Juni 2023 - Fakultas Pertanian Universitas Andalas
24 Juni 2023 In News

Sambutan Dekan pengabdianInternasional

Mou PengabdianInternasional

PengabdianInternasional 2023

Dharmasraya, 24 dan 25 Juni 2023 -  Fakultas Pertanian Universitas Andalas menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional yang melibatkan beberapa PTN maupun PTS serta Perguruan Tinggi ASEAN (Vietnam dan Kamboja). 

Dalam sambutan dan pembukaan kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional ini, Dekan Fakultas Pertanian Bapak Dr. Ir. Indra Dwipa, MS menyampaikan tajuk yang diangkat dalam kegiatan ini yakni Pemberdayaan masyarakat melalui penanaman bibit buah-buahan dan aren dalam mendukung upaya konservasi aliran sungai batang hari. 

Peserta kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional ini terdiri dari : 

  • Pegruan Tinggi (Unand, UNP, Undari, STIANU, Politani, Unri, Unja dan PT dari Vietman dan Kamboja)
  • Dosen 70 org
  • Mahasiswa Asing 32 org
  • Masiswa Unand dan Perguruanggi lainnya 50 org

 

14 Juni 2023 In News

Kuliah Umum & Sharing Session

Kebijakan Pengembangan Hortikultura Di Indonesia

 

h2

h3

h4

Kamis, 14 Juni 2023, Fakultas Pertanian Universitas Andalas menggelar Kuliah Umum & Sharing Session bertajuk Kebijakan Pengembangan Hortikultura Di Indonesia. Dalam kesempatan ini kuliah umum disajikan langsung secara Hybrid oleh Direktur Buah & Florikultura Ditjen Hortikultura Kementan RI Bapak (Dr. Liferdi Lukman, S.P, M.Si). 

Komoditi hortikultura merupakan salah satu komoditi yang bernilai tinggi dan bahkan menjadi salah satu andalan penghasil devisa negara. Komoditi hortikultura diantaranya yaitu buah-buahan dan produk florikultur, ungkap Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Dekan III Bapak Dr. Ir. Reflinaldon, MS. Pada tahun 2021, nilai ekspor industri pengolahan hortikultura, yang di dalamnya termasuk industri pengolahan buah, mencapai US$ 383 juta. Nilai tersebut meningkat 22,79% dibanding tahun sebelumya sebesar USD312 juta, lanjutNya. Ini menandakan bahwa permintaan produk hortikultura terutama buah akan meningkat setiap tahun. Ini merupakan peluang bagi kita mempersiapkan komoditi hortikultura dengan kualitas terbaik kita agar selalu menjadi primadona bagi negara tujuan impor kita.

Bapak/Ibu dosen dan ananda mahasiswa yang berbahagia.

Untuk mempersiapkan komoditi hortikultura yang berkualitas, peningkatan nilai tambah dan SDM merupakan dua hal penting yang harus dipersiapkan. Produk-produk hortikultura kedepannya harus siap bersaing di dunia internasional.

Menteri Pertanian, Bapak Syahruk Yasin Limpo menyatakan bahwa sektor hortikultura merupakan sektor yang menjanjikan dari sektor pertanian sebagai penghasil devisa negara sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat mengingat 38 juta penduduk Indonesia atau sekitar 14,07%. Dengan kualitas produk hortikultura mereka yang berdaya saing global, maka akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan hidup mereka. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kerja sama oleh semua pihak.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto yang diwakilkan oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura (PPHH), Bambang Sugiharto mengatakan arah kebijakan pembangunan hortikultura tahun 2021-2024 yaitu

  1. Meningkatkan daya saing hortikultura melalui peningkatan produksi,
  2. produktivitas, akses pasar, logistik didukung sistem pertanian modern yang ramah lingkungan,
  3. serta mendorong peningkatan nilai tambah produk untuk kesejahteraan petani.

Selanjutnya beliau juga menyatakan bahwa strategi pencapaian target produksi hortikultura diantaranya Kampung atau kawasan terintegrasi, modernisasi hortikultura, peningkatan produktivitas, pendampingan dan pembinaan insentif, manajemen tanam dan Early Warning System (EWS) dan jaminan pasar. Target kampung dan UMKM hortikultura tahun 2023 yaitu kampung sayuran 1.549, kampung buah 607,  tanaman obat 400 kampung dan florikultura 48 kampung.

Saat ini adanya modernisasi pada Pembangunan Hortikultura merupakan sinergi program Ditjen Horti dengan semua stakeholders terkait, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam membangun. Sistem informasi usaha tani hortikultura dari hulu hingga hilir untuk Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Hortikultura. Adapun tujuan program modernisasi pada pembangunan hortikultura adalah untuk mentransformasi sub sektor hortikultura yang saat ini masih tradisional agar menjadi lebih modern dan mendidik petani menjadi pengusaha agribisnis andal.

#Balai Sidang Prof. Ir. Jurnalis Kamil, M.Sc. Ph.D

#@fapertaunandofficial

08 Juni 2023 In News

mhs vietnam

 

Kamis 08 Juni 2023, Fakultas Pertanian menerima 12 orang Mahasiswa Asing yang berasal dari Angiang University Vietnam dan King University Kamboja. Dalam Kesempatan ini Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Bapak Dr. Ir. Indra Dwipa, MS memberikan sambutan hangat kepada seluruh Mahasiswa Asing yang kali pertama datang dan berkunjung ke Fakultas Pertanian Universitas Andalas. 

Dalam SambutanNya Dekan Fakultas Pertanian menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari program untuk memperkenalkan Fakultas Pertanian Universitas Andalas ke dunia internasional. Dan tujuan kami adalah program studi kami menjadi program studi internasional. Dengan kunjungan ini, kami berharap semakin banyak mahasiswa dari negara lain juga akan mengunjungi fakultas kami sebagai tujuan mereka untuk melanjutkan studi. Selama sebulan, Mahasiswa Asing Vietnam dan Kamboja  akan belajar Bahasa Indonesia, budaya Sumatera Barat dan juga melakukan pengabdian masyarakat. Kami juga berharap mereka juga mau melanjutkan studi S2 bahkan S3 di Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Selanjutnya Dekan Fakultas Pertanian juga menyampaikan agar Mahasiswa Asing Vietnam dan kamboja tidak sungkan untuk menanyakan semuanya kepada kami. Kami dengan senang hati menjawabnya. Untuk mahasiswa kami yang berada disini, kami juga berharap Anda semua akan menemani mahasiswa tamu selama berada di fakultas Pertanian. Anda bisa menjalin persahabatan yang baik dengan mereka dan ini adalah momen bagi Anda semua untuk saling berbagi tentang segala hal mulai dari budaya kita, pelajaran kita.Jadi dengan sharing ini akan menambah pengalaman anda dan dengan pengalaman ini akan mengasah softskill anda dan baik untuk masa depan anda.

Demikian juga mahasiswa tamu kami, ini sangat berharga bagi Anda semua yang mengunjungi kami terutama ini adalah pertama kalinya mengunjungi Indonesia. Anda akan melihat semua yang belum pernah Anda lihat sebelumnya di negara Anda seperti budaya kami dan banyak lagi. Dan saya yakin Anda akan betah selama berada di Sumatera Barat. Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah karena Sumatera Barat dikenal sebagai tempat yang indah di Indonesia. Tidak hanya pemandangan yang indah, Anda juga akan melihat seni dan budaya Minangkabau, salah satu suku di Sumatera Barat.

Nikmati waktu Anda dan selamat datang di Fakultas Pertanian Universitas Andalas.