Berita (121)

10 Februari 2018

Sabtu 10 Februari 2018 Fakultas Pertanian Universitas Andalas melepas wisudawan/ti Program Pascasarjana di Plaza HPT Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penyelenggaraan Wisuda I khusus Program Pascasarjana pada kesempatan kali ini berbeda, dengan pemindahan jambul langsung oleh Dekan dan penyerahan ijazah diberikan oleh Wakil Dekan I Fakultas masing-masing yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Andalas .

Pelepasan wisudawan program Pascasarjana Magister Pertanian terdiri dari 34 orang. Program Studi Agronomi 22 orang wisudawan, Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian 10 orang wisudawan dan Program Studi Ilmu Tanah 2 orang wisudawan. Wisudawan dengan Lulusan Terbaik langsung diberikan Rektor kepada wisudawan Fakultas. Salah satunya Ayu Kurnia Ilahi, SP, MP wisudawan Fakultas Pertanian dengan IPK 3,92 angkatan 2015 predikat lulus Dengan Pujian yang lulus pada tanggal 11 Agustus 2017 masa studi dua tahun nol bulan.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian mengatakan bahwa acara pelepasan wisudawan di Fakultas merupakan acara silaturrahmi, mempererat dan saling mengenal antara dosen dan keluarga wisudawan. Wisuda kali ini sangat luar biasa, pertama jumlah yang banyak dari biasanya ujar Dekan Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. Kedua meluluskan angkatan pertama program Fast Track sebanyak 15 orang wisudawan. Dan ketiga melepas 4 orang wisudawan asal Vietnam program kerjasama dengan An Giang University - Vietnam.

Alvindo Dermawan, SP, MP dalam ungkapan kata, mengucapkan terima kasih kepada dosen dan tenaga kependidikan sehingga menjadi insan yang cerdas dan semoga dapat bersaing tinggi di dalam masyarakat dan dunia kerja. Sementara itu wakil orang tua menyampaikan sepatah kata yang berharap ilmu yang diperoleh hendaknya dapat menjadi pegangan dalam menghadapi tantangan dalam dunia kerja ujar Maijon Disman, SH orangtua wisudawan Syajratu Emmal Khairati, SP, MSi.

 


LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 Februari 2018

Kerjasama yang telah dimulai sejak tahun 2013 antara Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Faperta Unand) dengan Faculty of Agriculture and Natural Resources, An Giang University (AGU) Vietnam pada tahun 2013 dalam bidang “for educational and scientific Cooperation”. Salah satu kerjasamanya berupa “joint education/training opportunities for students, staff and faculty”

Ini adalah 4 orang alumni Angkatan II sejak kerjasama ini ditandatangani setelah sebelumnya 2 orang alumni Angkatan I diwisuda tahun lalu, dimana Fakultas Pertanian meluluskan mahasiswa asal Vietnam sebagai Magister Pertanian dalam bidang Agronomi. Prof Ardi (Dekan periode 2008-2017) memberikan nama Indonesia agar lebih mudah diucapkan untuk keempat mahasiswa asal Vietnam yaitu Ho Nhut Truong yang diberi nama Indonesia sebagai Imam, Pham Thi Ngoc Han yang dipanggil Hana, dan Nguyen Thi Thuy Trang disapa Maya sedangkan Tran Thi Hong Van dipanggil Indah.

Keempat mahasiswa asal Vietnam yang diwisuda tanggal 10 Februari 2018 ini memulai studinya di  Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada bulan Februari 2016 dengan lama studi 2 tahun. Diharapkan program Fakultas Pertanian Unand Go Internasional dengan mahasiswa asing yang sekarang dari Vietnam dan Kamboja akan dapat berlanjut dan melibatkan lebih banyak lagi mahasiswa dari berbagai negara dimasa datang.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

12 Februari 2018

Agripreneur Challenges 2018 Fakultas Pertanian Unand 

 

Rangkaian acara Agripreneur Challenges 2018 berlanjut ke kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang bertempat di Ruang Seminar Dosen Lantai III pada Sabtu 10 Februari 2018. Pelatihan ini kembali melibatkan lembaga Social Service Center Faperta Unand sebagai panitia, dan mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Andalas sebagai peserta Pelatihan Kewirausahaan.

Pemateri pertama, Sovia Lorent, enterpreneur sekaligus motivator dan progamer NLP (Neuro Linguistik Program) yang sangat menginspirasi. Mahasiswa diajak untuk mengenali passion­-nya sendiri dan diberi arahan untuk menetapkan resolusi-resolusi yang hendak dicapai. Lebih dari itu, mahasiswa dibangun kesadarannya untuk berwirausaha. Pelajaran berharga yang bisa dipetik yaitu kita tidak hidup untuk penilaian orang lain, lakukan, dan terus berusaha sehingga menjadi orang yang berhasil. Bahwa menjadi gagal bukan sesuatu yang harus disesali, karena setelah gagal dan bangkit lagi, keberhasilan itu akan terasa begitu indah.

Selanjutnya, materi Bussiness Plan diberikan oleh  Dr. Eka Candra Lina, SP. MSi. (Dosen Program Studi Agroteknologi) dan Hasnah, SP. DipAgec. , M.Ec., Ph.D. (Dosen Program Studi Agribisnis) yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

Mengundang juga tiga Dosen Agribisnis, Rika Hariance, S.P., M.Si., Dwi Evaliza, Ir. M.S., dan Lora Triana, S.P., M.M. Mahasiswa yang hadir pada pelatihan tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok besar dan masing-masing dipandu oleh satu orang dosen. Selanjutnya mereka dibimbing untuk menemukan ide bisnis di bidang pertanian dan cara membuat proposal bussiness plan yang baik.

Rangkaian kegiatan Agripreneur Challenges 2018 ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran berwirausaha khususnya di bidang pertanian dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa. Karena, sangat disayangkan apabila para penyandang status mahasiswa tetapi masih apatis dan selfish, tidak memikirkan kemajuan dirinya dan negara ini.

 

 

SSC - LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

09 Februari 2018

Agripreneur Challenges 2018 Fakultas Pertanian Unand

 

Program Kewirausahaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas 2018 yang dibungkus dalam Agripreneur Challenges (AC) 2018 adalah program kewirausahaan Faperta yang bertujuan mendorong mahasiswa menjadi wirausaha di bidang pertanian, ujar Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi. AC-FPUA 2018 terdiri dari serangkaian kegiatan yaitu kuliah umum kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan yang akan diadakan pada Minggu 10 Februari di Ruang Sidang Dosen Fakultas Pertanian.

Launching “Agripreneur Challenges 2018”, diawali dengan kuliah umum yang bertajuk Kiat Sukses jadi Wirausaha Pertanian di Convention Hall Universitas Andalas. Kuliah umum ini melibatkan lembaga mahasiswa Fakultas Pertanian, yaitu Social Service Center Faperta Unand. Secara istimewa mengundang pemateri yang luar biasa, seorang alumni Fakultas Teknologi Pertanian angkatan 2009, Sujatmiko, S.TP. Beliau merupakan pengusaha pupuk organik yang sukses.

Usahanya sudah mampu memenuhi permintaan pasar terhadap pupuk hingga ke Jawa Timur. Secara khusus beliau menceritakan pembangunan usaha pupuknya yang tak mulus. Beliau sangat menginspirasi para peserta kuliah umum yang hadir,  yang rata-rata dari mereka adalah mahasiswa pertanian yang memang ingin berwirausaha. Terlihat antusiasme peserta pada kuliah umum yang sangat menarik tersebut. Hingga pada sesi diskusi, banyak dari mereka yang melempar pertanyaan kepada pemateri.

Dalam suatu kesempatan, beliau menyiratkan pesan bahwa mungkin orang lain akan meremehkan usaha kita pada awalnya, tapi dengan niat dan kerja keras, kita bisa membuat diri kita tidak pantas lagi untuk diremehkan.

 

 

SSC - LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan