Items filtered by date: Juni 2018
25 Juni 2018 In Berita

Guna mendukung swasembada berkelanjutan, Kementerian Pertanian telah memfasilitasi penyediaan alsintan melalui kegiatan penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (ALSINTAN) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan substantif yaitu semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta lemahnya permodalan petani untuk mengakses kepemilikan alsintan. Diharapkan pemanfaatan alsintan dapat optimal dalam mendukung percepatan pengolahan tanah dan penyediaan air irigasi sehingga akan berdampak pada peningkatan produksi dalam kuantitas maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien.

Fakultas Pertanian Universitas Andalas sebagai institusi pendidikan ikut serta mendukung kegiatan ini dengan mengadakan perekruitmen tenaga pendampingan bersama dengan Fakultas Pertanian Universitas Syahkuala Aceh, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dibawah koordinator STPP Medan yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Persyaratan keikutsertaan adalah alumni Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian, memiliki komitmen dalam mensukseskan program pemerintah seta memiliki kepedulian terhadap petani. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Sumatera Barat dan tidak sedang terlibat dalam program/kegiatan pemerintah yang lain seperti PWMP, SPR, dll. Dan tentunya diutamakan yang memiliki alat transportasi sendiri karena faktor lokasi yang akan dituju yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, ujar Ketua Pelaksana UPSUS Alsintan 2018 Dr.Ir. Irawati, M.Rur.Sc.

Selanjutnya Ketua Pelaksana mengatakan bahwa Alumni Pendamping yang akan direkruit diperuntukkan untuk daerah Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang dan Kabupaten Solok.

Rekruitmen yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian pada Senin 25 Juni 2018 merupakan tahapan seleksi tahap 2. Seleksi wawancara yang diikuti 48 orang peserta merupakan saringan dari 210 orang pelamar. Dari hasil wawancara nanti akan terjaring 24 orang alumni pendamping yang akan diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) pada bulan Juli 2018.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan

08 Juni 2018 In Pengumuman

Berdasarkan hasil rapat Tim Program Kegiatan Optimalisasi Lahan Kementerian Pertanian Tahun 2018 dan Pimpinan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, ditetapkan Tenaga Pendamping yang dinyatakan LULUS Seleksi Administrasi bisa dilihat disini