Berita (81)

03 Agustus 2017

Peraturan Akademik dan Orientasi Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi khususnya Universitas Andalas kembali diulang Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Dr.Ir. Irawati, M.Rur,Sc dihadapan mahasiswa baru untuk mengingatkan kembali. Peraturan akademik yang mengacu pada Peraturan Rektor nomor 3 tahun 2016 tentang banyak hal seperti pengambilan cuti atau istirahat hanya boleh 2 semester selama masa perkuliahan dan tidak boleh diambil pada semester satu dan dua, serta evaluasi proses belajar pada semester kedua. Begitupun proses evaluasi drop out akan dilakukan setelah pengambilan empat semester penuh dan evaluasi pada semester keempat belas. Wakil Dekan I juga mengingatkan setiap proses registrasi dan akan mengikuti ujian harus mengisi Buku Catatan Akademik Mahasiswa, yang bertujuan untuk mengetahui kronologis proses pembelajaran.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof.Dr.Ir. Hermansah, MS, MSc hadir dalam rangka monitoring sekaligus juga sebagai Dosen Fakultas Pertanian Prodi Ilmu Tanah. Ia mengatakan kegiatan ini juga untuk mengenalkan organisasi kemahasiswaan ditingkat Universitas maupun Fakultas, mengembangkan minat dan bakat serta kemandirian mahasiswa. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan antar mahasiswa, staf pengajar dan tenaga kependidikan serta alumni dalam mengembangkan mutu akademik termasuk pengembangan jaringan informasi dan komunikasi.

Prof.Dr.Ir. Hermansah, MS, MSc selaku Dosen Fakultas Pertanian menyampaikan bahwa setiap Prodi berkontribusi dan saling ketergantungan satu sama lainnya untuk memajukan pertanian di Indonesia. Untuk itu diharapkan setiap mahasiswa dapat menghayati proses belajar dan berinteraktif sehingga menghasilkan alumni yang siap pakai dalam masyarakat.

Rangkaian kegiatan pada hari pertama diakhiri dengan pemaparan penyelenggaraan dan pengelolaan program studi oleh setiap Prodi serta kegiatan pertemuan antara Dosen sebagai Penasehat Akademik (PA) dengan mahasiswa Baru dalam sesi Quality Time.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

03 Agustus 2017

Sebanyak 457 orang Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Pertanian Universitas Andalas telah melaksanakan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan Dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) Universitas selama 2 hari.  Pada hari ketiga pelaksanaan dilakukan di Fakultas masing-masing. Tahun ini Fakultas Pertanian menambah satu Program Studi baru yaitu Prodi Penyuluhan Pertanian yang berada di bawah Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Mahasiswa Baru angkatan 2017 ini diterima dalam 3 jalur penerimaan SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN dengan jumlah penerimaan pada Prodi Agroteknologi sejumlah 91 orang, Prodi Agribisnis sejumlah 96 orang dan Prodi Ilmu Tanah berjumlah 93 orang sedangkan Prodi Agroekoteknologi berjumlah 52 orang dan Prodi Proteksi Tanaman dengan mahasiswa barunya 94 orang serta Prodi Penyuluhan Pertanian 31 orang.

Penyambutan Mahasiswa Baru diterima langsung Dekan Fakultas Pertanian di Gedung Futsal Universitas Andalas, dengan semarak jargon membuat suasana perkenalan Fakultas menjadi hangat. Dekan, Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi pada awal sambutannya memperkenalkan Pimpinan Fakultas, Jurusan dan Program Studi serta Dosen Fakultas Pertanian. Sejarah lahirnya Fakultas Pertanian hingga sekarang ini diceritakan secara ringkas agar Maba dapat menghayati sisi perjuangan keberadaan Fakultas Pertanian, tujuan serta prospek lulusan yang berdaya saing.

Pada akhir sambutannya Dekan mengharapkan Maba Fakultas Pertanian harus dapat bertanya “mau jadi apa kita ini sebagai mahasiswa” dimulai hari ini harus dapat mengetahui tujuan pilihan agar kelak dapat diterima manfaatnya di dalam masyarakat.

Selamat datang Mahasiswa-Mahasiswi Terbaik Fakultas Pertanian, ditunggu potensimu......

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

29 Mei 2017

 

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA secara resmi melantik 14 pejabat struktural yang meliputi Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Subbagian (Kasubbag) di lingkungan Universitas Andalas di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang pada Senin 29 Mei 2017.

Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 1258,1259/III/R/KPT/2017 tentang Pengangkatan dan Mutasi Pejabat Struktural eselon III dan IV di Lingkungan Universitas Andalas.

Dua diantara 14 pejabat struktural yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu Drs. M. Boni, MM Kabag Tata Usaha Fakultas Pertanian di mutasi ke Fakultas Hukum dengan jabatan yang sama sebagai Kepala Bagian Tata Usaha. Drs. M. Boni, MM telah mengabdi pada Fakultas Pertanian selama + 3, 5 tahun.

Promosi dan pengkaderan tenaga kependidikan pada sub bagian akademik dan kemahasiswaan Fakultas Pertanian telah dicapai dengan diangkatnya saudara  Emizar, SE sebagai Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rasa bangga segenap tenaga kependidikan Fakultas Pertanian atas pengangkatan dan pelantikan ini merupakan anugrah dan kebahagiaan tersendiri. Semoga amanah.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

22 Mei 2017

Bernuansa lain kali ini pelaksanaan Wisuda II tahun 2017 Fakultas Pertanian Universitas Andalas diadakan di Gedung E pada Sabtu 20 Mei 2017. Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi, memberikan piagam penghargaan kepada Bintang Aktifis Kampus sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan prestasinya berorganisasi serta menjalankan perkuliahan di Fakultas Pertanian. Bintang aktifis kampus Fakultas yang dibacakan oleh Wakil Dekan III Dr.Ir. Adrinal, MS, sebanyak 8 orang dan berhak menerima penghargaan dari Dekan yang diberikan kepada Arpen Aipo (NIM 1110233003) Prodi Ilmu Tanah dari lembaga GMIT (Grup Mahasiswa Ilmu Tanah). Penghargaan yang serupa juga diberikan kepada Melva Mustika (NIM 1210212046) Prodi Agroteknologi dari BEM KM FP UA serta kepada Muhammad Fadli (NIM 1210222024) Prodi Agribisnis.

 

Bintang aktifis kampus dari Environment Student Community (EnSC) diberikan kepada Walmadri (NIM 1310221068) dari Prodi Agribisnis. Sedangkan aktifis dari Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) penghargaan diberikan kepada Factabiqul Khairat (NIM 1310221057), Frananda Fajri Ervianto (NIM 1310221062), Rifandi (NIM 1210223013) serta Tedy Imam Mahesa (NIM 1210223028) dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian.

   

                                                                                                LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan