Berita (75)

23 Maret 2017

Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi, Dekan Fakultas Pertanian membuka acara Sosialisasi Perfectural University of Hiroshima (PUH) Jepang sekaligus menindaklanjuti kerjasama antara PUH Jepang dengan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Sosialisasi yang diadakan pada hari Rabu 22 Maret 2017 di Ruang Sidang Senat Fakultas Pertanian, menghadirkan tamu dari PUH Jepang Prof. Tsutomu Morinaga (Director of International of Hiroshima), Prof. Hiroyuki Harada dan Mr. Koyanagi (Officer of International Center).

Hadir pada acara seminar ini pimpinan dan staf pengajar dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian, mahasiswa S1 prodi Agroteknologi dan Ilmu Tanah serta Pascasarjana. Pembahasan antar kedua institusi berlanjut pada kerjasama dalam bidang exchange student, reset dosen dan mahasiswa serta International Summer School in Perfectural University of Hiroshima.

 

                                                     LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

21 Maret 2017

Senin tanggal 20 Maret 2017 di Ruang Sidang Dosen dan Ruang Sidang Dekanat Fakultas Pertanian diselenggarakan seleksi tahap 2 rekruitmen mahasiswa/alumni Universitas Andalas. Seleksi administrasi (tahap 1) yang telah dilakukan menghasilkan 295 orang mahasiswa/alumni dapat mengikuti ujian wawancara.

Peserta merupakan mahasiswa/alumni dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, serta Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Sumatera Barat dan ada juga yang berasal dari PTN/PTS di luar wilayah Sumatera Barat. Jumlah peserta yang hadir mengikuti seleksi wawancara berjumlah 214 orang.

Hasil seleksi tahap 2 ini akan segera diumumkan karena banyaknya rangkaian kegiatan yang harus dijalankan. Mahasiswa/Alumni yang terpilih mengikuti program UPSUS Swasembada Pangan dan SIWAB akan mengikuti BIMTEK dan akan terjun ke 8 Kabupaten di Sumatera Barat.

 

 LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

20 Maret 2017

Diwarnai dengan suasana keakraban acara pisah sambut Wakil Dekan di lingkungan Fakultas Pertanian menjadi terasa lebih hangat. Pergantian ini satu bulan setelah Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi Dekan Fakultas Pertanian periode 2017-2020 dilantik.

Mengawali acara ini Dekan mengucapkan terima kasih atas kinerja dan sumbangsih yang telah Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MP dan Dr.Ir. Yaherwandi, MSi serta Dr. Agustian dalam mengembangkan Fakultas Pertanian. Tak lupa Dekan mengharapkan dukungan dan masukan yang membangun untuk keberlanjutan Fakultas pertanian kedepan.

Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP menyampaikan persoalan yang dihadapi untuk memajukan Fakultas Pertanian kedepan sangat banyak dan penuh tantangan. Beberapa pekerjaan yang masih dalam proses pengerjaan kurikulum, renstra dan yang telah selesai proses akreditasi beberapa program studi.

Pada kesempatan yang sama Dr. Agustian selaku Wakil Dekan III menyampaikan evaluasi masih kurangnya prestasi non akademik yang mengangangkat nama Fakultas Pertanian. Mungkin kedepan sn ucapan terima kasetiap kegiatan mahasiswa dapat terkoordinir dengan baik agar kualitas dapat ditingkatkan.

Permohonan maaf dan ucapan terima kasih disampaikan kepada tenaga kependidikan yang telah melaksanakan tugas bersama-sama dengan baik.

 

                                                             Subag Akademik & Kemahasiswaan

20 Maret 2017

Selain mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Pembangunan Pulau Punjung, Forum Studi Dinamika Islam (Forstudi) Kampus III Unand menggelar kegiatan Forstudi peduli umat. Dengan kegiatan temu ramah dengan masyarakat kurang mampu, di daerah Pulau Punjung dan Sungai Dareh. Salah seorang penerima bantuan, Gusrianti memiliki tanggungan lima orang anak. Suaminya bekerja di kebun karet milik orang lain, karena kesulitan ekonomi. Ia tidak mampu untuk membayar uang sekolah sebagai persyaratan mengikuti ujian sekolah.

Kegiatan ini digelar, Sabtu (18/02) yang diikuti oleh seluruh pengurus Forstudi Kampus III Unand, diantaranya Ketua Forstudi, Guswandi Alfitra, Dewan Penasehat Pengurus (DPP) Forstudi, Abdul Hakim, Koordinator kaderisasi, Hasri Gusman, Koordinator Kisyi, Retno Irawan, Koordinator Humas, Muhammad Rohim, Koordinator Keputrian, Rahmi Setiawati, dan seluruh anggota lainnya. Bentuk kegiatan temu ramah dengan masyarakat kurang mampu dalam bentuk pemberian sembako berupa beras, gula, minyak goreng, susu, telor dan mie instan. “Ini merupakan wujud pengabdian kami kepada masyarakat yang kurang mampu. Yakni memberikan sembako untuk keperluan sehari-hari,” ungkap Muhammad Rohim.

Forstudi berharap bantuan yang diberikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang menerima bantuan tersebut. Walaupun harganya tidak seberapa, namun itu adalah sebuah bentuk kepedulian mahasiswa Forstudi Kampus III Unand kepada masyarakat yang kurang mampu disekitar kampus.

Salah seorang penerima bantuan, Gusrianti mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diberikan bantuan sembako dari mahasiswa. “Saya mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah memberikan bantuan ini, semoga bantuan ini sangat berguna bagi keluarga kami. Dan saya doakan semoga kalian semua sukses dalam kuliah dan karir besok,” pungkas Gusrianti. (Beda Ekspres)

 

                                                    Subag Akademik & Kemahasiswaan