Berita (97)

07 September 2017

Workshop Penulisan Proposal PKM 2018 yang dilaksanakan di Gedung E Kampus Universitas Andalas, kamis siang 7 September 2017 dibuka oleh Wakil Dekan I Dr.Ir. Irawati, MRur.Sc. Tampak yang hadir sebagai peserta Dosen dan Mahasiswa per angkatan dari lima Prodi pada Fakultas Pertanian. Wakil Dekan I berharap workshop ini sebagai pencerah bagi mahasiswa untuk memulai membuka wawasan berpikir dan berkreasi untuk menciptakan dan memberikan sesuatu yang bernilai bagi kehidupan diri dan lingkungan. Setelah kegiatan ini akan dibuka semacam Klinik Proposal PKM sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkonsultasi dan bimbingan.

Narasumber Prof.Dr. Dahelmi dan Dendi Adi Saputra, MT dengan moderator Prof.Dr.Ir. Yulnafatmawita, MSc memulai sesi pertama dengan bahasan kiat-kiat menyusun proposal PKM. Prof.Dr.Dahelmi menyampaikan kiat-kiat lolos PKM yaitu proposal yang diajukan sebaiknya melibatkan mahasiswa lintas prodi, diikuti harus dua angkatan, banyak halaman hanya sepuluh, tata cara pembuatan harus sesuai aturan, penelitian bersifat aplikatif dan apa yang akan dicapai. Sedangkan Tips PKM menurut Dahelmi adalah PKM bertujuan untuk tugas akhir, adanya motivasi dari mahasiswa dan pembimbing, adanya dukungan dana dari Fakultas dan Universitas serta penelitian yang bersifat aplikatif.

Dendi Adi Saputra, MT mengatakan sebaiknya proposal PKM mengangkat isue-isue tertentu atau kekinian. Untuk Fakultas Pertanian isue yang hangat pada tahun ini masih soal Ketahanan Pangan. Jadi menurut Dendi kiat mencari judul untuk proposal PKM yaitu topik kekinian, lihat peta kekuatan, cari ide kreatif dan pelajari serta pahami PKM 5 bidang. Intinya dalam mencari judul carilah sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya, imbuh Dendi.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

31 Agustus 2017

Silaturrahmi Pimpinan Fakultas Pertanian dengan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi seluruh angkatan diruang sidang dosen lantai 3 Fakultas Pertanian pada Kamis siang 31 Agustus 2017 berlangsung santai. Tujuan acara ini ujar Dekan Fakultas Pertanian untuk mengakrabkan dan mendekatkan agar permasalahan atau kegiatan apa saja yang ada dapat meningkatkan potensi diri sehingga terapresiasi dengan baik.

Sebelumnya Wakil Dekan III, Dr.Ir. Adrinal, MS mengatakan bahwa Fakultas Pertanian sejak tahun 2010 sampai 2017  penerima beasiswa bidikmisi berjumlah + 1000 orang mahasiswa. Tujuan Pemerintah memberikan beasiswa bidikmisi kepada mahasiswa yang standar ekonomi kurang mampu adalah mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik bagus. Namun pada hakekatnya prestasi akademik bagus juga perlu ditunjang dengan prestasi lainnya sehingga target Pemerintah dapat tercapai.

Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Dekan sangat mengharapkan mahasiswa Fakultas Pertanian menjadi orang-orang yang sukses. Bagaimana caranya, beliau menyampaikan menjadi sukses berusaha dalam bidang akademik dan non akademik serta menciptakan prestasi-prestasi dan mengikuti ajang kompetisi seperti PIMNAS dan ikut berpartisipasi dalam pembuatan proposal PKM. Menuangkan ide-ide, menulis serta mempresentasikan, mengasah kemampuan berpikir secara terstruktur dalam setiap karya akan memberikan sesuatu hal positif yang harus dicoba dan dikembangkan, ujar Dekan.

Virgo mahasiswa Prodi Agroteknologi angkatan 2016 menanyakan bahwa keinginan ada tetapi bagaimana cara dan langkah yang harus dilakukan untuk mengikuti Program PKM. Caranya dapat dilihat di laman website Dikti, serta ikuti workshop yang akan diadakan pada tanggal 7 September 2017 dan bergabunglah dengan beberapa angkatan agar terjadi kaderisasi sehingga terbentuk tim yang saling berkontribusi menurunkan ilmu kepada angkatan selanjutnya, ujar Dekan.

 

Subag Akademik & Kemahasiswaan

30 Agustus 2017

Rabu 30 Agustus 2017 perusahaan swasta nasional PT Musim Mas yang sedang berkembang pesat bergerak dalam bidang Perkebunan Kelapa Sawit dan merupakan penghasil Industri Kebutuhan Rumah Tangga seperti Minyak Goreng dan Sabun dll, dengan lokasi perkebunan dan pabrik yang tersebar di Wilayah Sumatera dan Kalimantan, merekruit alumni Universitas Andalas. Seleksi administrasi (tahap 1) yang dilakukan oleh PT Musim Mas meluluskan 28 orang lulusan Universitas Andalas yang terdiri dari 15 orang Fakultas Pertanian dan 13 orang Fakultas Teknologi Pertanian. 

Seleksi tahap 2 berupa ujian tulisan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Dekanat Lantai 2 Fakultas Pertanian. Sebelum ujian dimulai Manajer HRD Bapak Andri Taher memberikan gambaran singkat tentang Musim Mas yang didirikan pada tahun 1932 merupakan sebuah perusahaan swasta berkantor pusat di Singapura, Musim Mas beroperasi secara global di seluruh spectrum bisnis kelapa sawit. Sebagai perusahaan swasta, PT Musim Mas mempekerjakan 37.000 orang dengan kebangsaan dan latar belakang yang beranekaragam. Grup perusahaan beroperasi di 13 Negara. Hasil ujian tahap 2 meluluskan 17 orang untuk diwawancai.

Seleksi tahap 3 berupa ujian wawancara yang diikuti oleh 17 orang  peserta yang dilaksanakan hingga sore. Hasil ujian ini menetapkan yang diterima 10 orang, alumni Fakultas Pertanian 4 orang dan 6 orang alumni Fakultas Teknologi Pertanian. Mereka yang lulus akan diberi pelatihan selama 3 bulan di Kalimantan.

 

 

LN-Subag Akademik & Kemahasiswaan

29 Agustus 2017

Fakultas Pertanian kembali mengadakan rekruitmen bagi para alumnusnya, bekerjasama dengan PT Paragon Technology Innovation (PTI) pada Selasa 29 Agustus 2017 di ruang sidang Dekanat Lantai 2 Faperta. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun PT Paragon sebagai brand kosmetik lokal yang mampu menjadi market leader di Indonesia, yang terus mengembangkan brand unggulan lainnya ujar Nurul Khotimah.

PT Paragon saat ini memiliki + 7500 orang karyawan diseluruh Indonesia dengan jenis produk antara lain Wardah, Make over, Putri, IX, Emina dan lainnya. Pertumbuhan produksi sudah mencapai 60-80 % dengan 1,5 detik satu produk dapat dihasilkan. Dalam kancah internasional brand produk Wardah sudah masuk 12 besar, paparan Nurul dihadapan para peserta rekruitmen.

Rekruitmen yang diadakan oleh PT Paragon untuk menjaring posisi Promotion Officer, bagaimana seseorang dapat membangun relasi, membuat even-even untuk meningkatkan brand. Posisi Customer Development Officer bagaimana mengembangkan suatu produk agar penjualan meningkat serta posisi Human Capital Officer yaitu pengembangan SDM.

Peserta yang diseleksi administrasi berjumlah 55 orang dengan jumlah lulus 33 orang yang dapat ikut pada seleksi Psikotes. Tahapan psikotes terdiri dari 2 tahap yaitu psikotes dan kemampuan dasar. Hasil tahap ini terjaring 10 orang peserta untuk mengikuti wawancara. Hasil akhir akan disampaikan kepada peserta rekruitmen lewat telpon atau email, ujar Nurul.

 

LN-Subag Akademik & Kemahasiswaan