kehidupan diri dan lingkungan. Setelah kegiatan ini akan dibuka semacam Klinik Proposal PKM sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkonsultasi dan bimbingan.

Narasumber Prof.Dr. Dahelmi dan Dendi Adi Saputra, MT dengan moderator Prof.Dr.Ir. Yulnafatmawita, MSc memulai sesi pertama dengan bahasan kiat-kiat menyusun proposal PKM. Prof.Dr.Dahelmi menyampaikan kiat-kiat lolos PKM yaitu proposal yang diajukan sebaiknya melibatkan mahasiswa lintas prodi, diikuti harus dua angkatan, banyak halaman hanya sepuluh, tata cara pembuatan harus sesuai aturan, penelitian bersifat aplikatif dan apa yang akan dicapai. Sedangkan Tips PKM menurut Dahelmi adalah PKM bertujuan untuk tugas akhir, adanya motivasi dari mahasiswa dan pembimbing, adanya dukungan dana dari Fakultas dan Universitas serta penelitian yang bersifat aplikatif.

Dendi Adi Saputra, MT mengatakan sebaiknya proposal PKM mengangkat isue-isue tertentu atau kekinian. Untuk Fakultas Pertanian isue yang hangat pada tahun ini masih soal Ketahanan Pangan. Jadi menurut Dendi kiat mencari judul untuk proposal PKM yaitu topik kekinian, lihat peta kekuatan, cari ide kreatif dan pelajari serta pahami PKM 5 bidang. Intinya dalam mencari judul carilah sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya, imbuh Dendi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

31 Agustus 2017

Silaturrahmi Pimpinan Fakultas Pertanian dengan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi seluruh angkatan diruang sidang dosen lantai 3 Fakultas Pertanian pada Kamis siang 31 Agustus 2017 berlangsung santai. Tujuan acara ini ujar Dekan Fakultas Pertanian untuk mengakrabkan dan mendekatkan agar permasalahan atau kegiatan apa saja yang ada dapat meningkatkan potensi diri sehingga terapresiasi dengan baik.

Sebelumnya Wakil Dekan III, Dr.Ir. Adrinal, MS mengatakan bahwa Fakultas Pertanian sejak tahun 2010 sampai 2017  penerima beasiswa bidikmisi berjumlah + 1000 orang mahasiswa. Tujuan Pemerintah memberikan beasiswa bidikmisi kepada mahasiswa yang standar ekonomi kurang mampu adalah mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik bagus. Namun pada hakekatnya prestasi akademik bagus juga perlu ditunjang dengan prestasi lainnya sehingga target Pemerintah dapat tercapai.

Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Dekan sangat mengharapkan mahasiswa Fakultas Pertanian menjadi orang-orang yang sukses. Bagaimana caranya, beliau menyampaikan menjadi sukses berusaha dalam bidang akademik dan non akademik serta menciptakan prestasi-prestasi dan mengikuti ajang kompetisi seperti PIMNAS dan ikut berpartisipasi dalam pembuatan proposal PKM. Menuangkan ide-ide, menulis serta mempresentasikan, mengasah kemampuan berpikir secara terstruktur dalam setiap karya akan memberikan sesuatu hal positif yang harus dicoba dan dikembangkan, ujar Dekan.

Virgo mahasiswa Prodi Agroteknologi angkatan 2016 menanyakan bahwa keinginan ada tetapi bagaimana cara dan langkah yang harus dilakukan untuk mengikuti Program PKM. Caranya dapat dilihat di laman website Dikti, serta ikuti workshop yang akan diadakan pada tanggal 7 September 2017 dan bergabunglah dengan beberapa angkatan agar terjadi kaderisasi sehingga terbentuk tim yang saling berkontribusi menurunkan ilmu kepada angkatan selanjutnya, ujar Dekan.

 

Subag Akademik & Kemahasiswaan