Berita (133)

01 Maret 2018

Darmasraya (Unand) – Universitas Andalas memperpanjang perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Perencanaan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Darmasraya.

Perpanjangan kerjasama ini ditandai dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Andalas dengan Pemkab Dharmasraya yang ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA dan Bupati Pemkab Darmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Rabu (28/2) di Gedung Auditorium Dharmasraya.

Tampak hadir dalam penandatanganan MoU ini, Rektor Universitas Andalas Terdahulu, Prof. Dr. Musliar Kasim, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, Wakil Rektor IV, Dr. Endry Martius, M.Sc, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Munzir Busniah, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Dr. Irawati M. Nur, Wakil Dekan II Fakultas Pertanian, Dr. Faidil Tanjung, Kepala Jurusan Kampus III Fakultas Pertanian, Ketua DPRD Dharmasraya Masrul Ma'as dan sejumlah Kepala OPD terkait.

Bupati bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemkab Dharmasraya mengatakan komitmennya untuk terus memperjuangkan keberadaan Kampus III Universitas Andalas di Darmasraya.

Menurutnya sektor pendidikan merupakan salah satu focus utama pembangunan pemerintah daerah saat ini.

Ia berharap dengan adanya kerjasama ini akan lebih mempermudah masing-masing pihak dalam melaksanakan perannya dalam dunia pendidikan khususnya dalam bidang pertanian.

Senada dengan itu Rektor Universitas Andalas mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Dharmasraya  atas komitmennya untuk terus memajukan dunia pendidikan terutama Kampus III Universitas Andalas Darmasraya.

“Tujuan dari nota kesepahaman ini adalah agar terwujudnya sinergitas antar masing-masing pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat serta perencanaan pembangunan Kabupaten Dharmasraya,”ujarnya.

Setelah penandatanganan MoU kegiatan dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang diikuti oleh mahasiswa dan siswa SLTA sederajat di Dharmasraya dengan Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim sebagai pemateri yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk materi yang disampaikan adalah peranan sektor pertanian untuk masa depan bangsa indonesia.

  

Humas dan Protokol Unand

28 Februari 2018

Muhammad Iko Matul Hakh biasa dipanggil Iko, lahir di Toboh Apar, Padang Pariaman 6 Juni 1995 sebagai anak ke 9 dari 10 bersaudara, dari pasangan Syamsuddin dan Yurhani. Pendidikan Sekolah Dasar ditempuh di SD N O9 SINTOGA Kab. Padang Pariaman (2001-2007). Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditempuh di SMP N 02 SINTOGA Kab. Padang Pariaman (2007-2010). Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 1 Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman (2010-2013). Pada tahun 2013 diterima di Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Program Studi Ilmu Tanah melalui jalur undangan (SNMPTN).

Semester 1 dan 2 tinggal di Asrama Menpera Unand dan aktif sebagai anggota DEPAKESMA (Departemen Kesejaheraan Mahasiswa) yang beranggotakan seluruh ketua lantai dari seluruh asrama Unand. Prestasi yang pernah ditorehkan selama di Asrama yaitu pernah meraih juara 2 Lomba Nasyid Tingkat Mahasiswa Se-Kota Padang yang diadakan oleh BEM KM FKM Unand pada tahun 2013 serta diberi kepercayaan untuk mengisi acara pada beberapa event yang diadakan oleh pengelola Asrama.

Selama menempuh pendidikan di Program Studi Ilmu Tanah, aktif di UKMF BEM KM FP UNAND periode 2015/2016 sebagai staff Infokom (Informasi Komunikasi) dan sekaligus juga aktif di UKMF GMIT FP UNAND Periode 2015/2016 sebagai Kepala Departemen HUMAS (Hubungan Mahasiswa). Selama menjabat Sebagai Kepala Departemen HUMAS pernah bertindak sebagai ketua delegasi sekaligus peserta yang mewakili Unand untuk mengikuti rangkaian acara dan perlombaan Jambore Ilmu Tanah Indonesia yang diadakan di Palembang pada tahun 2016.

Alhamdulilah dari beberapa perlombaan tersebut Iko dengan dua rekan tim yaitu Youngky Kurniawan dan Elsa Lolita Putri berhasil membawa Unand meraih Juara 1 Lomba Soil Judging Contest. Selain itu juga pernah mendapat penghargaan dari Rektor sebagai Mahasiswa Berprestasi tahun 2016 yang membawa nama Fakultas Pertanian.

 

Iko – LN Subag Akademik & Kemahasiswaan

27 Februari 2018

Fakultas Pertanian Universitas Andalas kembali melahirkan Bintang-bintang Aktifis Kampus. Dengan kiprah yang luar biasa dalam berorganisasi mereka diberi penghargaan oleh Dekan pada acara Pelepasan dan Penyerahan Ijazah Sabtu 24 Februari 2018, di Gedung Plaza HPT Fakultas Pertanian.

Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi, memberikan piagam penghargaan kepada Bintang Aktifis Kampus sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan prestasinya berorganisasi serta menjalankan perkuliahan di Fakultas Pertanian. Bintang aktifis kampus Fakultas yang dibacakan oleh Wakil Dekan III Dr.Ir. Adrinal, MS, sebanyak 15 orang dan berhak menerima penghargaan dari Dekan yang diberikan kepada Dewi Novita Sari (NIM 1310221061) Prodi Agribisnis, Leonardo William Pratama (NIM 1310212080) Prodi Agroteknologi, Muhammad Iko Matul Hakh (NIM 1310231014) Prodi Ilmu Tanah, Nevia Prima Vera (NIM 1310211045) Prodi Agroteknologi serta Fujie Dwi Ramadhani (NIM 1310211076) Prodi Agroteknologi dan Kurnia Afridilla (NIM 1310211130) Prodi Agroteknologi semuanya dari lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM FPUA.

Penghargaan bintang aktifis diberikan juga kepada Buswira Satrio (NIM 1310231036) dan Ultari Wahyuni (NIM 1310232017) Prodi Ilmu Tanah dari lembaga GMIT (Grup Mahasiswa Ilmu Tanah). Sedangkan dari lembaga Himagreta diberikan kepada Rizky Agustanto (NIM 1310212075) Prodi Agroteknologi.

Dari SSC penghargaan diberikan kepada Sisul Candra (NIM 1310212003) Prodi Agroteknologi dan  Aprimon Pendra (NIM 1310212055) Prodi Agroteknologi dari UKS sedangkan Rinta Rachmawati (NIM 1210212010) Prodi Agroteknologi dari ALCC.

Bintang aktifis dari KMIP diberikan kepada Elsa Lolita Putri (NIM 1310231024) Prodi Ilmu Tanah dan dari HMPT bintang aktifisnya adalah saudara M. Yusuf Nawri Nasution (Nim 1310211029) Prodi Agroteknologi serta dari Prodi Agribisnis Dwina Odilla Murti (NIM 1310221035) dari EnSC.

 

LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

26 Februari 2018

Penyerahan Ijazah dan Pelepasan Wisuda I Tahun 2018 dilaksanakan di Gedung Plaza HPT Fakultas Pertanian. Gedung yang belum selesai ini dapat menampung seluruh wisudawan dan wisudawati beserta orangtua yang berbahagia dapat menyaksikan dan merasakan prosesi penyerahan ijazah pada hari Sabtu 24 Februari 2018.

Dekan Fakultas Pertanian membuka acara secara resmi dengan melepas Wisudawan dan wisudawati Sarjana sebanyak 129 orang yang terdiri dari Program Studi Ilmu Tanah 12 orang Laki-laki dan 10 orang Perempuan. Program Studi Agroteknologi sebanyak 24 orang Laki-laki dan 41 orang Perempuan sedangkan Program Studi Agribisnis sebanyak 8 orang Laki-laki dan 19 orang Perempuan. Program Studi Agroekoteknologi sebanyak 8 orang Laki-laki dan 7 orang Perempuan.

Penghargaan sebagai Lulusan Terbaik Fakultas Pertanian diberikan  langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian kepada Lailatul Zuhri Indriani dari Prodi Agroteknologi dengan IPK 3,64 predikat lulus Sangat Memuaskan untuk Prodi Agribisnis diberikan kepada Dewi Novita Sari dengan IPK 3,64 predikat lulus Sangat Memuaskan dan Elsa Lolita Putri dari Prodi Ilmu Tanah dengan IPK 3,48 predikat lulus Sangat memuaskan serta dari Prodi Agroekoteknologi diberikan kepada Japius S dengan IPK 3,47 predikat lulus Sangat Memuaskan.

Ananda Harahap sebagai Ketua BEM KM FPUA menyampaikan ungkapan bangga dan bahagia atas diwisudanya kakak-kakak senior. Semoga apa yang menjadi harapan di Kampus menjadi penyemangat dan penguat beban berat serta tantangan didalam berkompetisi dalam masyarakat untuk membangun pertanian menjadi lebih baik, ujarnya.

Sementara M. Irfan, SP sebagai wakil wisudawan memberikan ungkapan singkat ucapan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan dalam memberikan proses pembelajaran dan pelayanan selama di Fakultas Pertanian. Ucapan ini juga disampaikan perwakilan orangtua wisudawan bapak Drs. Delwijhon Sandre orangtua dari Lailatul Zuhri Indriani mengucapkan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan dan memberikan semangat bagi wisudawan bahwa proses belum selesai untuk mewujudkan cita-cita, dan tetaplah menjaga tali silaturrahmi dengan Fakultas Pertanian. 

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi menyampaikan akan ada pelajaran yang lebih besar setelah proses pembelajaran di Kampus yaitu kehidupan didalam masyarakat. Jadilah sarjana yang ulet dapat bekerja keras dan berjuang sehingga sukses dibidang pertanian ataupun dibidang lainnya, ujar Munzir Busniah. Dan camkan bahwa kita harus punya komitmen menjadi orang baik sehingga bisa menjadi manusia yang lebih baik dalam kehidupan yang penuh tantangan ini. Kami lepas wisudawan ke masyarakat semoga sukses dalam bidang-bidang yang akan digeluti nantinya, ujar Dekan diakhir kata sambutannya.

Penyerahan alumni oleh Dekan kepada Ketua Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas langsung diterima oleh bapak H. Mahyeldi, SP. Beliau sekaligus menyerahkan buku “Memimpin adalah Melayani” sebagai penyemangat dan pendorong para alumni untuk berkiprah dan berkarir dibidang apa saja karena tamatan Pertanian dapat bekerja pada posisi apa saja yang penting ada kemauan. Namun menurut Mahyeldi alumni harus dapat berinteraksi dengan siapa, dimana, ditempat dan dibidang apa saja. Tetap bersinergi dan bersilaturrahmi karena itulah yang harus dijaga dan dibina, ujarnya.

 
LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan