Berita (133)

30 April 2018

SMA Negeri 5 Pinggir Riau yang berkunjung ke Fakultas Pertanian Universitas Andalas merupakan program tahunan yang telah diagendakan sekolah dengan tujuan untuk menambah wawasan siswa tentang kehidupan kampus, perkuliahan dan proses pembelajaran.    Kunjungan ini juga menghidupkan tali silaturrahmi serta memotivasi siswa bahwa pendidikan itu sangat penting, ujar  Kepala Sekolah ibu Dra. Lismawati. 

Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian Drs. Yusdial, MM pada sambutan singkatnya yang mewakili Dekan mengatakan bahwa Fakultas Pertanian sangat berharap sekolah-sekolah di luar Sumatera Barat juga dapat melanjutkan studinya di Universitas Andalas.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian ibu F. Lenita Rias, SE, MM menyampaikan Fakultas Pertanian dari segi bidang akademik proses pembelajaran dan bidang kemahasiswaan tentang aktifitas organisasi serta beasiswa yang ditawarkan.

Pertanyaan yang diajukan siswa SMAN 5 Pinggir Riau sangat menarik dan antusias. Kehadiran mereka yang berjumlah 128 orang siswa kelas XI  yang didampingi 13 orang Guru, diakhiri dengan melihat ruang labor, dan fasilitas lainnya yang ada di Fakultas Pertanian dan wisata Kampus.

 

LN – Subag Akademik & Kemahasiswaan

19 April 2018

Diterima sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Program Studi Ilmu Tanah tahun 2017 Nurhasnil Fitri dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 1710232035. Sebagai penerima bidikmisi dan tinggal di asrama, Fitri adalah anak yang baik bagi teman-teman seangkatan, kakak senior maupun Dosen Fakultas Pertanian. Semester 1 Ganjil 2017/2018 dilalui Fitri dengan hasil IP 3,09, dan pada Semester 2 Genap 2017/2018 separuh dari semester ini yang hanya dapat dilalui Fitri.....

Kepergiannya pada hari Rabu 18 April 2018 sungguh mengejutkan kita semua. Ia dan teman-teman pergi mengantarkan jenazah Dimas ke Pekanbaru. Dalam perjalanan pulang ia terjatuh dari mobil bus yang ditumpanginya. Kecelakaan ini kembali merenggut nyawa mahasiswa Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian. 

Terlahir dan tinggal di Pasaman Barat, jenazah Fitri dibawa ke keluarganya dengan dilepas oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan. Hadir juga Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Dosen serta teman-teman Fitri. Ungkapan duka dan belasungkawa dari keluarga besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas disampaikan Prof.Dr.Ir. Hermansah, MSc sebagai Wakil Rektor III kepada keluarga Fitri.

 

Selamat jalan Fitri, do’a kami untukmu......... Al fatihah.

 

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

16 April 2018

Diterima sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Program Studi Ilmu Tanah tahun 2017 Dimas Surya Dinata dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 1710233018. Dikenal baik dan santun bagi teman-teman seangkatan, kakak senior maupun Dosen Fakultas Pertanian. Semester 1 Ganjil 2017/2018 dilalui Dimas dengan hasil IP 3,54, dan pada Semester 2 Genap 2017/2018 separuh dari semester ini yang hanya dapat dilalui Dimas.....

Kepergiannya pada hari Senin 16 April 2018 sungguh mengejutkan kita semua. Kecelakaan mobil telah merenggut nyawanya di jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh. Ungkapan duka disampaikan oleh Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Dr.Ir. Adrinal, MS kepada keluarga Dimas mewakili keluarga besar Fakultas Pertanian.  Hadir pada pelepasan jenazah di RSAM Bukittinggi, Dosen dan teman-teman mahasiswa dari Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian.

 

Selamat jalan Dimas, do’a kami untukmu......... Al fatihah.

 

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

14 Maret 2018

Namanya Dewi Novita Sari, panggilan akrabnya Awi seorang mahasiswa program studi Agribinis, Fakultas Pertanian UNAND. Lahir di Batang Silasiah pada 6 Juni 1994. Merupakan anak ke 2 dari pasangan Erman dan Zulvia. Dewi memiliki satu orang kakak perempuan bernama Yetti Novia.

Dewi menempuh pendidikan SDN 10 Batang Silasiah (2001-2007), dilanjutkan ke pendidikan islam di MTsN Kubang Putiah (2007-2010), dan kembali melanjutkan ke pendidikan umum di SMAN 1 Sungai Pua (2010-2013). Pada tahun 2013 diterima sebagai mahasiswa program studi Agribisnis jalur SBMPTN dengan program beasiswa bidikmisi dan meraih gelar sarjana pada 28 Desember 2017.

Perjuangan yang tidak mudah untuk memasuki jenjang perguruan tinggi membuat Dewi termotivasi untuk tidak menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, apalagi sebagai seorang mahasiswa yang kuliah dengan program beasiswa. Prestasi akademik dan non akademik harus menjadi target utama. Bagi seorang Dewi, prestasi akademik adalah hal yang penting karena baginya ketika IP kita bagus maka saat itulah kita membuktikan baik pada orang tua ataupun pihak kampus bahwa kita bersungguh-sungguh menjalani perkuliahan. Dari transkip nilai, nilai terendah yang pernah diraihnya adalah B. dan IPK yang dibawanya hingga gelar sarjana adalah 3,64. IP  3,64 juga menjadikan Dewi sebagai “Lulusan Terbaik” program studi Agribisnis FP UNAND pada wisuda 1 tahun 2018 lalu.

Untuk prestasi non akademik, Dewi mencoba memasuki dunia organisasi sejak di tahun pertama berkuliah. Tahun pertama dia mencoba mengenal dunia organisasi melalui himpunan mahasiswa agribisnis (HIMAGRI) berbarengan dengan lembaga dakwah Fakultas yaitu FORSTUDI FP UNAND. Tahun kedua Dewi mulai menjabat sebagai Sekretaris Daerah BEM KM FP UNAND 2015/2016, pada tahun ke 3 Dewi menjabat sebagai Sekretaris Umum/Wakil Ketua II DPM KM FP UNAND 2016/2017, dan di tahun ke 4 Dewi naik ke tingkat UNAND dan menjabat sebagai Sekretaris Menteri Sosial Politik BEM KM UNAND 2017.                                                

Kepadatan organisasi juga tidak menghalangi aktivitas lain seperti menjadi mentor agama islam dan juga mengembangkan hobbi menulisnya. Dewi pernah mengikuti perlombaan menulis puisi dan meraih juara 3 lomba puisi. Selain itu tulisannya juga dimuat di buku Faperta BEM KM FP UNAND 2015. Hingga sekarang Dewi melanjutkan hobi menulis melalui akun blog miliknya.

Bagi dewi, kuliah dengan organisasi bukanlah sesuatu yang berlawanan. Aktif kuliah bukan alasan untuk tidak aktif organisasi, pun sebaliknya organisasi juga bukan penyebab dari gagal atau kacaunya kuliah. Keduanya adalah simbiosis mutualisme yang akan saling mendukung satu sama lain. Hal ini terbukti, Dewi meraih dua gelar sekaligus pada wisuda 1 2018 lalu sebagai lulusan terbaik dan juga “Bintang Aktivis Kampus”.

Saat ini Dewi sudah bekerja sebagai fasilitator program di lembaga kemanusiaan PKPU HI. Motivasi Dewi adalah “melakukan sesuatu dengan cinta adalah keberhasilan yang sudah diraih sejak awal, dan akan menjadi keberhasilan yang hakiki jika cinta itu bersebab karenaNya”

  

Dewi – LN Subag Akademik & Kemahasiswaan