Items filtered by date: Juni 2016
28 Juni 2016 In Berita

Fasilitas shalat dan kegiatan keagamaan mahasiswa di kampus Fakultas Pertanian disediakan dengan memodefikasi plaza di Laboratorium menjadi Mushalla yang dinamai Al Kahfi. Fasilitas ini mulai dibangun tahun 2000 yang telah dimanfaatkan lebih dari 15 tahun. Kondisi Mushalla yang kurang representatif ini semakin dirasakan sehingga lahirlah tuntutan dari sivitas akademika yang mendambakan sebuah mushalla yang memadai.

Pada tanggal 30 Nopember 2015 dilakukanlah peletakan batu pertama Mushalla Alkahfi yang baru oleh Dekan Fakultas Pertanian Unand Prof.Ir.Ardi, MSc yang disaksikan unsur pimpinan Fakultas dan dosen serta tenaga kependidikan.

Gedung Mushalla Alkahfi dibangun bahagian Barat Jurusan Budidaya Pertanian yang terletak ditengah-tengah kampus Fakultas Pertanian. Luas bangunan 10 x 10 m yang dengan kontruksi baja dan atap spandek, mengantisipasi gempa. Lantai dan dinding depan granit serta plafon pola kubah prisma dilengkapi dengan sistem pencahayaan lampu yang memadai. Diharapkan mushalla ini dirancang untuk ketahanan lebih 100 tahun.

Keberadaan Mushalla diharapkan mampu  menampung kegiatan mahasiswa, dosen dan Tenaga Kependidikan secara bergantian untuk sholat berjamaah. Mushalla Al Kahfi di tujukan pula untuk memenuhi kebutuhan fasilitas kegiatan keagamaan dan organisasi ke Islaman mahasiswa.

Mulai September 2015 mengalir dukungan dari alumni, sivitas akademika serta beberapa pihak swasta sehingga pada tanggal 23 Juni 2016 Mushalla Al Kahfi untuk pertama kali sudah dapat memfasilitasi acara Berbuka Bersama Keluarga Besar Fakultas Pertanian Unand serta sholat Jamaah. Kapasitas Mushalla dapat  menampung 160 orang jamaah sekaligus.

Diharapkan sambil menunggu wakaf dan infaq dari sivitas akademika, alumni dan pihak swasta di akhir tahun 2016 sudah dapat diselesaikan secara utuh. Keadaan Juni 2016 sudah terhimpun wakaf dan infaq sebesar Rp. 236.038.300,-. Pembangunan lanjutan adalah pembuatan pintu dan jendela, cat bagian luar, plafon teras, tempat wuduk dan toilet.

28 Juni 2016 In Berita

Perguruan Tinggi Pertanian Payakumbuh diresmikan Wakil Presiden Muhammad Hatta tanggal 30 Nopember 1954. Waktu itu instalasi Laboratorium yang lengkap, perumahan dosen dan mahasiswa yang cukup serta kebun percobaan yang memadai di Padang Tiakar, Tanjungpati dan Sikabu-kabu juga alat-alat pertanian yang lebih dari cukup.

Saat dipindahkan ke Padang setelah menjadi Fakultas Pertanian, harus memulai lagi pembangunannya dari nol di samping menggunakan sisa peralatan Payakumbuh. Tercatat hanya satu kali  pengadaan sebuah traktor pertama setelah di Padang tahun 1989 pinjam pakai dari Departemen Pertanian yang diserahkan oleh Mentan Syarifuddin Baharsyah tanggal 30 Nopember  1994 saat Lustrum ke-VIII.

Pertambahan jumlah mahasiswa dan dosen untuk mencapai kompetensi lulusan mutlak membutuhkan peralatan pengolahan tanah yang diperlukan untuk praktikum dan penelitian mahasiswa dan dosen yang dirasakan sangat minimal pada dekade terakhir ini.

Untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan untuk pendidikan satu unit traktor tangan (Hand Tractor) lengkap dengan equipmentnya. Bantuan diserahkan oleh Direktur Utama PT Semen Padang yang diwakili oleh Dasril Kepala Biro CSR PT Semen Padang pada tanggal 14 Juni 2016. Diharapkan bantuan Hand Traktor ini akan mendukung praktikum dan penelitian mahasiswa serta dosen dalam upaya peningkatan mutu dan kompetensi lulusan.

28 Juni 2016 In Berita

Kebutuhan untuk tempat Shalat sangat dirasakan sejak awal Pengembangan Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Tahun 2008 gagasan membangun mushalla dimulai oleh Dekan Prof.Ir.Ardi MSc dengan membentuk batu-batu  alam ukuran raksasa menjadi satu bangunan.

Beberapa tahun kemudian dengan dukungan dari alumni dan sivitas akademika serta rektorat diresmikanlah Mushalla Jabal Rahmah di kebun Percobaan bertepatan dengan Lustrum Fakultas Pertanian ke-XII. Mushalla ini  diberi nama Jabal Rahmah  sesuai dengan lokasinya di puncak sebuah bukit kecil.

Mushalla yang dewasa ini menjadi tujuan wisata religius lokal dan juga dari alumni dan masyarakat luar propinsi  berukuran 7 x 7 m  dilapisi lantai granit dan juga dilengkapi dengan fasilitas AC dan instalasi listrik yang memadai. Total biaya untuk pembanguan sebesar Rp. 275.000.000,-

Masyarakat dan umum menamakan sebagai Mushalla batu karena memang disusun dari batu-batuan yang menjadi ciri khasnya yang antik. Kehadiran Mushalla Jabal Rahmah telah memenuhi fasilitas shalat mahasiswa dan dosen yang sedang melaksanakan praktikum dan penelitian di kebun percobaan, demikian juga masyarakat sekitar.

08 Juni 2016 In Berita

Dua mahasiswa fakultas pertanian jurusan Agribisnis yaitu Sari Rahayu dan Okti Diana Bahrun mewakili Universitas Andalas di acara Call of Paper yang diadakan oleh International Business Economic Social Sciences Research Association di Istanbul, Turki pada tanggal 27-28 Februari 2016.  Di mana acara ini di ikuti oleh banyak Negara sekaligus universitas setidaknya di ikuti oleh lebih dari 25 universitas yaitu diantaranya Tor Vergeta University (Italy), Istanbul Mediyet University (Turkey), University of Sfax (Tunisia), ISCTE Lisbon University ( Portugal), Northumbria University (UK), University of Pecs (Hungary), Air University Islamabat (Pakistan) dan banyak universitas lainnya.

Presentasi yang ditampilkan dengan judul Development of Small Medium Industries Based on Local Product “Kerupuk Kamang” as Improving Effort Revenue of Regional Community. Paper ini menjelaskan tentang peran pentingnya Industri Kecil Menenggah dalam menopang kehidupan masyarakat khususnya Industri Rumah Tangga “Kerupuk Kamang” di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam.

Selain itu inovasi yang diberikan oleh kedua mahasiswa yaitu pembuatan kemasan dan Brand agar menjadi lebih menarik dan lebih dikenal luas oleh para konsumen, khususnya untuk menarik konsumen luar daerah agar produk bisa di jadikan oleh-oleh khas daerah, sekaligus pembuatan produk inovasi yaitu kerupuk kamang rasa rendang.

Dimana paper ini dibawah bimbingan Prof.Dr.Ir.Helmi.Msc. yang merupakan salah satu guru besar di jurusan social ekonomi pertanian, prodi Agribisnis