Berita (96)

21 April 2010

Segenap sivitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Andalas mengucapkan selamat atas terpilihnya Prof.Dr.Ir. Helmi, M.Sc. sebagai Pembantu Rektor IV (Bidang Kerjasama) untuk periode 2010-2013. Semoga dapat membawa nama Universitas Andalas ke tingkat yang lebih terhormat dan lebih bermartabat di masa yang akan datang.

01 April 2010

Terhitung pukul 12.58 WIB hari ini, Kamis, 1 April 2010, Undang-undang BHP tidak berlaku lagi karena telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Mahkamah Konstitusi menilai UU BHP tak selaras dengan UUD 1945 dan menimbulkan ketidakpastian hukum. Putusan ini dibacakan secara bergilirian oleh 9 hakim MK selama 3,5 jam di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, (31/3).


Dalam putusan setebal 403 halaman, MK memberikan 5 alasan mengapa MK menggugurkan eksistensi BHP.

1. UU BHP mempunyai banyak kelemahan baik secara yuridis, kejelasan maksud dan keselarasan dengan UU lain.
2. UU BHP mempunyai asumsi penyelenggara pendidikan di Indonesia mempunyai kemampuan sama. Tapi, realitasnya kesamaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tak berarti semua PTN mempunyai kesamaan yang sama.
3. Pemberian otonomi kepada PTN akan berakibat beragam. Karena lebih banyak PTN yang tidak mampu menghimpun dana karena terbatasnya pasar usaha di tiap daerah. Hal ini akan menyebabkan terganggunya penyelenggaraan pendidikan.
4. UU BHP tidak menjamin tercapainya tujuan pendidikan nasional dan menimbulkan kepastian hukum. UU BHP bertentangan dengan pasal 28D ayat 1, dan Pasal 31 UUD 1945.
5. Prinsip nirlaba tak hanya bisa diterapkan dalam BHP tapi juga dalam bentuk badan hukum lainnya.


(Sumber: http://hariansib.com/?p=117976)

28 Januari 2010

Hari ini, Kamis, 28 Januari 2010 Unand kukuhkan tiga Guru Besarnya: 1). Prof. Dr. sc. Agr. Ir. Trimurti Habazar, 2) Prof. Dr. Eti Farda Husin, MS, 3) Prof. Dr. Ir. Amrizal Saidi, MS. Beliau bertiga merupakan Guru Besar Universitas Andalas bidang Ilmu Pertanian.

Prof. Dr. sc. Agr. Ir. Trimurti Habazar dilahirkan 59 tahun yang lalu di Bukit Tinggi, 25 Agustus 1951. Setelah menamatkan studi S1 di Fakultas Pertanian Unand, Beliau melanjutkan studi S3 di Fach. Agrar wissenschaft Georg-August Univ. Goettingen, Jerman. Banyak karya ilmiah yang telah beliau publikasikan. Pidato yang beliau sampaikan pada saat pengukuhan merupakan saripati dari pemikiran, pengalaman, hasil penelitian, penulusuran kepustakaan baik secara nasional ataupun internasional.

Topik yang beliau sampaikan dalam pidato pengukuhan adalah Pengembangan Teknik Eksplorasi Sumberdaya Hayati Lokal Untuk Pengendalian Bakteri Patogen Tanaman. Teknik eksplorasi agens hayati yang efektif dan efisien untuk pengendalian bakteri patogen tanaman dan sekaligus mampu meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman terlebih dahulu diuji secara in planta, selanjutnya isolat agens hayati terpilih baru diuji secara in vitro dan diidentifikasi. Disamping itu teknik ini berpeluang besar untuk memperoleh jenis agens hayati baru.

Prof.Dr. Ir Eti Farda Husin, MS dilahirkan 57 tahun yang lalu di Bandung, 28 Agustus 1953. Baliau menamatkan studi S1 di Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan melanjutkan studi S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran, Bandung. Topik yang beliau sampaikan dalam pidato pengukuhan adalah Kontribusi Fungi Mikoriza Arbuskula dalam Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Terhadap Peningkatan Produktivitas Berbagai Jenis Tanaman diLahan Marginal. Dari hasil-hasil penelitian yang telah banyak dilakukan oleh Staff dan mahasiswa Universitas Andalas dapat disimpulkan bahwa aplikasi FMA pada lahan-lahan marginal/kritis akan bermanfaat karena FMA menunjukkan keunggulan diantaranya meningkatkan serapan hara tanaman, memperbaiki nutrisi tanam, sehingga menghemat penggunaan pupuk.

Prof. Dr. Ir Amrizal Saidi, MS dilahirkan di Batu Sangkar 61 tahun yang lalu, tepatnya 27 Maret 1949. Beliau menamatkan studi S1 Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada tahun 1978 dan melanjutkan Program S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran. Topik yang beliau sampaikan dalam pidato pengukuhan adalah Aspek Vegetasi dan Penggunaan Lahan dalam Hubungannya dengan Degradasi dan Peningkatan Produktivitas Tanah. Tipe pengunaan lahan hutan dan kebun campuran memberikan degradasi lahan lebih rendah dan produktivitas tanah lebih baik dibandingkan dengan tipe penggunaan lain, maka sistem wanatani (agroforestry) merupakan sistem yang dianggap lebih aman daripada degradasi lahan dan kerusakan lingkungan lainnya.

01 Desember 2009

Acara puncak peringatan 55 tahun Fakultas Pertanian Unand (Lustrum XI) dilangsungkan kemaren di lapangan parkir Faperta. Undangan yang hadir dalam acara tersebut adalah Rektor Universitas Andalas (diwakili oleh Pembantu Rektor IV : Dr. Elfi Sahlan Ben), Ketua Harian Ikatan Alumni Fak. Pertanian Unand (Prof.Dr.Ir. Isril Berd, SU). Dari dalam fakultas sendiri hadir Dekan dan tiga orang Pembantu Dekan, serta staf pengajar dan staf kependidikan.