Berita (75)

19 Desember 2016

Vidio Wisudawan dan Wisudawati Fakultas Pertanian yang wisuda pada tanggal 28 November 2016

07 Desember 2016

Rapat Senat Fakultas Pertanian dalam rangka pemilihan Dekan Faperta periode 2017-2021 telah dilangsungkan pada tanggal 7 Desember 2016. Dari tiga orang Calon Dekan hasil pemilihan oleh Dewan Dosen Faperta (lihat berita sebelumnya) maka suara terbanyak diperoleh oleh Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. Dengan demikian, Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. yang merupakan alumni Faperta angkatan 1983 ini insya Allah akan memimpin Fakultas Pertanian Universitas Andalas untuk periode 2017-2021. Kita berharap dalam di bawah kepemimpinan beliau Fakultas Pertanian akan lebih maju lagi dan semakin berprestasi.

06 Desember 2016

Proses pemilihan Calon Dekan Faperta telah memasuki tahap pemilihan oleh Dewan Dosen Faperta yang diadakan di ruang sidang dosen Faperta pada hari Selasa, 6 Desember 2016. Lima orang Bakal Calon Dekan yang maju dalam pemilihan di tingkat Dewan Dosen (berdasarkan nomor urut) adalah: 

1. Dr.Ir.H. Aprisal, MP.
2. Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP.
3. Prof.Dr.Ir. Melinda Noer, MSc.
4. Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi.
5. Dr.rer.nat.Ir. Syafrimen Yasin, MSc.

Pemberian suara oleh Dewan Dosen dilakukan setelah mendengarkan penyampaian visi dan misi masing-masing Bakal Calon Dekan. Pemilihan diikuti oleh 111 orang Dosen Faperta. Pemilihan di tingkat Dewan Dosen ini sendiri adalah untuk memilih tiga besar yang akan dipilih lagi oleh Senat Fakultas Pertanian tanggal 7 Desember 2016.

Hasil penghitungan suara yang dilakukan mulai pukul 13:00 WIB memberikan hasil sebagai berikut (diurut berdasarkan suara terbanyak):

1. Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi.
2. Prof.Dr.Ir. Melinda Noer, MSc.
3. Dr.Ir.H. Aprisal, MP.
4. Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP.
5. Dr.rer.nat.Ir. Syafrimen Yasin, MSc.

Dengan demikian hasil pemilihan dengan nomor urut 1, 2 dan 3 adalah Calon Dekan Faperta periode 2017-2021 yang berhak untuk mengikuti pemilihan final di tingkat Senat Fakultas.

29 November 2016

Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Sabtu 26 November 2016 kembali melaksanakan Pelepasan Wisuda IV Tahun 2016. Pelepasan mahasiswa Program Magister dan Sarjana di ruang terbuka Lapangan Parkir sebanyak 139 orang yang terdiri dari Program Magister 10, 4 orang diantaranya Laki-laki dan 6 orang Perempuan. Sedangkan Sarjana sejumlah 129 yang terdiri dari 56 orang Laki-laki dan 73 orang Perempuan.

Sambutan Dekan Fakultas Pertanian diawali dengan renungan ungkapan perasaan wisudawan kepada orang tua atas pengorbanan dalam membesarkan mereka,  ungkapan rasa ini disampaikan oleh wisudawati Puja Triandini, SP yang diamini oleh wisudawan lainnya. Dekan dalam sambutannya mengucapkan selamat dan berpesan agar para wisudawan dapat mengamalkan ilmu dalam profesinya masing-masing.  Prof.Ir. Ardi, MSc juga menyampaikan bahwa ini adalah pelaksanaan Wisuda yang terakhir beliau, selaku Dekan Fakultas Pertanian.

Gubernur BEM Fakultas Pertanian menyampaikan ucapan selamat serta terima kasih kepada para wisudawan khususnya bintang aktifis kampus atas partisipasinya dalam pengelolaan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Pertanian. Ucapan yang sama juga disampaikan perwakilan orang tua wisudawan kepada Pimpinan, Dosen serta Tenaga Kependidikan Fakultas atas didikan serta layanan yang diberikan selama studi di Fakultas Peranian Universitas Andalas.

Lulusan terbaik menerima penghargaan dari Dekan Fakultas Pertanian yang diberikan kepada Raudhatu Shofiah, SP dari Program Pascasarjana dengan IPK 3,81 predikat lulus Sangat Memuaskan dan Lola Maela dari Prodi Agribisnis dengan IPK 3,57 predikat lulus Dengan Pujian sedangkan Giovani Naura Anggasta dari Prodi Agroekoteknologi dengan IPK 3,51 predikat lulus Sangat memuaskan.

Program Pascasarjana pada Wisuda IV melepas 10 orang Wisudawan yang terdiri dari S2 Ilmu Ekonomi Pertanian 5 orang, S2 Hama dan Penyakit Tumbuhan 1 orang, S2 Agronomi melepas 3 orang sedangkan S2 Ilmu Tanah 1 orang.

Sarjana S1 untuk Program Studi Ilmu Tanah  Jurusan Tanah melepas 2 orang sarjana, 1 Laki-laki dan 1 orang Perempuan.

Untuk Program Studi S1 Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian melepas 78 orang dengan 37 wisudawan Laki-laki dan 41 orang wisudawati

 Program Studi S1 Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi melapas 40 orang dengan 15 orang Laki-laki dan 25 orang Perempuan.

Dan Kampus III Fakultas Pertanian di Dharmasraya Program Studi S1 Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Perkebunan melepas 9 orang dengan 3 orang Laki-laki dan 6 orang Perempuan.

 

                                                LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan