Kamis, 30 November 2023 09:26

Rapat Senat Terbuka Dan Orasi Ilmiah Dalam Rangka Dies Natalis Ke 69

Padang, 30 November 2023 menjadi hari bersejarah bagi Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang Genap berusia 69 Tahun. Pada acara Rapat senat Terbuka dan Orasi Ilmiah dalam Rangka Dies Natalis ke 69 Fakultas Pertanian Dekan Fakultas Pertanian Bapak (Dr. Ir. Indra Dwipa, MS) menyampaikan laporan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas dengan penuh Suka Cita. Beliu menuturkan Sejak didirikannya Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang pada saat pendiriannya bernama Perguruan Tinggi Pertanian Payakumbuh di Payakumbuh pada tanggal 30 November 1954, pada hari ini Fakultas Pertanian kita yang kita cintai ini sudah memasuki usia ke-69 tahun. Menuju usia ke-69 Fakultas Pertanian Universitas Andalas ini, sudah banyak peristiwa sejarah yang dilalui dimulai dari Kampus di Payakumbuh, kemudian di Air Tawar dan akhirnya di Limau Manis seperti yang kita lihat saat ini. Di Usia ke-69 tahun ini Fakultas Pertanian bertansformasi menjadi sebuah institusi pendidikan yang berkualitas dan yang sudah banyak melahirkan alumni yang berkontribusi terhadap pembangunan nasional seperti visi Universitas Andalas, “Untuk Kedjajaan Bangsa”. Tidak hanya berkiprah di tingkat nasional, Faperta Unand juga sekarang sedang mempersiapkan diri menjadi Fakultas Pertanian yang dikenal secara internasional atau global.

Bapak/Ibu hadirin undangan beserta ananda mahasiswa yang berbahagia

Fakultas Pertanian saat ini memiliki staf pengajar dengan jumlah 144 dosen yang terdiri dari 25 dosen dengan jabatan fungsional Profesor atau Guru Besar, 40 lektor kepala, 46 lektor, 30 asisten ahli dan 3 dosen dengan status belum memiliki jabatan fungsional.

Untuk tenaga kependidikan, Faperta Unand memiliki 61 orang pegawai dengan rincian 23 orang berstatus PNS dan 38 berstatus Non-PNS.

Bapak/Ibu hadirin undangan beserta ananda mahasiswa yang berbahagia

Saat ini, Fakultas Pertanian 5 Departemen dengan 6 Program studi S1, 4 Program Studi S2 dan 1 Program Studi S3 yaitu :

  1. Departemen Agronomi terdiri dari 1 Program Studi S1, Agroteknologi dan 1 Program Studi S2 yaitu Agronomi. Kedua Prodi ini terakreditasi A
  2. Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan terdiri dari 1 Program Studi S1, Ilmu Tanah terakreditasi A dan 1 Program Studi S2 Ilmu Tanah dengan akreditasi B.
  3. Departemen Proteksi Tanaman dengan 1 Program Studi S1, Proteksi Tanaman dan 1 Program Studi S2, Proteksi Tanaman. Untuk prodi S1 Proteksi tanaman, saat ini terakreditasi B dan untuk S2 alhamdulillah, pada bulan November ini mendapatkan Akreditasi Unggul. Semoga ini menjadi penyemangat bagi prodi lain di Faperta Unand untuk segera mendapatkan akreditasi Unggul.
  4. Departemen Sosial Ekonomi Pertanian dengan 2 Program Studi S1 yaitu Agribisnis dengan akreditasi A dan Penyuluhan Pertanian dengan akreditasi B dan 1 Program Studi S2 yaitu Ilmu Ekonomi Pertanian dengan akreditasi Baik Sekali.
  5. Departemen Budidaya Perkebunan Kampus 3 Dharmasraya dengan 1 Program Studi S1 yaitu Agroekoteknologi dengan akreditasi B.
  6. Faperta Unand juga memiliki 1 Program Studi S3 Ilmu pertanian langsung berada dibawah Fakultas dengan akreditasi B

Pada tahun 2025, akreditasi prodi Perguruan tinggi tidak lagi mengenal akreditasi A, B tetapi Unggul, Baik Sekali dan Baik. Oleh karena itu, pada tahun 2024 mendatang, seluruh Prodi di Faperta Unand akan mempersiapkan persiapan konversi akreditasi tersebut.

Secara umum, Jumlah penerimaan mahasiswa di Fakultas Pertanian setiap tahun mengalami peningkatan untuk program studi S1. Untuk prodi S2 dan S3 terjadi fluktuasi.

Khusus untuk keketatan penerimaan mahasiswa S1 melalui jalur SNMPTN, terjadi fluktuasi angka keketatan dalam 5 tahun terakhir dan untuk tahun 2023 ini, persaingan untuk diterima menjadi mahasiswa di faperta Unand lebih ketat dibandingkan tahun 2022. 

Faperta Unand juga sudah membuka pendaftaran bagi mahasiswa Asing yang ingin belajar di Faperta Unand. Pada tahun 2023 ini, ada 4 orang mahasiswa asing yang berkuliah di Faperta Unand. Saat ini, baru dua negara asal mahasiswa asing yang kuliah di Faperta Unand, yaitu Vietnam dan Kamboja. Semoga kedepannya lebih banyak lagi mahasiswa asing yang mau kuliah di Faperta Unand dan tentunya dari negara yang berbeda.  

Untuk lama studi, rata-rata mahasiswa S1 menempuh 4 tahun 10 bulan untuk menyelesaikan studi mereka. Untuk mahasiswa S2 membutuhkan waktu 2 tahun 8 bulan dan 4 tahun 11 bulan untuk mahasiswa prodi S3 Ilmu Pertanian.

Untuk bidang kemahasiswaan, Alhamdulillah pada tahun 2023 ini, banyak mahasiswa Faperta Unand yang menorehkan prestasi.

Pertama berasal dari Mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman yang memperoleh juara ke-3 pada lomba Entomologi Linneaen Games tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Entomologi Indonesia pada bulan September yang lalu.

Selanjutnya, mahasiswa Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan juga mendapatkan peringkat Harapan 2 pada acara Soil Festival 2023 dan terakhir ada kegiatan Pilmitanas 2023, mahasiswa Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya lahan juga menorehkan prestasi.

Selain itu, masih banyak kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan oleh mahasiswa Faperta Unand, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

Untuk mengasah softskill mahasiswa, Ada 21 Organisasi mahasiswa di fakultas Pertanian, 2 tingkat Fakultas, 5 Himpunan Mahasiswa Departemen dan 14 Unit Kegiatan Fakultas.

Faperta Unand juga mensupport mahasiswa yang ingin mengambil credit earning di luar kampus Unand. Sampai tahun 2023 ini, sudah ada 66 mahasiswa Faperta Unand yang mengambil credit earning baik di kampus dalam dan luar negeri. 

Bapak/Ibu hadirin undangan beserta ananda mahasiswa yang berbahagia

Fakultas Pertanian Universitas Andalas juga melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan institusi baik dalam negeri dan luar negari.

Dalam 3 tahun terakhir ini, Faperta Unand sudah bekerja sama dengan 38 Perguruan Tinggi dalam negeri dan 6 Perguruan tinggi luar negeri, 6 Pemerintah Daerah, 4 Kementerian, 13 perusahaan dan 14 Institusi Penelitian.

Saat ini Faperta Unand juga tergabung dalam Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle yang beranggotakan 29 Perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Kita berharap kedepannya, jumlah lembaga dan institusi yang bekerja sama dengan Faperta Unand meningkat.
Aamiin yaa raabal ‘alamiiin.

Bapak/Ibu hadirin undangan beserta ananda mahasiswa yang berbahagia

Dalam 3 tahun terakhir, jumlah dana penelitian untuk di Faperta Unand selalu meningkat sehingga jumlah penelitian yang dilakukan oleh dosen Faperta juga meningkat.

Namun, hal yang sedikit berbeda terjadi pada jumlah pengabdian dan dana pengabdian yang diterima oleh dosen Faperta Unang yang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Terakhir, kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Dosen, Tenaga Kependidikan, ananda mahasiswa dan seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang bersama-sama, bahu-membahu dalam memanjukan Faperta Unand yang kita cintai ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami ucapkan kepada alumni Faperta Unand yang selalu berkontribusi dalam memajukan Faperta yang kita cintai dan banggakan ini. Besarnya Fakultas Pertanian ini karena kontribusi yang luar biasa dari alumni.

Read 180 times