Items filtered by date: Januari 2019
10 Januari 2019 In Berita

Lustrum XIII Faperta 2019

 

Vietnam - Fakultas Pertanian Unand melaksanakan Kuliah Praktek (KP) pada waktu libur kuliah Semester Ganjil Tahun Ajaran (TA) 2018/2019. Ada yang menarik pada KP Faperta Unand tahun ini, yaitu pada tahun ini sebanyak 12 mahasiswa Faperta Unand melaksanakan KP internasional di Vietnam. Mereka adalah M Fadhli Yulhendrik, Wirgo Setyo, Mahardeva Arief, Deddy Tri Dharma P, Alfin Firmansah, Gina Wahyuni, Ulfi Donaly, Ranny Yaswita, Erika Nadela, Gita Fitri, Sherly Adrian Putri dan Poppy Oktasari. Ke-12 mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Agroteknologi Faperta Unand dan saat ini berada di semester lima. Mereka langsung berangkat ke Vietnam setelah menyelesaikan ujian semester ganjil, tepatnya pada tanggal 7 Januari 2019. Selama melaksanakan KP di Vietnam mereka dibimbing oleh Prof Ardi, dosen senior Prodi Agroteknologi Faperta Unand.

Kuliah Praktek Internasional di Vietnam ini akan berlangsung selama 21 hari (3 pekan). Selama di Vietnam, ke 12 mahasiswa Faperta Unand tersebut akan berada di dua universitas, Kien Giang University dan An Giang University, masing-masing selama 10 dan 11 hari. Di kedua Universitas di Vietnam tersebut, ke-12 mahasiswa Faperta Unand tersebut akan banyak terlibat dalam kuliah praktek budidaya tanaman padi karena Kien Giang University dan An Giang University terletak di Delta Sungai Mekong yang merupakan sentra produksi padi dunia. Tentu saja diharapkan KP ini akan dapat memberikan wawasan baru tentang budidaya padi sehingga hal-hal baru yang mereka dapatkan akan memberi inspirasi bagi mereka untuk melaksanakan penelitian yang segera mereka laksanakan di awal semester tujuh nantinya.

Kien Giang University dan An Giang University telah lama melaksanakan kerjasama dengan Universitas Andalas. Untuk mengisi kerjasama tersebut, program yang telah dilakukan selama ini antara lain adalah: Unand telah menerima mahasiswa dari kedua universitas tersebut untuk kuliah di Unand, baik tingkat sarjana maupun tingkat pascasarjana; Unand mengirimkan mahasiswa KKN ke An Giang dan Kien Giang pada tahun 2018. Pada tahun 2019 salah seorang dosen Kien Giang University akan kuliah Program Doktor di Fakultas Pertanian Universistas Andalas.

 

MB - Subag Akademik & Kemahasiswaan

08 Januari 2019 In Berita

Lustrum XIII Faperta 2019

 

Vietnam - Fakultas Pertanian Universitas Andalas bersama dengan Kien Giang University Vietnam dan Sukhothai Thammatirat Open University Thailand melaksanakan International Workshop dengan topik Agriculture Management Strategies Under Uncertain Climate Toward The Sustainable Development Goals di Kien Giang University Vietnam pada tanggal 8 Januari 2019. Sebagai keynote speech pada International Workshop ini adalah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS, dan Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas, dan Associate Professor Thai Thanh Luom dari Kien Giang University.

Pada Internasional Workshop ini Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS mempresentasikan tentang Experience in implementing of the System of Rice Intensification (SRI) in West Sumatra. Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS mempresentasikan tentang Strategy and Action Plan for Reducing Emission from Deforestation in West Sumatera. Associate Professor Thai Thanh Luom dari Kien Giang University mempresentasikan tentang Understanding Climate Change the Case of Mekong Delta Viet Nam.

Pada International Workshop ini juga dipresentasikan beberapa paper Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas, yaitu Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, Prof. Ir. Ardi, Dr. Ir. Nasres Akhir, MS., Dr. Ir. Adrinal, MS., Dr. Ir. Indra Dwipa, MS. dan Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi.

International Workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lustrum 13, Ulang Tahun ke-65 Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang dilaksanakan sepanjang tahun 2019. Lustrum 13, Ulang Tahun ke-65 Fakultas Pertanian Universitas Andalas tetapnya akan jatuh pada tanggal 30 November 2019.

 

MB - Subag Akademik & Kemahasiswaan