Berita (81)

02 Maret 2017

Dharmasraya – Kegiatan Festival Seni Islam 2 yang digelar oleh Forum Studi Dinamika Islam (Forstudi) Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya selama 2 hari, yakni Sabtu dan Minggu (25-26/02) berlangsung sukses. Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Kampus III Universitas Andalas di Jalan Lintas Sumatera Km 4 Pulau Punjung.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan sillaturrahmi dan mempererat hubungan antar sesama akademisi yang ada di tanah mekar ini mengusung tema “Ayo bangkit pemuda Islam dengan fastabiqul khairat membangun masa depan yang berlandaskan Al-Quran dan As Sunnah”.

Kepada para pemenang, Ketua Forstudi menyampaikan agar tidak berpuas diri dengan prestasi yang sudah diraih. Dan terus tingkatkan semua keahlian dan kemampuannya untuk mengikuti perlombaan ditingkat yang lebih lagi. Selain itu, jadikanlah perlombaan ini sebagai ibadah, dan dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan sunah.

“Jadikanlah perlombaan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Dan bagi yang menang tetaplah berjuang dan meningkatkan kemampuannya untuk mengikuti perlombaan perlombaan yang lebih tinggi lagi. Serta jangan terlalu larut dalam kegembiraan,” ungkap Ketua Umum Forstudi Kampus III Universitas Andalas, Guswandi.

Untuk cabang lomba Da’i dan Da’iyah, pada kategori putra, juara I diraih oleh Latif Aswen, utusan dari MAN Dharmasraya dengan perolehan nilai 99. Untuk juara ke dua diraih oleh Feby Adriansyah utusan dari Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya dengan nilai 95. Sedangkan juara ke tiga diraih oleh utuisan dari SMA N 1 Sungai Rumbai, Dandi Aprila dengan total nilai 84. Sedangkan untuk kategori putri, juara I diraih oleh Nurfadhilah dari MA Pembangunan dengan total nilai 95. Peringkat dua diraih oleh utusan dari SMA Unggul Dharmasraya, Dinda Rahmadani dengan nilai 86. Sedangkan untuk peringkat tiga diraih oleh Dara Gapura Rizki dengan nilai 86, yang merupakan utusan dari SMK N 1 Koto Baru.

Untuk cabang lomba Tilawah Qur’an, kategori putra, juara I disabet oleh Septian Bahari, utusan dari MAN Dharmasraya. Peringkat ke dua disabet oleh febri Ferdian dari SMK N 1 Pulau Punjung, sedangkan juara ke tiga direbut oleh utusan dari SMA Taruna Dharmasraya, Maulana Zikrillah.

Untuk kategori putri tilawah Qur’an, Hayuti Sukma Jelita, utusan dari MAN Dharmasraya berhasil meraih peringkat I, peringkat ke dua diraih oleh utusan dari SMKN 1 Koto Baru, Vira Marta, sedangkan juara ketiga diraih oleh Meilinda Putri yang merupakan utusan dari SMA N 1 Sembilan Koto.

Sementara itu, untuk pemenang lomba pada cabang Hafizh Qur’an, kategori putra. Juara pertama diraih oleh Abdillah Syafiq utusan dari MAN Dharmasraya. peringkat ke dua, juga diraih oleh utusan dari MAN Dharmasraya, Andri Eko Prasetyo, sedangkan juara ke tiga disabet oleh Muhammad Rifki dari SMA N Unggul Dharmasraya. Pada kategori putri, juara tahfiz pertama diraih oleh utusan dari MAN Dharmasraya, Atia Al Anshari. Juara ke dua disabet oleh Susi susanti dari SMA Unggul Dharmasraya. Sedangkan juara ke tiga juga diraih oleh utusan dari SMA unggul Dharmasraya, atas nama Siti Hanifah.

Untuk Cabang lomba Nasyid, juara pertama diraih oleh utusan dari SMA unggul Dharmasraya. Untuk juara ke dua diraih oleh utusan dari ponpes Darul Hikmah, sedangkan juara ke tiga diraih oleh utusan dari SMA N 1 Sungai Rumbai. Masing-masing pemenang memperoleh trophy, piagam penghargaan, bingkisan dan uang tunai dari panitia lomba. (Beda Ekspres)

 

                                                          Subag Akademik & Kemahasiswaan

01 Maret 2017

Pada hari Selasa 28 Februari 2017 perusahaan swasta nasional PT Musim Mas yang sedang berkembang pesat bergerak dalam bidang Perkebunan Kelapa Sawit dan merupakan penghasil Industri Kebutuhan Rumah Tangga seperti Minyak Goreng dan Sabun dll, dengan lokasi perkebunan dan pabrik yang tersebar di Wilayah Sumatera dan Kalimantan, merekruit alumni Universitas Andalas. Seleksi administrasi (tahap 1) yang dilakukan oleh PT Musim Mas meluluskan 50 orang lulusan Universitas Andalas yang terdiri dari 37 orang Fakultas Pertanian dan 13 orang Fakultas Teknik.

Seleksi tahap 2 berupa ujian tulisan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Dekanat Lantai 2 Fakultas Pertanian. Sebelum ujian dimulai Manajer HRD Bapak Andri Taher memberikan gambaran singkat tentang Musim Mas sebuah perusahaan swasta berkantor pusat di Singapura, Musim Mas beroperasi secara global di seluruh spectrum bisnis kelapa sawit. Sebagai perusahaan swasta, PT Musim Mas mempekerjakan 37.000 orang dengan kebangsaan dan latar belakang yang beranekaragam. Grup perusahaan beroperasi di 13 Negara.

Seleksi tahap 3 berupa ujian wawancara yang diikuti oleh 19 orang  peserta yang dilaksanakan hingga sore. Hasil ujian ini menetapkan yang diterima 12 orang alumni Fakultas Pertanian dan 5 orang alumni Fakultas Teknik. Mereka yang lulus akan diberi pelatihan selama 3 bulan di Kalimantan.

 

   LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

28 Februari 2017

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi hari Sabtu 25 Februari 2017 pada Wisuda I Tahun 2017, memberikan piagam penghargaan kepada Bintang Aktifis Kampus sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan prestasinya berorganisasi serta menjalankan perkuliahan di Fakultas Pertanian. Bintang aktifis kampus Fakultas yang dibacakan oleh Wakil Dekan III Dr.Ir. Agustian, sebanyak 7 orang dan berhak menerima penghargaan dari Dekan yang diberikan kepada Sandy Saktiawan (NIM 1210212024) Prodi Agroteknologi dari lembaga DPM KM FP UA. Penghargaan yang serupa juga diberikan kepada Nurma Hanum (NIM 1210212001) Prodi Agroteknologi dari Agriculture Languange Community Club (ALCC).

Bintang aktifis kampus dari BEM KM FP UA diberikan kepada Muzonnip (NIM 1210211033) dan kepada Nurul Fadli (NIM 1110212089) dari Prodi Agroteknologi, sedangkan dari Prodi Agribisnis diberikan kepada Afriza Rahmi (NIM 1210222011). Piagam penghargaan yang sama juga diberikan Dekan kepada Riza Martini (NIM 1210212073) sebagai bintang aktifis dari Komunitas Mahasiswa Ilmiah Pertanian (KMIP) dari Prodi Agroteknologi dan kepada Maulana Insanul Kamil (NIM 1210233003) dari Prodi Ilmu Tanah sebagai bintang aktifis dari Agriculture Bridge Club (AgBC).

 

                                                        LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

27 Februari 2017

Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Sabtu 25 Februari 2017 melaksanakan Penyerahan Ijazah Magister dan Sarjana pada Wisuda I Tahun 2017. Penyerahan Ijazah dan pelepasan mahasiswa Program Magister dan Sarjana di ruang terbuka Lapangan Parkir sebanyak 111 orang yang terdiri dari Program Magister 3 orang, 1 orang Laki-laki dan 2 orang Perempuan. Sedangkan Sarjana sejumlah 108 yang terdiri dari 26 orang Laki-laki dan 82 orang Perempuan.      

Wisuda Fakultas Pertanian di buka secara resmi oleh Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. Ini adalah wisuda pertama bagi Dekan yang dilantik pada tanggal 16 Februari 2017 menggantikan Prof.Ir. Ardi, MSc.

Mengawali kata sambutan, Dekan meminta salah seorang wisudawan untuk mencurahkan ungkapan perasaan kepada orang tua atas pengorbanan dalam membesarkan mereka,  ungkapan rasa ini disampaikan oleh wisudawan Muhammad Husein, SP yang diamini oleh wisudawan lainnya. Dekan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan orangtua wisudawan serta berpesan agar para wisudawan dapat mengamalkan ilmu yang dipelajari diperkuliahan selama ini.

edangkan pemberian penghargaan bagi Lulusan Terbaik diberikan  langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian kepada Ifah Aini dari Prodi Agribisnis dengan IPK 3,75 predikat lulus Dengan Pujian dan Dwi Wahyuni dari Prodi Agroekoteknologi dengan IPK 3,61 predikat lulus Sangat memuaskan.

 

LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan