Faperta Universitas Andalas - Februari 2022
24 Februari 2022 In News

solsel2

Faperta Unand - Kamis, 24 Februari 2022, Fakultas Pertanian Universitas Andalas melakukan serangkaian acara kunjungan dan sosialisasi ke Sekolah-sekolah (SMA) dalam Rangka pengenalan kampus.

Kegiatan sosialisasi Fakultas Pertanian hari ini adalah di SMA Negeri 2 Solok Selatan, yang dihadiri langsung oleh Dekan Faperta (Dr. Ir. Indra Dwipa, MS), Wakil Dekan III ( Dr. Ir. Reflinaldon, MSi), Kaprodi-kaprodi Fakultas Pertanian, Koordinator Tata Usaha, Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan. Acara ini berlangsung dengan sambutan hangat dan gembira dari siswa-siswa SMA Negeri 2 Solsel. Dekan Faperta Unand dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh Siswa untuk terus dapat melanjutkan studi dan jangan sampe terhenti, Fakultas Pertanian siap membantu para siswa dalam mewujudkan impian nya untuk duduk di bangku kuliah dan faperta unand dalam perkuliahan banyak memberikan  beasiswa dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa dalam mencapai prestasinya, mulai dari beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dll, ujar Dekan Faperta. Selanjutnya kaprodi-kaprodi Fakultas Pertanian menjelaskan dan menyampaikan setiap program studi berdasarkan minat dan daya saing nya. Fakultas Pertanian memiliki 6 prodi, llmu Tanah, Agroteknologi, Agribisnis,  Proteksi Tanaman (Hama dan Penyakit Tanaman), Penyuluhan Pertanian, Dan Agroekoteknologi.

19 Februari 2022 In News

Fakultas Pertanian, Sabtu 19 Februari 2022- Fakultas Pertanian Universitas Andalas Menggelar Wisuda Offline (Luring) Pertama setelah pandemi COVID 19 melanda sejak dua tahun belakangan ini. 

Fakultas Pertanian meluluskan sebanyak 107 Wisudawan yang tergabung dalam jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Wisuda Offline dilaksanakan secara terbatas di gedung Balai Sidang Prof.Dr.Ir. Jurnalis Kamil, MSc, dengan keketatan Prokes Covid 19. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian Bapak Dr. Ir. Indra Dwipa, MS menyampaikan rasa sukur dan suka cita yang mendalam pada pelaksanaan Wisuda I yang berlangsung Offline.

Dekan Faperta (Dr.Ir.Indra Dwipa, MS) juga menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh wisudawan yang di telah di wisuda pada hari ini, agar terus memajukan pertanian di lingkungan masyarakat dengan kompetensi dan ilmu yang telah didapatkan. Para Wisudawan juga diharapkan terus berkarir dan menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dimanapun berada, dan agar selalu menjaga serta mengharumkan nama almamater hijau terutama sektor pertanian demi untuk kejayaan bangsa.  

18 Februari 2022 In News

13

Faperta - Jum'at 18 Februari 2022,  Fakultas Pertanian didatangi oleh SMA N 02 Solok Selatan dalam rangka kunjungan belajar dan MoA. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang saat itu dihadiri oleh Wakil Dekan III (Dr. Ir . Reflinaldon, MSc) selaku Pimpinan bidang kerjasama dan kemahasiswaan, kemudian dihadiri juga oleh sub koordinator Akademik dan Koordinator Tata Usaha Fakultas Pertanian. Kunjungan SMA N 02 Solsel ke Faperta Unand diwakili oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan beberapa orang Guru Kelas. Kunjungan ini diharapkan dapat menambah cakrawala kerjasama antara institusi untuk kemajuan dan kesuksesan pendidikan kedepannya.

16 Februari 2022 In News

Menindaklanjuti surat Bank Indonesia Nomor : 24/55/Pdg/Srt/B tanggal 28 Januari 2022 tentang evaluasi penerima beasiswa existing dan membuka pendaftaran bagi calon penerima beasiswa pengganti (Seleksi I) sebanyak 15 Orang dengan syarat sebagai berikut:

1. Kriteria Beasiswa :

  • Mahasiswa dengan jenjang Strata I (S1) yang sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 40 (empat puluh) satuan kredit semester (SKS) atau 3 (tiga) semester;
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (skala 4);
  • Maksimal berusia 23 tahun atau belum berusia 24 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa;
  • Setiap Mahasiswa menerima beasiswa paling lama hanya 4 (empat) semester sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditentukan;
  • Tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain;
  • mempunyai pengalaman mejalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat;
  • Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia;
  • Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera)

2. Pemenuhan Kelengkapan Dokumen Bagi Calon Penerima Beasiswa

  • Mengisi biodata yang disediakan Bank Indonesia (BI) (terlampir Form A.1).
  • Membuat resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia.
  • menyertakan:
    • Surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non akademik);
    • Fotokopi KTP dan KTM yang masih berlaku;
    • Fotokopi Kartu/Lembar Hasil Studi; dan
    • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari perangkat daerah sesuai tempat tinggal jika mahasiswa berasal dari keluarga pra sejahtera;
    • Fotokopi halaman pertama buku tabungan yang bersisi nomor rekening atas nama mahasiswa yang bersangkuta;
    • Fotokopi berkas prestasi lainnya (semua bidang dan disiplin ilmu jika ada) antara lain berupa sertifikat penghargaan, piagam, magang, partisipasi dalam kegiatan (nasional/internasional), dll.

 

 

Halaman 1 dari 2