Berita (133)

14 November 2017

Sebanyak 511 tim yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari seluruh Indonesia ikut mendaftar pada ajang 3rd UTU (Universitas Teuku Umar) AWARDS dan 272 Tim diantaranya yang memenuhi persyaratan untuk dinilai oleh dewan juri yang berasal dari Perguruan Tinggi Top di Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, UB, UNAND, UMY, UNSYIAH, UNIB, IPB, UTU, BPPT dan KEMRISTEKDIKTI.

Dari sekian banyak tim yang dinilai, hanya 5 tim yang akan dipilih sebagai 5 nominator terbaik pada setiap kategori perlombaan. Salah satu tim terpilih tersebut berasal dari Universitas Andalas. Mereka adalah Sarman, Ubpa Aprilia Fahlefi, dan Yulita Rachim yang berasal dari Jurusan Agroteknologi angkatan 2016. Mereka terpilih sebagai 5 Nominator terbaik pada Kompetisi Produk Inovatif Berbasis Pertanian dan Perikanan. Untuk kategori ini sendiri yang masuk 5 nominasi terbaik adalah dari  Institut Pertanian Bogor, Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Brawijaya.

Kegiatan 3rd UTU Awards berlangsung dari tanggal 9 - 11 November 2017 di Universitas Teuku Umar,  Meulaboh, Aceh Barat. Kegiatan ini meliputi technical meeting, persentasi materi kompetisi di hadapan dewan juri, pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah yang dilaksanakan pada Malam Anugerah UTU Awards. Pada acara malam Anugerah UTU Awards tersebut Tim Juri mengumumkan peringkat dan penyerakan Piagam, Sertifikat dan uang tunai kepada masing-masing pemenang sebagai Juara Satu Universitas Brawijaya (UB), Juara Dua Univeristas Andalas (Unand), Juara Tiga Institut Teknologi Bandung (ITB), Juara Keempat Universitas Gajah Mada (UGM) dan Juara Kelima Institut Pertanian Bogor (IPB).

 

Sarman  - Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 November 2017

Sebanyak 34 orang mahasiswa Kampus III Unand Dharmasraya dilantik sebagai pengurus Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) periode 2017-2018.  Pelantikan dilakukan oleh Wakil Dekan III Universitas Andalas,  Adrinal. Bertempat di aula Kampus III Unand Dharmasraya, Jum’at, (10/11).

Ahmad Firas Hakiki didapuk sebagai ketua. Jabatan wakil ketua dipercayakan kepada, Rahmat Ramli. Sedangkan jabatan sekretaris, ditunjuk Febriani, dan Riza Emi ditunjuk sebagai bendahara.

Acara pelantikan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Budi Daya Perkebunan Kampus III Dharmasraya, Yaherwandi dan Pembina Mapala Kampus III Dharmasraya, Siska Efendi. Pelantikan ini sesuai dengan surat keputusan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas nomor. 86/XIII/D/KPT/2017 tentang pembentukan dan pengangkatan pengurus mahasiswa pecinta tahun alam periode 2017-2018 Kampus III Dharmasraya Fakultas Pertanian Unand.

Pelantikan ini ditandai dengan serah terima jabatan dari ketua pengurus lama, Zulfadli kepada pengurus yang baru, Ahmad Firas Hakiki.

Ketua pengurus yang lama berpesan kepada pengurus yg baru, agar selalu bersemangat dan mengaktifkan kegiatan mapala. “Selama kepemimpinan kami mungkin belum banyak kegiatan yang terlaksana. Kami berharap dengan adanya kepengurusan yang baru ini dapat lebih aktif dan  bisa lebih berbuat untuk kemajuan organisasi kampus kita ini. Walaupun kita baru berumur dua tahun, saya percaya dengan kebersamaan kita pasti bisa. Mari kita saling bekerja sama, kita kembangkan Mapala Kampus III Unand ini,” ungkap Zulfadli.

Dalam sambutannya Wakil Dekan III, Adrinal berharap yang tergabung dalam organisasi Mapala agroUDhA ini, dapat berkarya dan bekerja dengan baik. Kekurangan yang ada di periode lalu harus diperbaiki. Apa yang baik yang telah dilaksanakan agar tetap dilanjutkan. Karena ini adalah organisasi mahasiswa pencinta alam, maka bekerjalah sesuai dengan SOP. Lakukanlah pendekatan dan bekerja sama dengan organisasi pecinta alam yang lain.

“Saya optimis dengan kepengurusan yang ada, akan bisa berkembang dengan cepat, dan bisa menyamai dengan organisasi pecinta alam yang lain. Karna kita punya potensi untuk itu. Jadilah pecinta alam dalam arti luas, tidak hanya mencintai alam. Namun juga mencintai kampus anda sendiri, dengan mencintai keasrian kampus. Ciptakanlah keindahan dan keasrian di kampus anda. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang telah berkontribusi dalam mengembangkan organisasi kampus kita ini,” pungkas Adrinal. (tvy) (Beda Ekspres).

 

Subag Akademik & Kemahasiswaan

02 November 2017

Kamis 2 November 2017, Kuliah Kerja Praktek/Magang dengan kode PAF 411 yang telah disahkan oleh Rektor Universitas Andalas sebagai mata kuliah wajib yang diperuntukkan mulai angkatan 2016, akan diuji coba bagi angkatan 2015. Mata kuliah Kerja Praktek (KP) untuk angkatan 2015 merupakan mata kuliah pilihan. Pelaksanaan akan dimulai pada pertengahan Desember 2017 sampai awal Februari 2018, ujar Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi pada pembukaan kegiatan Sosialisasi dihadapan Staf Pengajar Fakultas Pertanian. 

Dekan mengatakan bahwa KP/Magang yang berbobot 2 SKS telah dilalui beberapa tahapan yaitu pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) pada Senin 25 September 2017, dan sosialisasi bagi Mahasiswa pada Kamis 19 Oktober 2017 lalu. Sosialisasi ini perlu dilaksanakan untuk menyamakan persepsi serta untuk menyempurnakan Buku Panduan KP/Magang yang telah dibuat. 

Wakil Dekan I Dr.Ir. Irawati, M.Rur.Sc menjelaskan bahwa tujuan KP/Magang adalah untuk menambah keterampilan, bekal terjun dilapangan serta menambah jejaring bagi mahasiswa. Manfaat bagi Fakultas adalah kerjasama dengan Mitra/Perusahaan/Instansi, sedangkan bagi mahasiswa manfaat yang sangat luar biasa adalah kesiapan mahasiswa setelah menjadi alumni tidak gamang lagi masuk dunia kerja.

Lebih lanjut Wakil Dekan I menyampaikan bahwa pelaksanaan tahun ini diperuntukkan bagi angkatan 2015 dengan jangka waktu 2 bulan atau 6 minggu dengan durasi 200 jam. Pendaftaran dilaksanakan tahun ini di Dekanat dengan telah memenuhi syarat 70 SKS. 

Harapan kita seperti PT Incasi Raya, PT TKA PAT-PKP Balitbu Solok, Balitpa Sukamandi, PT Trimurti Niaga Mandiri (Trinima Grup – Produsen Pupuk NPK Hijau Tropis, Pariaman), Balitsa Lembang, LAPAN, dll dapat menjadi mitra kita, ujar Irawati.

Respon dari staf pengajar dengan pertanyaan berupa saran dan masukkan sangat menunjukkan harapan bahwa mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian kembali dapat meraih yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat serta siap pakai dan bersaing di dunia usaha.

  

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

27 Oktober 2017

Pembukaan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD) 2017 diikuti oleh lebih dari 350 orang. LKMM TD ini merupakan program kerja wajib BEM KM Faperta Unand setiap tahun. Peminat Latihan Kepemimpinan ini meningkat dari tahun lalu sehingga diadakan pemberian materi di 2 lokasi yaitu bertempat di Ruang Seminar Gedung F dan Gedung I.

Secara resmi pembukaan kali ini dilakukan oleh Dekan Fakultas Pertanian, DR.Ir. Munzir Busniah, MSi. Pembukaan berjalan sangat mewah dan menggelora, dimana konsepan kali ini berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Penampilan Kandidat Find Your Work in Campus (FYWC) 2017 juga menjadi pembuktian bahwa FYWC 2017 selain memiliki nilai-nilai kepemimpinan dalam diri juga memiliki jiwa seni.

LKMM TD Fakultas Pertanian menerik perhatian beberapa Fakultas Lain, bahkan Universitas Lain. Selain peserta LKMM berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas baik Kampus Limau Manis bahkan dari Kampus III Dharmasraya, selain itu ada juga dari Fakultas Teknik dan Politeknik Negeri Padang.

Muhammad Fajri Al Dhuha selaku Ketua Panitia memaparkan output yang diharapkan dari panitia untuk peserta LKMM ini ialah pembentukan pemimpin yang tidak hanya berani berbicara di belakang layar dan berteorika tetapi juga memiliki tekad untuk mengaplikasikannya, hal tertuang pada tema LKMM TD kali ini yaitu “Berani untuk Memimpin, Berani untuk Beraksi”

Alhamdulillah di Kepemimpinan saudara Ananda Syahputra, pembentukan kader-kader pemimpin di Fakultas Pertanian giat dilakukan. Pada pelatihan kali ini diharapkan usai mengikuti kegiatan ini mahasiswa dapat memiliki jiwa kepemimpinan dan manajemen mahasiswa, dan dapat menerapkan kepemimpinan yang dimulai dari diri sendiri serta dapat memanajemen waktu, finansial dan konflik.

 

 

BEM KM FAPERTA – SUBAG AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN