Berita (97)

04 April 2017

Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi mahasiswa/alumni tenaga pendamping dalam Program Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada Pangan dan Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB) ini bertujuan untuk menyampaikan rangkaian program yang telah disusun sedemikian rupa oleh Kementerian Pertanian agar dapat didampingi dan disukseskan oleh semua pihak yang terkait.  Dengan pembekalan yang diberikan diharapkan semua mahasiswa/alumni yang terlibat dalam kegiatan ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan terarah. Dan mahasiswa/alumni sebagai tenaga pendamping dapat memahami tugas dan fungsinya dalam program UPSUS swasembada pangan dan SIWAB tahun 2017 di Sumatera Barat, laporan singkat yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015, dan pada tahun 2016 diikuti oleh 8 orang dosen pendamping serta 78 orang mahasiswa/alumni. Pada tahun 2017 juga diikuti oleh 8 orang dosen pendamping dengan 88 orang mahasiswa/alumni yang tersebar di 8 Kabupaten.

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan langkah awal untuk memulai proses membangun reputasi atau jenjang karier dalam bekerja. Mahasiswa yang ikut pada program ini adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan 6 semester  yang seharusnya mempunyai peluang kesempatan untuk belajar mengaplikasikan ilmunya, imbuh Munzir Buzniah bahwa adanya perpindahan dari dunia pendidikan ke dunia kerja.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor IV Dr.Ir. Endri Martius, MSc yang dihadiri oleh Dosen pendamping untuk 8 Kabupaten di Sumatera Barat menyampaikan bahwa kelangkaan pangan merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri, ini dapat dilihat dari kejatuhan suatu negara. Pesan WR IV kepada mahasiswa/alumni jangan perlakukan petani/orang desa sebagai objek tapi perlakukan sebagai patner kerja.

Akhirkata WR IV mengucapkan atas nama Universitas selamat kepada Fakultas Pertanian yang telah sukses menjalankan program Pemerintah pada tahun 2015 dan 2016 dan diharapkan dengan tambahan program SIWAB pada tahun 2017 akan memberikan nilai tambah bagi program yang akan dijalankan ini.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

30 Maret 2017

Kembali aksi mahasiswa kampus III Unand Kabupaten Dharmasraya mendapatkan pujian dari masyarakat. Pasalnya, mereka kembali menolong orang yang sedang membutuhkan darah. Ini merupakan suatu kegiatan positif yang dilakukan para generasi muda, calon pemimpin bangsa.

Sebelumnya, Rahmad Hidayat BP 16 menyumbang darahnya kepada salah seorang pasien RSUD Sungai Dareh yang menderita gagal ginjal. Kali ini, Cardova Van Islami BP 16 menyumbang darahnya untuk pasien sakit kanker serviks level 4. “Alhamdulillah anak-anak kampus III Unand memberikan pertolongan kepada tante saya. Semoga darah yang disumbangkan dapat menolong tante saya yang saat ini terbaring lemah di rumah sakit,” ungkap Suci.

Aksi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa kampus III Unand ini sungguh perbuatan yang sangat terpuji. Semoga mahasiswa mahasiswa lainnya dapat mengikuti jejak-jejak mahasiswa Unand ini. “Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, kami mahasiswa kampus III Unand siap membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan,” jelas Cardova yang dimainkan oleh Ferry, Arby dan Rahmat. (Beda Ekspres).

 

                                                  Subag Akademik & Kemahasiswaan

23 Maret 2017

Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi, Dekan Fakultas Pertanian membuka acara Sosialisasi Perfectural University of Hiroshima (PUH) Jepang sekaligus menindaklanjuti kerjasama antara PUH Jepang dengan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Sosialisasi yang diadakan pada hari Rabu 22 Maret 2017 di Ruang Sidang Senat Fakultas Pertanian, menghadirkan tamu dari PUH Jepang Prof. Tsutomu Morinaga (Director of International of Hiroshima), Prof. Hiroyuki Harada dan Mr. Koyanagi (Officer of International Center).

Hadir pada acara seminar ini pimpinan dan staf pengajar dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian, mahasiswa S1 prodi Agroteknologi dan Ilmu Tanah serta Pascasarjana. Pembahasan antar kedua institusi berlanjut pada kerjasama dalam bidang exchange student, reset dosen dan mahasiswa serta International Summer School in Perfectural University of Hiroshima.

 

                                                     LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

21 Maret 2017

Senin tanggal 20 Maret 2017 di Ruang Sidang Dosen dan Ruang Sidang Dekanat Fakultas Pertanian diselenggarakan seleksi tahap 2 rekruitmen mahasiswa/alumni Universitas Andalas. Seleksi administrasi (tahap 1) yang telah dilakukan menghasilkan 295 orang mahasiswa/alumni dapat mengikuti ujian wawancara.

Peserta merupakan mahasiswa/alumni dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, serta Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Sumatera Barat dan ada juga yang berasal dari PTN/PTS di luar wilayah Sumatera Barat. Jumlah peserta yang hadir mengikuti seleksi wawancara berjumlah 214 orang.

Hasil seleksi tahap 2 ini akan segera diumumkan karena banyaknya rangkaian kegiatan yang harus dijalankan. Mahasiswa/Alumni yang terpilih mengikuti program UPSUS Swasembada Pangan dan SIWAB akan mengikuti BIMTEK dan akan terjun ke 8 Kabupaten di Sumatera Barat.

 

 LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan