Berita (97)

02 Oktober 2017

310 calon Pendamping Tani dari Perguruan Tinggi (PT) dan Pemuda Tani untuk UPSUS Komoditas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Peternakan APBN-P Tahun 2017 mendapat bimbingan teknis di Fakultas Peternakan Unand, Sabtu (30/9/2017).

Ketua Panita, Prof Aswaldi Anwar, MS mengatakan, pelaksanaan program APBN-P disepakati untuk Sumatera Barat akan didampingi 310 pendamping tani yang terdiri dari 230 alumni Fakultas Pertanian dan Peternakan serta 80 orang dari Pemuda Tani. “Untuk kegiatan ini juga dilibatkan 31 Dosen Pembimbing yang terdiri dari 21 orang Dosen Pertanian dan 10 Dosen Peternakan,” jelas Aswaldi.

Prof Aswaldi yang juga koordinator perguruan tinggi mitra menjelaskan, kegiatan pendampingan Upsus APBN-P sudah harus dimulai di awal Oktober. “Tanggal 4 Oktober Tenaga Pendamping harus turun ke lapangan, dan pada Desember laporan harus masuk,” jelasnya. Untuk itu, Aswaldi meminta Pendamping Tani bergerak cepat dan efektif, sehingga program UPSUS APBN-P 2017 bisa sukses. “Bimtek ini adalah bekal untuk ke lapangan bagi para calon Pendamping Tani, sehingga bisa melakukan pendampingan dengan maksimal,” jelasnya.

Dekan Fakultas Pertanian Unand, Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi menjelaskan, komoditi yang akan didampingi para Pendamping Tani nantinya adalah komoditi jeruk, bawang putih, karet, kedelai, dan peternakan. Munzir berpesan kepada pendamping tani agar selama melakukan pendampingan, dapat memperoleh pengalaman berharga. Diharapkan Tenaga Pendamping Tani ke depannya bisa jadi pelaku bisnis di dunia pertanian. “Program ini diharapkan dapat juga melahirkan petani dan pebisnis muda di bidang pertanian. Selama ini dunia pertanian didominasi kaum tua. Pendamping Tani diharapkan bisa menggerakkan anak muda untuk menjadi petani sekaligus pebisnis di bidang pertanian,” ujar Munzir.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumbar, Nurkholis mengatakan, kegiatan ini adalah pembekalan bagi para calon Pendamping Tani jelang turun ke lapangan. Selain mempersiapkan Pemuda Tani untuk menjadi Pendamping Tani, menurutnya Gempita juga diberi kepercayaan oleh Kementerian Pertanian untuk mempersiapkan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Bidang Pertanian. (Kabar Sumbar)

 

 

Subag Akademik & Kemahasiswaan

14 September 2017

Mahasiswa Berprestasi 2 tingkat Universitas dalam rangka Dies Universitas Andalas ke 61 diraih oleh Ika Ayu Putri Septyani mahasiswa Program Sarjana Prodi Ilmu Tanah angkatan 2014, Rabu 13 September 2017 di Convention Hall. Sebagai Mahasiswa segudang prestasi telah diraih Ika, begitu juga dengan kegiatan ektra kokurikulernya sebagai aktifis kampus di Fakultas Pertanian.

Disamping itu, Ika juga bersama Timnya berhasil masuk pada PKM-PE RISTEKDIKTI 2017 dan prestasi lainnya dapat dilihat klik disini

 Dengan keberhasilan Ika Ayu Putri Septyani menjadi penyemangat buat mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya. Sesuai dengan motto hidupnya “cintai aktivitas, mau mulai sampai akhir dan Allah menyempurnakan”. Jadi, jika kita suka dan sejalan dengan aktivitas yang kita jalani maka kita akan mau dan ikhlas menjalani sampai akhir. Jangan takut jika kita salah Allah selalu bersama kita untuk menyempurnakan semua dengan cara yang lain. Jangan takut salah, jangan takut tidak maksimal. Takut kalau tidak pernah memulai.

 

 LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

15 September 2017

Kegiatan Kemahasiswaan Kamis siang 14 September 2017 diisi oleh BEM Fakultas Pertanian. Dialog antara Pimpinan Fakultas Pertanian dengan Mahasiswa dalam mengutarakan aspirasi yang berkembang untuk suatu kemajuan. Sangat menarik, acara ini dihadiri mahasiswa seluruh angkatan di Fakultas Pertanian kecuali mahasiswa Kampus 3 namun aspirasi mereka tetap disampaikan juga oleh teman-teman perwakilan. Pimpinan Fakultas Pertanian yang hadir Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi serta Pembina Mahasiswa, Kepal Bagian Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian.

Dialog ini dimulai oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi semoga aspirasi ini dapat membangun serta menumbuh kembangkan generasi mahasiswa pertanian yang siap terjun dalam masyarakat. Mengeluarkan pendapat, memberikan penilaian harapan Dekan, akan lahir mahasiswa-mahasiswa yang siap dengan tantangan.

Hari perwakilan mahasiswa dan BEM menyampaikan aspirasi  antara lain sarana dan prasarana di Fakultas Pertanian yang perlu diperbaiki seperti jalan menuju Lahan Basah tempat pratikum mahasiswa, Labor yang masih kurang peralatannya, dan hal lainnya. Munzir Busniah selaku Dekan mengatakan berbagai persoalan akan dihadapi dan ditanggapi tentu sesuai dengan porsi kebutuhan yang harus didahulukan. Sementara Dr.Ir. Faidil Tanjung, MSi selaku Wakil Dekan II mengatakan bahwa kebutuhan dan proyeksi perbaikan akan disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian.

Pimpinan Fakultas juga berharap kepada mahasiswa agar kita bersama-sama saling bersinergi dan menjaga serta membangun Fakultas Pertanian kedepan lebih baik dari sekarang. Dan diakhir acara Dekan meminta mahasiswa dapat mengikuti setiap ajang kompetisi tingkat Fakultas, Universitas, Nasional serta Internasional yang tentunya akan memberikan nilai manfaat bagi diri sendiri, anda mahasiswa Fakultas Pertanian.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

13 September 2017

Tenaga Kependidikan Fakultas Pertanian Universitas Andalas ARIFAH, SP  mendapat penghargaan prestasi sebagai fungsional PLP pada Dies Universitas Andalas ke 61, Rabu 13 September 2017 di Convention Hall. Sebagai PNS dengan masa kerja 27 tahun, Arifah yang berpendidikan Sarjana Pertanian Jurusan Agroteknologi memilih menjadi fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) pada tahun 2011. Sebelumnya ia sudah menjadi tenaga laboran dengan jabatan fungsional umum, dengan SK Penempatan di Politani Payakumbuh dan dimutasi ke Fakultas Pertanian pada tahun 1998.

Lahir di Padang 20 Februari 1969, Arifah, SP dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) 196902201990032003 sebagai fungsional PLP telah mengikuti berbagai Diklat yaitu Pelatihan Tenaga Kependidikan bagi Pranata Laboraratorium Pendidikan (PLP) tingkat Nasional di Medan tahun 2012, Workshop Persiapan Akreditasi Laboratorium (ISO/IEC 17025:2005) di Unand tahun 2015, Workshop Peningkatan Peran dan Fungsi Pranata Laboratorium Pendidikan di Malang tahun 2015, Workshop Pengelolaan Laboratorium menuju Laboratorium yang Unggul dan Berbudaya di Bali tahun 2016 dan Diklat Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Gelombang VI Jenjang Ahli Angkatan ke-4 di Palembang tahun 2016.

Sejak tahun 2014 Arifah dengan PLPnya telah menduduki jabatan Fungsional Penyelia, dengan keberhasilan Arifah menjadi penyemangat buat tenaga kependidikan Fakultas Pertanian.

  

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan