Items filtered by date: April 2017
04 April 2017 In Berita

Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi mahasiswa/alumni tenaga pendamping dalam Program Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada Pangan dan Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB) ini bertujuan untuk menyampaikan rangkaian program yang telah disusun sedemikian rupa oleh Kementerian Pertanian agar dapat didampingi dan disukseskan oleh semua pihak yang terkait.  Dengan pembekalan yang diberikan diharapkan semua mahasiswa/alumni yang terlibat dalam kegiatan ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan terarah. Dan mahasiswa/alumni sebagai tenaga pendamping dapat memahami tugas dan fungsinya dalam program UPSUS swasembada pangan dan SIWAB tahun 2017 di Sumatera Barat, laporan singkat yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Prof.Dr.Ir. Aswaldi Anwar, MP. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015, dan pada tahun 2016 diikuti oleh 8 orang dosen pendamping serta 78 orang mahasiswa/alumni. Pada tahun 2017 juga diikuti oleh 8 orang dosen pendamping dengan 88 orang mahasiswa/alumni yang tersebar di 8 Kabupaten.

Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir. Munzir Busniah, MSi dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan langkah awal untuk memulai proses membangun reputasi atau jenjang karier dalam bekerja. Mahasiswa yang ikut pada program ini adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan 6 semester  yang seharusnya mempunyai peluang kesempatan untuk belajar mengaplikasikan ilmunya, imbuh Munzir Buzniah bahwa adanya perpindahan dari dunia pendidikan ke dunia kerja.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor IV Dr.Ir. Endri Martius, MSc yang dihadiri oleh Dosen pendamping untuk 8 Kabupaten di Sumatera Barat menyampaikan bahwa kelangkaan pangan merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri, ini dapat dilihat dari kejatuhan suatu negara. Pesan WR IV kepada mahasiswa/alumni jangan perlakukan petani/orang desa sebagai objek tapi perlakukan sebagai patner kerja.

Akhirkata WR IV mengucapkan atas nama Universitas selamat kepada Fakultas Pertanian yang telah sukses menjalankan program Pemerintah pada tahun 2015 dan 2016 dan diharapkan dengan tambahan program SIWAB pada tahun 2017 akan memberikan nilai tambah bagi program yang akan dijalankan ini.

 

LN - Subag Akademik & Kemahasiswaan