Berita (97)

20 Maret 2017

Diwarnai dengan suasana keakraban acara pisah sambut Wakil Dekan di lingkungan Fakultas Pertanian menjadi terasa lebih hangat. Pergantian ini satu bulan setelah Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi Dekan Fakultas Pertanian periode 2017-2020 dilantik.

Mengawali acara ini Dekan mengucapkan terima kasih atas kinerja dan sumbangsih yang telah Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MP dan Dr.Ir. Yaherwandi, MSi serta Dr. Agustian dalam mengembangkan Fakultas Pertanian. Tak lupa Dekan mengharapkan dukungan dan masukan yang membangun untuk keberlanjutan Fakultas pertanian kedepan.

Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP menyampaikan persoalan yang dihadapi untuk memajukan Fakultas Pertanian kedepan sangat banyak dan penuh tantangan. Beberapa pekerjaan yang masih dalam proses pengerjaan kurikulum, renstra dan yang telah selesai proses akreditasi beberapa program studi.

Pada kesempatan yang sama Dr. Agustian selaku Wakil Dekan III menyampaikan evaluasi masih kurangnya prestasi non akademik yang mengangangkat nama Fakultas Pertanian. Mungkin kedepan sn ucapan terima kasetiap kegiatan mahasiswa dapat terkoordinir dengan baik agar kualitas dapat ditingkatkan.

Permohonan maaf dan ucapan terima kasih disampaikan kepada tenaga kependidikan yang telah melaksanakan tugas bersama-sama dengan baik.

 

                                                             Subag Akademik & Kemahasiswaan

20 Maret 2017

Selain mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Pembangunan Pulau Punjung, Forum Studi Dinamika Islam (Forstudi) Kampus III Unand menggelar kegiatan Forstudi peduli umat. Dengan kegiatan temu ramah dengan masyarakat kurang mampu, di daerah Pulau Punjung dan Sungai Dareh. Salah seorang penerima bantuan, Gusrianti memiliki tanggungan lima orang anak. Suaminya bekerja di kebun karet milik orang lain, karena kesulitan ekonomi. Ia tidak mampu untuk membayar uang sekolah sebagai persyaratan mengikuti ujian sekolah.

Kegiatan ini digelar, Sabtu (18/02) yang diikuti oleh seluruh pengurus Forstudi Kampus III Unand, diantaranya Ketua Forstudi, Guswandi Alfitra, Dewan Penasehat Pengurus (DPP) Forstudi, Abdul Hakim, Koordinator kaderisasi, Hasri Gusman, Koordinator Kisyi, Retno Irawan, Koordinator Humas, Muhammad Rohim, Koordinator Keputrian, Rahmi Setiawati, dan seluruh anggota lainnya. Bentuk kegiatan temu ramah dengan masyarakat kurang mampu dalam bentuk pemberian sembako berupa beras, gula, minyak goreng, susu, telor dan mie instan. “Ini merupakan wujud pengabdian kami kepada masyarakat yang kurang mampu. Yakni memberikan sembako untuk keperluan sehari-hari,” ungkap Muhammad Rohim.

Forstudi berharap bantuan yang diberikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang menerima bantuan tersebut. Walaupun harganya tidak seberapa, namun itu adalah sebuah bentuk kepedulian mahasiswa Forstudi Kampus III Unand kepada masyarakat yang kurang mampu disekitar kampus.

Salah seorang penerima bantuan, Gusrianti mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diberikan bantuan sembako dari mahasiswa. “Saya mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah memberikan bantuan ini, semoga bantuan ini sangat berguna bagi keluarga kami. Dan saya doakan semoga kalian semua sukses dalam kuliah dan karir besok,” pungkas Gusrianti. (Beda Ekspres)

 

                                                    Subag Akademik & Kemahasiswaan

17 Maret 2017

Suatu kebanggaan tersendiri bagi redaksi Berita Dharmasraya Ekspres (Beda) Online, Media Online Pertama di Kabupaten Dharmasraya bertemu muka secara langsung dengan mahasiswa kampus III Unand. Acara temu ramah ini digelar usai acara wirid yasinan yang digelar oleh mahasiswa Kampus III Unand tergabung dalam perkumpulan mahasiswa Sumatera Utara, BP 13, BP 14, BP 15 dan BP 16. Acara temu ramah ini digelar di salah satu jajaran pimpinan perusahaan Beda, Maya Dwi Effendi, SS yang kebetulan telah menganggap adik adik mahasiswa Unand yang tinggal disebelah rumahnya sebagai adiknya sendiri. Acara temu ramah ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2017.

Dalam temu ramah tersebut dihadiri juga oleh Direktur Beda, Muhammad Samin, SS, Pimpred Beda, Mardiah, Anggota Polres Dharmasraya, Donal Ratmin, Bagian Adm Kampus III Unand, Al Arif dan seluruh anggota pengajian wirid yasinan.

Menurut Samin, kegiatan ini sangatlah positif dilakukan oleh mahasiswa. Selain untuk meningkatkan hubungan kekeluargaan, juga sebagai alat untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. “Saya sangat mendukung sekali kegiatan adik-adik seperti ini. Sangat jarang sekali, bahkan banyak yang enggan untuk mengikuti kegiatan pengajian ini. Pesan saya, teruslah menggelar kegiatan positif ini sampai kalian tamat. Jangan sampai berhenti di tengah jalan,” ungkap Samin.

Samin juga mengungkapkan bahwa Beda siap untuk membantu mahasiswa Kampus III Unand untuk mempublikasikan segala bentuk kegiatannya, baik itu kegiatan kampus ataupun kegiatan di luar kampus. Sebab, Beda memiliki halaman pendidikan yang bisa digarap oleh adik adik mahasiswa. “Saya sangat senang jika adik adik dapat memakai fasilitas media kami ini untuk mempublikasikannya kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya, bahkan masyarakat di luar Kabupaten Dharmasraya. Dengan adanya berita-berita yang ada di Beda, maka mereka semua akan tau bahwa kalian memang ada. Bahwa kalian memang telah berbuat untuk kampus ataupun untuk lingkungan sekitar. Apapun kegiatan kalian, kami siap untuk membantu mempublikasikannya,” ungkap Samin yang diaminkan oleh Maya.

Bahkan, Beda siap untuk membantu mahasiswa untuk lebih mengenal dunia jurnalistik. Memberikan pelatihan pelatihan tentang jurnalistik, menulis berita dengan baik. “Kami siap untuk membantu adik adik untuk belajar lebih dalam lagi tentang dunia jurnalistik. Silakan kalian berikan waktu luang dan buat jadwal dengan pihak kampus, untuk mengadakan pelatihan jurnalistik,” jelas mahasiswa pasca sarjana Universitas Andalas. Seperti gayung disambut, Bupati BEM Kampus III Unand, Romazan Sitorus dan Ketua Wirid Yasinan, Fakhrudin Salim Lubis, Arby, Yaser mengungkapkan rasa senangnya. Karena pihak Beda mau memberikan pelatihan jurnalistik kepada mahasiswa Kampus III Unand. “Kami sangat senang sekali jika abang dan kakak dari Beda mau memberikan kami pelatihan jurnalistik. Secepatnya akan kami beritahukan kepada pihak kampus untuk mengadakan pelatihan ini,” pungkasnya. (Beda Ekspres)

 

                                                     Subag Akademik & Kemahasiswaan

17 Maret 2017

Presiden RI telah menetapkan bahwa dalam waktu 2015-2017 Indonesia harus Swasembada Pangan terutama Beras. Untuk mewujudkannya dijalankan program khusus dibawah Kementerian Pertanian, dengan dasar hukum Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian tentang petunjuk pelaksanaan pendampingan mahasiswa/alumni di sentra produksi pangan.

Universitas Andalas khususnya Fakultas Pertanian bersama dengan Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) serta Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan telah melaksanakan kegiatan ini sejak tahun 2015. Untuk tahun 2017 program ini bertambah dengan dimasukkannya program Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB).

Tujuan dari pelaksanaan acara TOT bagi dosen pembimbing mahasiswa/alumni dalam Program UPSUS Swasembada Pangan dan SIWAB adalah untuk menyampaikan rangkaian program yang telah disusun oleh Kementerian Pertanian agar dapat didampingi dan disukseskan oleh semua pihak, ujar Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP selaku Ketua Pelaksana. Dosen pendamping yang ikut serta pada kegiatan ini berjumlah 8 orang untuk mendampingi mahasiswa/alumni pada 8 Kabupaten di Sumatera Barat.

Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Dekan mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses yang akan menjadi tolak ukur bagi dosen dan mahasiswa serta alumni untuk proses jangka panjang. Narasumber dan fasilitator yang diundang untuk memberikan TOT ini dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Propinsi Sumatera Barat, Korem 032/Wirabraja, Penanggungjawab UPSUS Wilayah Sumbar, Ketua STPP Medan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar dan dari Dinas Peternakan Sumatera Barat. 

 

                                                    LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan