Berita (97)

28 Juni 2016

Kebutuhan untuk tempat Shalat sangat dirasakan sejak awal Pengembangan Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Tahun 2008 gagasan membangun mushalla dimulai oleh Dekan Prof.Ir.Ardi MSc dengan membentuk batu-batu  alam ukuran raksasa menjadi satu bangunan.

Beberapa tahun kemudian dengan dukungan dari alumni dan sivitas akademika serta rektorat diresmikanlah Mushalla Jabal Rahmah di kebun Percobaan bertepatan dengan Lustrum Fakultas Pertanian ke-XII. Mushalla ini  diberi nama Jabal Rahmah  sesuai dengan lokasinya di puncak sebuah bukit kecil.

Mushalla yang dewasa ini menjadi tujuan wisata religius lokal dan juga dari alumni dan masyarakat luar propinsi  berukuran 7 x 7 m  dilapisi lantai granit dan juga dilengkapi dengan fasilitas AC dan instalasi listrik yang memadai. Total biaya untuk pembanguan sebesar Rp. 275.000.000,-

Masyarakat dan umum menamakan sebagai Mushalla batu karena memang disusun dari batu-batuan yang menjadi ciri khasnya yang antik. Kehadiran Mushalla Jabal Rahmah telah memenuhi fasilitas shalat mahasiswa dan dosen yang sedang melaksanakan praktikum dan penelitian di kebun percobaan, demikian juga masyarakat sekitar.

08 Juni 2016

Dua mahasiswa fakultas pertanian jurusan Agribisnis yaitu Sari Rahayu dan Okti Diana Bahrun mewakili Universitas Andalas di acara Call of Paper yang diadakan oleh International Business Economic Social Sciences Research Association di Istanbul, Turki pada tanggal 27-28 Februari 2016.  Di mana acara ini di ikuti oleh banyak Negara sekaligus universitas setidaknya di ikuti oleh lebih dari 25 universitas yaitu diantaranya Tor Vergeta University (Italy), Istanbul Mediyet University (Turkey), University of Sfax (Tunisia), ISCTE Lisbon University ( Portugal), Northumbria University (UK), University of Pecs (Hungary), Air University Islamabat (Pakistan) dan banyak universitas lainnya.

Presentasi yang ditampilkan dengan judul Development of Small Medium Industries Based on Local Product “Kerupuk Kamang” as Improving Effort Revenue of Regional Community. Paper ini menjelaskan tentang peran pentingnya Industri Kecil Menenggah dalam menopang kehidupan masyarakat khususnya Industri Rumah Tangga “Kerupuk Kamang” di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam.

Selain itu inovasi yang diberikan oleh kedua mahasiswa yaitu pembuatan kemasan dan Brand agar menjadi lebih menarik dan lebih dikenal luas oleh para konsumen, khususnya untuk menarik konsumen luar daerah agar produk bisa di jadikan oleh-oleh khas daerah, sekaligus pembuatan produk inovasi yaitu kerupuk kamang rasa rendang.

Dimana paper ini dibawah bimbingan Prof.Dr.Ir.Helmi.Msc. yang merupakan salah satu guru besar di jurusan social ekonomi pertanian, prodi Agribisnis

02 Maret 2016

My Syahrawati, S.P., M.Si., dosen Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang dinyatakan lulus ujian tertutup program Doktor, Program Pascasarjana, Fakultas Pertanian UGM di hadapan Dewan Penguji pada 28 Januari 2016. Disertasi dengan judul ‘Interaksi antara Artropoda pada Padi Organik Hemat Air” ditulis oleh Maria Marina Herawati dengan bimbingan tim promotor: Prof. Dr. Ir. Edhi Martono, M.Sc, Dr. Ir. Nugroho Susetyo Putro, M.Si, dan., Dr. Ir. Benito Heru Purwanto, M.P.  Tim Penguji terdiri dari para promoter, Prof. Dr. Ir. Y. Andi Trisyono, M.Sc, Prof. Dr. Ir. Didik Indradewa, Dr. Ir. Arman Wijonarko, M.Sc, Dr. Ir. Budiastuti Kurniasih, M.Sc dan Dr. Ir. Yaherwandi, M.Si. Ujian tertutup yang dilaksanakan di Ruang Sidang Dekanat, Fakultas Pertanian UGM dipimpin oleh Dr. Rudi Hari Murti, S.P., M.P., selaku Ketua Dewan Penguji. (APik). Foto: My Syahrawati

30 November 2015

Tepat pada hari ini 30 November 2015, Fakultas Pertanian Unand menyelenggarakan dies natalis ke-61. Secara sederhana dies natalis diperingati dengan kegiatan Rapat Dewan Dosen sekaligus peletakan batu pertama mushalla Al-Kahfi . 

Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Dekan Faperta Unand , Prof. Ir. Ardi, M.Sc. Berikut gallery peletakan batu pertama mushalla Al-Kahfi :