Berita (97)

16 Maret 2017

Patut diancungin jempol untuk para generasi muda yang masih duduk di bangku kuliah ini. Mereka yang masih memakai almamater Unand membuat suatu kegiatan positif yang berbau keagamaan. Yakni membuat kegiatan wirid yasinan setiap minggunya, yang jatuh pada hari Rabu dengan lokasi tempat yang berbeda-beda. Mereka adalah mahasiswa Kampus III Unand yang tergabung dalam himpunan mahasiswa Sumatera Utara, dari BP 13, BP 14, BP 15 dan BP 16 membuat kegiatan positif tersebut agar hubungan mereka tetap terjalin dengan erat.

“Kami sengaja membuat pengajian wirid yasinan ini, bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi antara mahasiswa yang berasal dari Sumatera Utara, agar dapat lebih erat lagi. Terlebih lagi, kami jauh dari keluarga kami di kampung. Dengan adanya kegiatan ini, kami bisa merasakan nasib seperjuangan dengan kawan-kawan yang berasal dari Sumatera Utara,” ungkap Arby yang kebetulan pada minggu ini menggelar pengajian di rumahnya, di Pinang Balirik belakang kantor Bupati Dharmasraya (14/03).

Menurut Ketua pengajian, Fakhrudin Salim Lubis kegiatan pengajian ini baru beranggotakan lebih kurang 15 orang. Memang semuanya berasal dari Sumatera Utara. Namun, tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang berasal dari daerah manapun dapat tergabung dalam pengajian wirid yasinan ini. Karena pengajian ini terbuka untuk siapa saja yang mau mengikutinya. “Kami menerima siapa saja yang mau ikut dalam pengajian kami. Malahan kami sangat senang dapat mengaji bersama dengan kawan-kawan. Karena pengajian ini, bukan hanya untuk menjalin erat hubungan kekeluargaan. Akan tetapi bertujuan untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan dapat menjadi manusia yang berakhlaq baik. Sehingga kami tidak mencemarkan nama baik keluarga, almamater dan masyarakat di lingkungan kami tinggal,” ungkap Fakhrudin yang diaminkan Bupati BEM Kampus III Unand, Romazan Sitorus. (Beda Ekspres)

 

                                                          Subag Akademik & Kemahasiswaan

15 Maret 2017

DHARMASRAYA – Kunjungan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang ke kampus III Dharmasraya, Kamis (09/03) lalu sangat berkesan bagi mahasiswa kampus III Unand Dharmasraya. Pertemuan yang digelar di aula kampus dan penuh keakraban tersebut disambut hangat oleh mahasiswa.

Betapa tidak, kehadiran orang nomor satu di Fakultas Pertanian tersebut sangatlah didambakan dan diharapkan oleh semua mahasiswa.

Kehadiran Dr.Ir. Munzir Busniah, M. Si, Dekan yang baru dilantik dua minggu yang lalu bersama Wakil Dekan II, Dr. Ir. Yaherwandi, M. Si, Wakil Dekan III terpilih, Dr. Ir. Adrinal, MS, dan Kabag Tata Usaha, Drs. M. Boni, MM bagaikan air di padang pasir yang tandus yang dapat menghilangkan dahaga.

Selain untuk bersilaturrahmi dengan para mahasiswa sebagai dekan yang baru, kunjungan Dr. Ir. Munzir Busniah, M. Si itu sekaligus untuk memberikan motivasi dan mendengarkan aspirasi dari mahasiswa. “Alhamdulillah kita bisa berkumpul bersama di kampus tercinta kita ini,” ungkap Dekan dihadapan seluruh mahasiswa Kampus III Unand. Kata Dekan kepada mahasiswa, bahwa kesuksesan yang diraih tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk meraih kesuksesan di masa depan. “Tidak ada sukses itu tanpa kerja keras, kalau anda mau kerja keras hari ini. Pasti kesuksesan akan anda raih. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Jangan anggap diri anda kecil, jangan pesimis. Yakinkan diri anda kalau anda bisa meraih kesuksesan di masa depan,” pesannya.

Diskusi antara dekan dengan mahasiswa berjalan dengan penuh kekeluargaan ini dipandu langsung oleh Ketua Jurusan, Prof.Dr.Ir. Reni Mayerni, MP. Segala keluhan, kritikan dan masukan dari mahasiswa diterima oleh Dekan.

Untuk kegiatan kemahasiswaan kata Dekan, mahasiswa harus punya kreatifitas. Sehingga organisasi yang ada di Kampus III Unand ini dapat berkembang, menjadi wadah positif untuk seluruh mahasiswa. Dan dapat berguna untuk kampus, mahasiswa dan masyarakat sekitar. “Tunjukkanlah kepada masyarakat di Kabupaten Dharmasraya ini bahwa memiliki kemampuan dan kreativitas untuk mengembangkan seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di kampus ini,” pungkasnya. (Beda Ekspres)

 

                                                      Subag Akademik & Kemahasiswaan

14 Maret 2017

DHARMASRAYA – Suatu perilaku yang patut dicontoh oleh para generasi muda bangsa Indonesia, terutama para mahasiswa yang sedang berkuliah di Kampus III Unand khususnya dan seluruh mahasiswa lainnya yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Pasalnya, mahasiswa kampus III Unand melakukan donor darah di RSUD Sungai Dareh. Mereka membantu salah seorang pasien di RSUD Sungai Dareh, yang menderita sakit gagal ginjal. Dan membutuhkan empat kantong darah golongan B. Untuk cuci darah dan transfusi darah.

Kepedulian mereka terhadap sesama, patut diancungi jempol. Hanya dihubungi via telepon ke salah seorang mahasiswa Unand, yang bernama Arby oleh salah seorang sahabat dari keluarga pasien. Tanpa pikir panjang, mereka mengkoordinir kawan kawan mahasiswa lainnya untuk turut serta membantu pasien tersebut. Dan Alhamdulillah, ada sekitar 20 orang mahasiswa kampus III Unand datang ke PMI RSUD Sungai Dareh. “Insya Allah kami membantu secara ikhlas. Mudah-mudahan darah kami bisa membantu ibu yang saat ini terbaring lemah di rumah sakit,” ungkap Arby dan Ferry.

Walaupun hanya satu orang yang bisa mendonorkan darahnya, tapi kepedulian mereka sangat tinggi. Mereka hanya memiliki niat untuk membantu dan menolong sesama, terlebih lagi yang membutuhkan seperti saat ini. “Alhamdulillah walaupun hanya Rahmat Hidayat, BP 16 yang bisa mendonorkan satu kantong darah kepada ibu tersebut. Kami sudah merasa sedikit lega, dan senang karena bisa membantu walaupun cuma satu kantong. Padahal, ada beberapa orang yang memiliki darah B, namun karena alasan kurangnya berat badan jadi mereka tidak bisa mendonorkan darahnya,” ungkap Arby lagi.

Sementara menurut keluarga pasien, Ririn mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan dari mahasiswa kampus III Unand. Kepedulian mereka terhadap sesama sangatlah besar. “Saya ucapkan terima kasih kepada adik adik yang telah membantu ibu saya. Ini merupakan kegiatan positif dari para calon generasi penerus bangsa,” pungkas Ririn. (Beda Ekspres)

 

                                                             Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 Maret 2017

DHARMASRAYA – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang baru saja dilantik, Dr. Ir. Munzir Busniah, M. Si dan rombongan melakukan kunjungan sillaturrahmi ke Pemkab Dharmasraya, Kamis (09/03). Kunjungan ini disambut hangat oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Plt Sekda, Leli Arni, S. Pd, M. Si di ruangan kerja Bupati.

Dalam kunjungan tersebut, Dekan Fakultas Pertanian Unand tersebut membawa beberapa orang rombongan, di antaranya Wakil Dekan II, Dr. Ir. Yaherwandi, M. Si, Wakil Dekan III terpilih, Dr. Ir. Adrinal, MS, Kabag Tata Usaha Fakultas Pertanian, Drs. M. Boni, MM, Ketua Jurusan Budidaya Perkebunan Kampus III Unand Dharmasraya, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP, dan dosen Kampus III, Siska Efendi, SP, MP.

“Ini adalah kunjungan pertama kami ke Dharmasraya, semenjak dilantik dua minggu yang lalu. Sekaligus kami ingin berkenalan dan bersillaturrahmi dengan Bapak Bupati termuda se Indonesia,” ujar Munzir Busniah.

Dekan yang baru ini berharap dengan adanya pergantian kepemimpinan yang baru Fakultas Pertanian dapat meningkatkan hubungan sillaturrahmi dan kerjasama antara pemkab Dharmasraya dengan Kampus III Unand Dharmasraya khususnya dan Universitas Andalas pada umumnya.

“Dengan adanya kepempinan yang baru di Fakultas Pertanian ini, kami berharap dapat meningkatkan dan melanjutkan hubungan serta kerjasama kita yang selama ini sudah terjalin. Sehingga keberadaan kampus III Unand Dharmasraya ini dapat menjadi salah satu yang memberi warna dalam dunia pendidikan di bumi ranah cati nan tigo ini. Untuk itu kami berharap selalu dukungan dan suport dari pemkab Dharmasraya untuk kampus III Unand ini,” kata Munzir.

Harapan dari Dekan Fakultas Pertanian ini mendapat sambutan positif dari Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. ” Pendidikan ini sangatlah penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan pendidikan ini, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, kami sangat mendukung dan mensuport keberadaan kampus III Unand Dharmasraya ini, untuk meningkatkan derajat ilmu pengetahuan generasi muda kita. Kami berharap, ke depan akan dapat melahirkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehingga mereka dapat bersaing dan dibutuhkan di dunia kerja,” tutur Bupati.

Bupati pilihan rakyat ini juga berharap, ke depan Kampus III Unand Dharmasraya dapat mengembangkan sayapnya di Dharmasraya dengan menambah program studi, sehingga makin banyak minat generasi muda untuk menimba ilmu di sana. “Kita berharap nantinya Kampus III Unand Dharmasraya dapat menambah program studi, sehingga mereka tidak perlu lagi jauh-jauh kuliah ke luar Dharmasraya,” ungkap Bupati. (Beda Ekspres)

 

                                                            Subag Akademik & Kemahasiswaan