Juli 2023 - Fakultas Pertanian Universitas Andalas
10 Juli 2023 In News

 

moa3

moa2

moa1

Padang, Senin 10 Juli 2023, Fakultas Pertanian Universitas Andalas menandatangani MoA (Memorandum of Agreement) dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang.

Hal ini bertujuan untuk sinergitas dan kolaborasi antara PTN dalam berbagai aspek peningkatan merdeka belajar kampus merdeka.

06 Juli 2023 In News

WhatsApp Image 2023 07 06 at 15.20.57

WhatsApp Image 2023 07 06 at 15.20.57 1

Kamis, 06 Juli 2023, Fakultas Pertanian Universitas Andalas menjalin kerjasama dalam bentuk MoA dengan PT. Musimas dalam Perekrutan Alumni.

Alhamdulillah pada sesi rekrutmen kemarin diterima 9 orang alumni bekerja di perkebunan sawit..
Selamat dan semoga sukses bekerja..

05 Juli 2023 In News

img gt

Rabu, 05 Juli 2023, Gedung Balai Sidang Prof. Dr. Ir. Jurnallis Kamil, M.Sc Fakultas Pertanian Universitas Andalas menggelar Thematic Lecture dengan tema “Enhancing Agriculture and Agribased Industry Development Through IMT-GT Coorperation dan Pelepasan Mahasiswa Magang Fakultas Pertanian Universitas Andalas”.

Pada Kesempatan ini Dekan Fakultas Pertanian Bapak Dr. Ir. Indra Dwipa, MS menjelaskan dalam sambutannya bahwa Untuk menghasilkan mahasiswa yang siap bersaing di dunia kerja dan dunia Industri, Keterampilan dalam menguasai bidang ilmunya diharapkan sehingga perlu dipersiapkan ketika mereka masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Selain itu, pemerintah juga telah memperhatikan akan kebutuhan yang diharapkan oleh DUDI ini sehingga pemerintah juga telah meluncurkan suatu program yang bernama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan Thematic Lecture ini dinarasumberi oleh Mr. Firdaus Dahlan. Beliau merupakan Director of Centre for Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle ( IMG-GT).

Salah satu kegiatan yang berperan penting dalam mempersiapkan agar lulusan mampu bersaing di dunia DUDI dan sudah masuk kedalam kurikulum suatu program studi yaitu Mata Kuliah Praktek Kerja Lapang (PKP) atau yang dikenal dengan magang. Kegiatan magang merupakan salah satu mata kuliah lapangan dimana mahasiswa akan menghabiskan waktu mereka di lokasi tempat mereka magang. Lokasi mereka magang akan disesuaikan dengan Program Studi yang mereka ambil.

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan magang bagi mahasiswa ini adalah :

  1. Membantu mahasiswa untuk memiliki wawasan karier, memilih bidang karier yang ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dalam lingkungan kerja, serta mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya.
  1. Membantu mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan keterampilannya agar menjadi warga negara dan warga masyarakat yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.
  1. Memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk mampu mengaplikasikan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui berbgaai pekerjaan di dunia kerja.  
  1. Mempersiapkan mahasiswa untuk produktif dan dapat langsung bekerja dibidang yang telah ditekuni dan dipelajari melalui pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi.
  1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa.

Pada hari ini dalam mempersiapkan ananda semua yang akan mengikuti kegiatang magang, hari ini Fakultas mengundang Mr. Firdaus Dahlan, Director of IMT-GT, suatu lembaga sub regional untuk mempercepat kerjasama dan integrasi di bidang ekonomi negara anggota dan provinsi di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand.

IMT-GT ini juga mendorong sektor swasta memimpin pertumbuhan ekonomi dan memfasilitasi pengembangan sub-region secara keseluruhan dengan memanfaatkan yang semua yang ada dan keunggulan pada anggota ketiga negara ini. Fokus utama meliputi Pertanian dan Industri berbasis Pertanian, Turisme atau pariwisata dan product halal.

Jadi organisasi ini merupakan lembaga yang berperan dalam pengembangan ekonomi ekonomi di kawasan IMT-GT. Karena Anggota IMT-GT ini merupakan negara ASEAN yang ekomominya berbasis pada pertanian. Oleh sebab itu, beliau nantinya akan memberikan materi tentang bagaimana peluang dalam industry berbasis pertanian sehingga ketika ananda semua lulus nantinya tidak hanya bisa berkompetisi dengan lulusan PT lainnya namun juga bisa menjadi enterpreneur berbasis pertanian.